Newsroom

Kini, Beraktivitas Perbankan Semudah Menikmati Kopi Favorit


***
e-kyc
 

INDONESIA,24 January 2018 -

Bank DBS Indonesia, kembali mengawali hadirnya pengalaman baru beraktivitas perbankan melalui inovasi. Setelah meluncurkan digibank by DBS, sebuah bank dengan keunggulan sepenuhnya ke dalam satu genggaman, kini Bank DBS Indonesia menjadi pioneer dalam menghadirkan aktivitas perbankan yang semakin seamless, dengan hadir di beberapa kedai kopi di wilayah Jakarta, Tangerang, Bandung dan Surabaya. Bank DBS Indonesia adalah salah satu bank yang mempelopori penggunaan verifikasi biometrik dalam pembukaan rekening bank. Berbekal e-KTP, maka masyarakat sudah dapat membuka rekening digibank dan melakukan verifikasi biometrik di kedai kopi, sesingkat memesan secangkir kopi.

 

Terobosan inovatif pada digibank by DBS ini merupakan salah satu upaya Bank DBS Indonesia dalam memenuhi kebutuhan masyarakat urban saat ini yang serba cepat, serba instan, namun tetap memenuhi peraturan pemerintah Indonesia, khususnya peraturan mengenai Penerapan Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU dan PPT). Sebagai sebuah institusi bank yang telah berkomitmen untuk senantiasa berorientasi pada inovasi dan teknologi, Bank DBS Indonesia berupaya mematuhi peraturan tersebut dan melaksanakan prosedur Know Your Customer (KYC), dengan cara terbaru yang menyenangkan dan memudahkan nasabah. KYC berfungsi untuk mengenali dan memverifikasi calon nasabah sebagai bagian dari proses yang dibutuhkan untuk mengecek keabsahan nasabah.

Leonardo Koesmanto – Head of Digital Banking PT Bank DBS Indonesia mengatakan, “digibank by DBS memiliki komitmen untuk selalu hadir secara lebih dekat dengan kehidupan masyarakat. Pada kesempatan ini, kami mengenalkan cara unik dalam membuka rekening yang terbaru, yaitu melakukan verifikasi biometrik di e-KYC store. Ini adalah bukti nyata kami di ranah digital innovation dalam dunia perbankan”. Leo juga mengungkapkan bahwa sejak peluncurannya, digibank by DBS telah mengimplementasikan proses verifikasi nasabah yang unik dan inovatif, contohnya adalah penggunaan teknologi biometrik.

 

Leonardo Koesmanto – Head of Digital Banking PT Bank DBS Indonesia, tengah memaparkan berbagai fitur dan keunggulan layanan e-KYC digibank by DBS. Bank DBS Indonesia menghadirkan aktivitas perbankan yang semakin seamless dan dekat kepada nasabah melalui peluncuran e-KYC digibank by DBS, di St. Ali Coffee Jakarta, Rabu (24/1).

Sejak peluncuran pertama, verifikasi identitas calon nasabah telah dilakukan dengan menggunakan agen digibank yang dapat mendatangi calon nasabah di tempat calon nasabah berada. Janji temu dilakukan semudah memanggil sarana transportasi online.

Lebih lanjut, Leo menjelaskan, “Kini, digibank by DBS hadir lebih dekat untuk menemani keseharian masyarakat yang banyak melakukan kegiatannya di tempat nyaman, seperti kedai kopi, sembari menikmati kopi dan bersantai, tetapi tetap dapat melakukan aktivitas perbankan, termasuk pembukaan rekening. Sehingga ini yang kita sebut Live More, Bank Less”.  

 

Leonardo Koesmanto – Head of Digital Banking PT Bank DBS Indonesia, menunjukkan proses pembukaan rekening digibank by DBS dengan layanan e-KYC melalui verifikasi biometrik. Bekerja sama dengan 21 kedai kopi di Jakarta, Tangerang, Bandung, dan Surabaya proses pembukaan rekening digibank by DBS dengan verifikasi biometrik e-KTP hanya memerlukan waktu kurang dari 5 menit. 

Cara Unik Membuka Rekening digibank

Bank DBS Indonesia telah berkomitmen untuk senantiasa memberikan pengalaman perbankan bagi nasabah dengan cara yang mudah, praktis, serta menyenangkan, dan digibank by DBS merupakan salah satu bentuk nyata dari komitmen tersebut.

Saat ini Bank DBS Indonesia berinisiasi melalui kerjasama dengan beberapa kedai kopi di wilayah Jakarta, Tangerang, Bandung, dan Surabaya untuk menambah kenyamanan nasabah dalam beraktivitas perbankan. Melalui kerjasama unik tersebut, memungkinkan masyarakat untuk membuka rekening di beberapa kedai kopi semudah seperti menikmati kopi favorit. Tren kopi yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban, khususnya di kalangan anak muda, menjadi salah satu alasan Bank DBS Indonesia bekerjasama dengan beberapa kedai kopi. Nantinya, di kedai-kedai kopi tersebut, akan terdapat alat verifikasi biometrik untuk membantu proses verifikasi identitas calon nasabah.

