DBS Foundation 

Didirikan pada tahun 2014, DBS Foundation merupakan upaya dari Bank DBS untuk menciptakan dampak yang berkelanjutan dalam menyoroti kebutuhan sosial di Asia yang terus berevolusi.

Pertumbuhan dan potensi Asia yang menjanjikan turut berkontribusi pada semakin besarnya jarak di antara mereka yang memiliki dan mereka yang berkekurangan – yang memberikan alasan untuk munculnya solusi inovatif dalam menjawab tantangan tersebut. Dalam hal ini, DBS Foundation menyadari bahwa Wirausaha Sosial (Social Enterprises/SE) memegang peranan penting dalam berkontribusi pada perkembangan sosial dan ekonomi yang inklusif. Dengan solusi komersil yang berkelanjutan, SE mampu menciptakan lapangan pekerjaan, produk dan jasa untuk mereka yang membutuhkan. SE turut pula menyoroti berbagai isu sosial yang mempengaruhi komunitas di mana kita hidup dan beraktivitas.

Visi kami adalah untuk membentuk masa depan depan Asia yang lebih baik. DBS Foundation berfokus pada pembangunan Asia yang inklusif dengan memperjuangkan kewirausahaan sosial. Hal ini sangat krusial dalam menjadikan DBS sebagai force for good.

Program yang Kami Jalankan

Sebagai corporate foundation di Asia yang berdedikasi memperjuangkan kewirausahaan sosial, kami bekerja dengan wirausaha dan wirausahaan sosial di Singapura, Hong Kong, India, Indonesia, Cina, dan Taiwan guna mendukung pertumbuhan mereka. Hal ini serupa dengan upaya DBS menggandeng UKM (Usaha Kecil Menengah) yang beroperasi di berbagai komunitas. Program-program yang kami jalankan berupaya untuk dapat membantu pertumbuhan wirausaha sosial sesuai dengan tahapan perkembangannya. Melalui program-program tersebut, kami berharap untuk:

  • Menciptakan kesadaran dan pengertian atas kewirausahaan sosial bagi publik secara luas, termasuk komunitas bisnis komersil
  • Mendorong proyek inkubasi bagi wirausaha sosial yang inovatif
  • Menyediakan bantuan finansial dan sukarelawan dengan kemampuan kerja spesifik guna mendukung operasi wirausaha sosial

 Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi http://www.dbs.com/dbsfoundation/
  

Partner Kerjasama

Bersungguh-sungguh ingin memperjuangkan kewirausahaan sosial di Indonesia, kami membangun kerjasama dengan institusi ternama seperti Usaha Kecil Menengah Center, Universitas Indonesia (UKMC UI), juga para wirausaha sosial yang menjalankan berbagai program menarik untuk mendorong perubahan.

Pada tahun 2014, DBS Foundation meresmikan kerjasamanya dengan UKMC UI untuk menulis sebuah buku tentang kewirausahaan sosial, yang mencakup berbagai kisah inspiratif dari wirausaha sosial di seluruh dunia dan Indonesia, serta panduan praktis untuk memulai wirausaha sosial yang sesuai dengan ekosistem di Indonesia, dengan memanfaatkan bantuan dari berbagai organisasi yang ada.

Selain itu, DBS Foundation juga bermitra dengan Greeneration Indonesia, sebuah wirausaha sosial yang bergerak di bidang lingkungan dan saat ini berfokus pada anak perusahaannya, Waste4Change untuk memperkenalkan solusi komprehensif dalam pengelolaan sampah secara bertanggung jawab. Greeneration menerima hibah dari DBS Foundation di tahun 2014, yang memungkinkan mereka untuk menjalankan kampanye tentang pengelolaan sampah yang bertanggung jawab (termasuk pelaksanaannya), sekaligus konsep wirausaha sosial ke lima sekolah di Bekasi. Hingga saat ini, upaya tersebut telah menjangkau hingga 1,400 siswa, guru dan pegawai sekolah sejak peluncurannya di bulan Maret 2015.

