Tiket Anda
Not Interested

Ingin Tetap Sehat dan Berat Badan Terjaga? Simak Dulu Tips Makan Siang Sehat ala Pekerja Kantoran Berikut!

27 September 2018
#LiveWell

Di saat pekerjaan lagi banyak-banyaknya dan lemburan tak terhindarkan, biasanya jadwal makan kamu ikut berantakan. Makan apa saja yang tersedia atau apa yang mudah dibeli. Alhasil, banyak akibat yang merugikan kamu sendiri. Misalnya nih, diet sehat kamu berantakan, badan nge-drop karena kamu gak bisa menjaga kesehatan, dan tanpa terasa baju kamu jadi sempit. Gara-gara makan siang yang sembarangan, cara menurunkan berat badan yang sudah kamu lakukan selama ini jadi gagal deh. Ayo ngaku, siapa yang selama ini kaya gini di kantor?

Sibuk dengan pekerjaan bukan menjadi alasan untuk mengabaikan makan siang. Mau pilih makan siang enak atau makan siang sehat? Bisa banget pilih dua-duanya. Kamu bisa tetap makan enak sambil diet sehat, teruuusss cara berikut juga bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan lho.

Tips makan siang sehat ala pekerja kantoran:

1. Bawa bekal dari rumah

"Apaaa? Bawa bekal dari rumah untuk makan siang? Ih, kaya anak sekolah saja."

Mungkin itu yang terlintas di pikiran kamu ya? Eits, jangan salah. Memangnya bawa bekal makan siang cuma untuk anak sekolah saja? Tentu tidak dong. Bawa bekal makan siang dari rumah punya banyak keuntungan lho. Kamu bahkan bisa bawa bekal lebih banyak termasuk untuk sarapan dan camilan sehat.

Biar gak bingung, kamu bisa punya menu makan siang yang enak dengan merancang daftar menu makan siang sehari-hari selama satu minggu. Kamu juga bisa menyesuaikan menu makan siang kamu dengan diet sehat yang sedang kamu lakukan. Dengan membawa bekal makan siang, sayuran atau masakan yang kamu olah sendiri pasti akan tetap terjaga nutrisinya. Menjaga kesehatan juga tetap menyenangkan karena kamu gak perlu bingung dengan asupan makanan setiap harinya.

Dengan membawa bekal makan siang,  masakan yang kamu olah sendiri pasti akan tetap terjaga nutrisinya.

2. Bawa air minum sendiri

Bawa air minum sendiri. Tentu dengan tumbler atau tempat minum koleksi kamu. Selain bisa mengurangi sampah plastik dengan pembelian botol minum yang tidak perlu, kamu juga membawa minuman favorit kamu sendiri.

Banyak orang yang menjaga kesehatan dengan meminum infused water. Kamu juga bisa ikutan membuat infused water kamu bawa air minum sendiri. Makan siang sehat dan kamu bisa tetap terhidrasi sepanjang hari karena air putih kamu terasa lebih segar.

Bawa air minum sendiri dalam tumbler atau tempat minum koleksi kamu.

3. Bawa camilan sehat

Apalah rasanya hidup di kantor tanpa makan camilan? Di luar jam makan siang, pasti ada saat-saat di mana kamu merasa lapar tapi tidak ingin makan berat. Di situ gunanya camilan. Untuk mengganjal perut sekaligus memberikan tenaga ketika merasa lapar di waktu sebelum atau sesudah makan siang.

Bawa camilan sehat seperti buah-buahan, sayuran yang dibuat menjadi salad, yogurt, camilan berbahan dasar gandum supaya bisa kenyang lebih lama, dan lainnya sesuai selera kamu. Sesekali makan chips atau kue manis penuh kalori tidak dilarang kok, yang penting porsinya tetap lebih banyak makanan sehat ya!

Camilan sehat untuk mengganjal perut ketika merasa lapar di waktu sebelum atau sesudah makan siang.

4. Buat lunch group

Supaya makan siang kamu tetap menyenangkan, buat lunch group bersama teman-teman sekantor. Sambil makan siang, kamu bisa sedikit melepas penat dengan mengobrol bertukar cerita. Ajak teman-teman kamu untuk membawa bekal makan siang juga. Kalau masing-masing membawa bekal makan siang enak atau bekal makan siang sehat, bisa tuh saling mencoba bekal makan siang yang kalian bawa.

Mengobrol seru boleh, tapi hindari bergosip ya!

Sambil makan siang, kamu bisa sedikit melepas penat dengan mengobrol bertukar cerita.

5. Hindari santap siang di meja kerja

Ayo bergerak! Menjauh dari meja kerja kamu ketika makan siang. Bersosialiasi dengan makan siang di daerah pantry atau membuat lunch group. Tinggalkan pekerjaan sejenak supaya pikiran tetap fresh setelah selesai jam makan siang. Makan siang di meja kerja bikin kamu duduk diam saja atua bahkan tetap memikirkan pekerjaan.

Kamu memiliki hak untuk beristirahat dan menggunakan waktu kamu selama satu jam kok. Gunakan dengan bijaksana waktu kamu, biasanya selain makan siang kamu juga dapat beribadah. Bisa juga ditambah dengan olahraga ringan seperti melakukan peregangan atau bahkan sedikit gerakan yoga. Ketika waktu istirahat habis dan mulai bekerja, kamu akan lebih fresh dan siap melanjutkan pekerjaan kamu!

Menjauhlah dari meja kerja ketika makan siang. Manfaatkan waktu istirahat untuk menggerakkan badan.

Dari beberapa tips di atas, mana saja yang sudah menjadi kebiasaan kamu ketika makan siang? Kalau belum, coba deh lakukan minggu ini. Rasakan manfaatnya setelah kamu mencobanya.