 

Saat ini, tercatat 21 kedai kopi yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Bandung, dan Surabaya telah resmi menjalin kerjasama dengan Bank DBS Indonesia dalam program e-KYC store ini. Kedai-kedai kopi tersebut juga akan memberikan secangkir kopi secara gratis kepada nasabah baru digibank by DBS yang berhasil melakukan proses verifikasi biometrik.

Disamping itu, digibank by DBS akan memberikan berbagai manfaat, seperti potongan harga 20% bagi para penikmat kopi yang memiliki rekening digibank.

Lebih lanjut, deretan fitur inovatif digibank by DBS yang memungkinkan nasabah memperoleh pengalaman beraktivitas perbankan yang seamless:



Biometric station (totem) digibank by DBS

  • TEKNOLOGI BIOMETRIK. Bagi warga negara Indonesia yang tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi dapat membuka rekening digibank by DBS dimanapun dan kapanpun. Cukup dengan mengatur jadwal bertemu dengan agen digibank by DBS untuk membantu proses pembukaan rekening dengan menggunakan alat biometrik di tempat secara langsung. Sedangkan bagi nasabah yang lebih menyukai kenyamanan beraktivitas di kedai kopi maka mereka bisa melakukan verifikasi biometrik di e-KYC Store yang berlokasi di Jakarta, Bandung dan Surabaya.
  • CHAT TRANSFER - 24x7 oleh Virtual Assistant berteknologi Artificial Intelligence. Nasabah dapat berinteraksi dengan Virtual Assistant digibank yang berteknologi Artificial Intelligence, untuk melakukan transaksi transfer dana. Nasabah dapat mengetik, “Transfer 100 ribu ke Digor”, dan Virtual Assistant akan melakukan layanan transaksi. Fitur ini mirip seperti memiliki seorang Relationship Manager yang membantu layanan transaksi, tanpa harus menghubungi Call Centre.
  • SPENDING TRACKER - Fitur perencanaan dan pengawasan finansial yang cerdas membantu nasabah lebih bijak dalam mengelola uangnya. Banyak orang tidak menyadari besarnya pengeluaran mereka terutama pada bulan-bulan perayaan, ulang tahun, wisuda, dll. Dengan fitur Spending Tracker, nasabah dapat dengan mudahnya merencanakan pengeluaran mereka sekaligus memantau transaksi perbankan menggunakan kartu debit digibank. Dirancang in-built pada aplikasi digibank, fitur ini mengoptimasi anggaran sehingga membantu nasabah dalam membuat anggaran, melacak serta menganalisa tren pengeluaran.
  • SOFT TOKEN - Fitur keamanan dengan sistem pengamanan in-built yang dinamis. Perbankan pada umumnya menggunakan One-Time Passwords (OTPs) untuk bertransaksi. Kode digit dikirimkan via SMS, lalu nasabah perlu mengetikannya kembali untuk proses otorisasi setiap melakukan transaksi. Namun bagi nasabah digibank by DBS, setelah unduh aplikasi dan verifikasi (OTP cukup 1 kali di awal), maka mereka dapat menikmati fitur Soft Token yang tertanam pada perangkat yang digunakan sehingga tidak perlu SMS OTP lagi setiap melakukan transaksi.   

 

Mikael Jasin – Coffee Director St. Ali Coffee Jakarta, tengah memaparkan cara pembuatan kopi manual tanpa mesin espresso dalam peluncuran e-KYC digibank by DBS, di St. Ali Coffee Jakarta, Rabu (24/1). Kedai kopi yang sudah menjadi pusat aktifitas masyarakat urban, bersosialisasi dan bertemu dengan klien di sebagian kota besar, menjadi salah satu latar belakang dari terobosan inovatif digibank by DBS, berupa layanan pembukaan rekening yang semudah menikmati kopi favorit. 

Upaya DBS Group untuk menjadi yang terdepan dalam inovasi perbankan telah dikenal luas. Tahun lalu, Bank DBS Group diakui sebagai "Bank Digital Terbaik di Dunia" oleh Euromoney, “Bank Terbaik dalam Distribusi Digital” oleh Efma Accenture dan "Bank Ritel Terbaik di Asia-Pasifik" oleh The Asian Banker. Selain itu, Bank DBS Group juga dinobatkan sebagai "Bank Teraman di Asia" selama sembilan tahun berturut-turut dari tahun 2009 – 2017.  Berikut ini adalah daftar ke-21 kedai kopi di wilayah Jakarta, Tangerang, Bandung, dan Surabaya yang telah menjalin kerjasama dengan Bank DBS Indonesia:

Back to results

Search News

Select Country
From
To