Tiket Anda
Not Interested

Cara Menurunkan Berat Badan yang Menyenangkan, Coba Surya Namaskar Yuk!

5 Juli 2018
#LiveWell

Kalau kamu pemula yang sedang mencari cara menurunkan berat badan, mengecilkan perut, atau mengecilkan bagian badan lainnya, kamu bisa mencoba Surya Namaskar. Gerakannya terlihat mudah. Lakukan rutin, maka kamu dapat menjaga tubuh agar selalu tetap bugar.

Memang sih, bagi sebagian orang yoga merupakan olahraga yang santai dan tidak mengeluarkan terlalu banyak tenaga. Padahal melakukan yoga juga dapat mengeluarkan keringat cukup banyak lho! Salah satu tips menurunkan berat badan, lakukan olahraga selama 10 menit setiap harinya. Tidak masalah olahraga dilakukan dalam waktu sebentar, yang penting rutin. Dengan melakukan gerakan yoga setiap pagi yang ditambah dengan meditasi singkat, sirkulasi darah di dalam tubuh akan menjadi lebih lancar dan pikiran juga menjadi lebih rileks, sehingga kamu akan siap menjalani hari kamu!

Surya Namaskar adalah satu rangkaian gerakan yoga yang dilakukan untuk penghormatan terhadap matahari.

Tidak usah tergoda dengan orang lain yang sukses melakukan yoga dengan pose sulit. Kalau kamu belum pernah melakukan yoga sama sekali, carilah senam yoga untuk pemula. Pelan-pelan badan kamu akan beradaptasi sehingga nantinya dapat melakukan yoga dengan pose yang lebih sulit. Lakukan olahraga untuk tujuan hidup yang lebih sehat, bukan untuk posting pamer di media sosial ya!

Apa itu Surya Namaskar?

Juga dikenal dengan nama Sun Salutation, Surya Namaskar adalah satu rangkaian gerakan yoga yang dilakukan untuk penghormatan terhadap matahari. Total pose atau gerakan dalam surya namaskar ada 12 pose, dimulai dengan satu pose berdiri lalu di pose terakhir akan kembali ke pose semula.

Kapan Surya Namaskar sebaiknya dilakukan?

Sebaiknya dilakukan pada pagi hari pada saat matahari terbit dan perut kosong. Namun, apabila mau melakukan surya namaskar di malam hari atau di waktu-waktu lainnya pun tidak masalah, asalkan perut dalam keadaan kosong. Gerakannya juga cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan di sela-sela waktu bekerja di kantor, cocok dijadikan gerakan yoga untuk menurunkan berat badan.

Salah satu pose gerakan yoga Surya Namaskar, Cobra Pose.

Seperti apa gerakan Surya Namaskar?

Total pose atau gerakan dalam surya namaskar ada 12 pose, dimulai dengan satu pose berdiri lalu di pose terakhir akan kembali ke pose semula.

Bagaimana cara melakukan gerakan Surya Namaskar?

Mulai dengan kaki rapat. Posisi badan berdiri tegak dan lengan di samping. Siapkan pikiran yang fokus untuk memulai rangkaian yoga.

  1. Pranamasana (Prayer Pose)

  2. Posisi kaki rapat dan tangan di depan dada. Berat badan terbagi rata di kedua kaki.

  3. Hastauttanasa (Raised arms pose)

  4. Tarik napas sambil menarik tangan ke atas. Tarik dan regangkan sejauh kamu sanggup. Mata fokus pada tangan. Gerakan yoga untuk mengecilkan lengan ada pada gerakan ini.

  5. Hasta Padasana (Hand to Foot pose)

  6. Buang napas. Taruh telapak tangan di lantai di samping kaki. Kepala menunduk, menyentuh lutut kalau bisa.

  7. Ashwa Sanchalanasana (Equestrian pose)

  8. Tarik napas. Tarik kaki kanan ke belakang sejauh mungkin. Lutut harus menyentuh lantai sambil kepala menghadap ke atas. Kaki kiri ada di antara tangan.

  9. Dandasana (Stick pose)

  10. Tarik kaki kiri ke belakang. Tarik napas. Kaki kanan dan kiri sejajar, lengan dan badan lurus. Posisi seperti push up atau plank. Gerakan yoga untuk mengecilkan paha ada pada gerakan ini.

  11. Astanga Namaskara (Salute With Eight Parts Or Points)

  12. Turunkan badan ke lantai. Mulai dengan menaruh lutut di lantai lalu turunkan badan. Badan yang menyentuh lantai ada delapan titik, yaitu lengan, lutut, kaki, dada, dan dahi atau dagu.

  13. Bhujangasana (Cobra pose)

  14. Turunkan badan sampai menyentuh lantai lalu naikkan setengah badan bagian atas. Tangan lurus dan kepala menghadap ke atas. Gerakan yoga untuk mengecilkan perut ada pada gerakan ini.

  15. Parvatasana (Mountain pose)

  16. Buang napas. Angkat pinggul ke udara. Angkat terus sampai tubuh membentuk segitiga. Kaki dan tangan harus lurus.

  17. Ashwa Sanchalanasana (Equestrian pose)

  18. Tarik napas. Tarik kaki kiri ke belakang sejauh mungkin. Lutut harus menyentuh lantai sambil kepala menghadap ke atas. Kaki kanan ada di antara tangan.

  19. Hasta Padasana (Hand to Foot pose)

  20. Buang napas. Taruh telapak tangan di lantai di samping kaki. Kepala menunduk, menyentuh lutut kalau bisa.

  21. Hastauttanasa (Raised arms pose)

  22. Tarik napas sambil menarik tangan ke atas. Tarik dan regangkan sejauh kamu sanggup. Mata fokus pada tangan.

  23. Tadasana

  24. Buang napas sambil meluruskan badan. Taruh lengan di samping badan. Rileks dan rasakan sensasinya di seluruh tubuh.

Gerakan yoga Surya Namaskar bisa dilakukan dalam waktu 10 menit, efektif menurunkan berat badan.

Itulah gerakan yoga Surya Namaskar yang juga dapat menjadi senam yoga untuk pemula. Apabila dilakukan dengan rutin disertai dengan mengatur pola makan, Surya Namaskar ini dapat menjadi panduan kamu dalam menurunkan berat badan! Kalau kamu punya keluhan kesehatan tertentu, konsultasikan dengan dokter kamu sebelum memulai olahraga apapun ya. Kalau lebih suka yoga beramai-ramai, coba deh cek kelas yoga yang ada di sekitar kamu. Mulai sekarang yuk!