Melalui program hibah yang terstruktur dari yayasan, kami menawarkan hibah kepada para wirausaha sosial yang berada di berbagai tahap perkembangan. Informasi lebih lanjut tentang program hibah DBS Foundation dapat dibaca di sini.

Di samping itu, DBS Foundation juga menggunakan produk dan jasa dari para wirausaha sosial. Lebih lanjutnya, untuk mempromosikan misi komersial dan sosial para wirausaha sosial ini, kami mempromosikan fitur wirausaha sosial yang ada melalui publikasi internal dan eksternal kami.

 

Berani jadi wirausaha sosial?

Dengan berbagai problematika sosial, konsep kewirausahaan sosial sesungguhnya sangat tepat untuk diterapkan di Indonesia, mengingat pendekatannya yang berorientasi pada keberlanjutan. Hanya saja, konsep ini sendiri belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Seringkali, akses terhadap informasi tentang konsep ini masih terbatas bagi mereka yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, atau setidaknya mereka yang tinggal di pulau Jawa.

Melihat kondisi ini, DBS Foundation bekerja sama dengan UKM Center Universitas Indonesia (Pusat Usaha Kecil Menengah Universitas Indonesia) untuk menyusun sebuah buku tentang kewirausahaan sosial yang mencakup informasi bermanfaat dan panduan praktis bagi mereka yang tertarik memulai bisnis untuk menyelesaikan masalah sosial.

Buku ini sendiri disusun berdasarkan proses diskusi dan wawancara yang dilakukan dengan para pelaku di dunia wirausaha sosial di Indonesia (para pengusaha sosial, inkubator, dsb.). Didukung dengan penelitian yang mumpuni, buku ini dilengkapi dengan informasi tentang wirausahawan sosial yang menginspirasi dunia dan Indonesia, selain juga melengkapi pembaca dengan pemahaman tentang ekosistem wirausaha sosial di Indonesia, serta membantu mereka mendapatkan perangkat dan informasi yang dibutuhkan untuk berwirausaha sosial.

Melalui buku ini, pembaca tidak hanya diharapkan untuk dapat memahami konsep, tetapi juga terpanggil untuk memulai perubahan dengan pengetahuan yang ada.

Unduh Buku Petunjuk Wirausaha Sosial 

 

People of Purpose

People of Purpose (PoP) adalah kegiatan relawan yang diorganisir oleh DBS untuk mempromosikan nilai-nilai DBS dengan melibatkan para staff DBS secara langsung dan mengandalkan waktu dan keahlian mereka untuk memberikan kontribusi yang signifikan bagi komunitas di mana kami tinggal dan beraktivitas.

Saat ini, DBS Indonesia bekerjasama dengan Indorelawan.org untuk menyalurkan minat dan talenta karyawan dalam berkontribusi menjalankan kegiatan kesukarelawanan dan membantu mereka yang membutuhkan.

Di tahun 2014, atas kerjasama dengan Happy Hearts Foundation (Yayasan Hati Gembira) lebih dari 100 staff DBS Indonesia berpartisipasi membangun kembali bangunan Pendidikan Anak Usia Dini di Jakarta. Sebelumnya, sekolah tersebut hanya memiliki satu ruang kelas untuk 63 anak dengan infrastruktur yang terbatas. Karenanya, upaya pembangunan kembali dimaksudkan untuk dapat menyediakan lingkungan belajar yang lebih kondusif bagi anak-anak dan komunitas terkait. Staff dari DBS Indonesia membantu membangun dua ruang kelas baru, dan memastikan adanya ruang yang cukup leluasa bagi anak-anak.

Di program lain, staff berparitipasi dalam kegiatan kewirausahaan sosial yang diorganisasikan oleh Provisi Education, di mana mereka menyediakan waktu melatih dan memandu lebih 400 siswa sekolah menengah dalam lokakarya dan pelatihan dengan tema serupa.