banner

Tanyakan 4 Hal Ini Sebelum Menjalankan Peluang Bisnis Online

 Melihat pesatnya perkembangan internet saat ini membuat peluang bisnis online terlihat begitu menjanjikan. Bagaimana tidak, sekarang tinggal sekali klik dan beberapa sentuhan layar kita sudah bisa menjual barang atau jasa yang kita inginkan.

Meskipun begitu, tetap ada beberapa hal yang harus kita pastikan sebelum menjalankan peluang bisnis online. Seperti misalnya, menentukan apa yang dibutuhkan oleh target marketing kita, hingga keputusan berkomitmen menjalaninya.

Nah, berikut akan diulas mengenai 4 hal yang harus ditanyakan dan dijawab oleh diri kita sendiri sebelum menjalankan sebuah peluang bisnis online.

1. Apa yang orang-orang butuhkan?

Melalui pertanyaan ini, kita bisa dengan mudah melihat apa yang bisa ditawarkan kepada masyarakat. Kita bisa dengan mudah meperoleh jawaban dari pertanyaan ini dengan melihat tren yang sedang berkembang sekarang.Selain itu, penting juga untuk melihat produk atau jasa apa yang paling laris dijual di berbagai e-commerce.

Dalam diskusi bersama Kedai DBS beberapa waktu lalu, Desy Bachir mengatakan yang terpenting adalah bagaimana produk kita bisa memecahkan masalah mereka (masyarakat maupun calon konsumen). Dengan begitu, peluang bisnis online akan terbuka lebar dan masyarakat akan dengan mudah mengenali kemudian jatuh cinta pada produk atau jasa yang kita jual.

2. Apa yang bisa Anda tawarkan?

Menyambung dari pertanyaan pertama kita bisa masuk ke pertanyaan selanjutnya, yaitu “apa yang bisa Anda tawarkan?”  Pada dasarnya dalam berbisnis, kita harus melihat apa yang kita miliki dan bisa ditawarkan kepada masyarakat.

Penting bagi Anda untuk melakukan sebuah self-assessment dan membuat daftar apa saja yang Anda miliki. Misalnya:

- Apa yang memberi Anda energi lebih, bukan yang menguras energi Anda.

- Hobi Anda.

- Pengalaman kerja.

- Apa saja kekuatan Anda di bidang teknologi, dan lain sebagainya.

Daftar tersebut pada intinya adalah untuk mengarahkan kita melakukan apa yang kita cintai dan dengan mudah bisa kita ubah dalam bentuk produk atau jasa lalu kita tawarkan pada masyarakat. Mari kita ambil contoh dari Aulia Halimatussadiah, berawal dari kecintaannya dengan buku dan kemampuan yang ia miliki di bidang teknologi, ditambah dengan melihat apa yang dibutuhkan masyarakat, ia berhasil merintis platform nulisbuku.com hingga seperti sekarang ini. Itulah yang disebut dengan memanfaatkan peluang bisnis online dari hasil mengembangkan hobi yang dimiliki.

3. Apakah orang sudah tahu apa yang akan Anda lakukan?

Perlu Anda ketahui, memberi tahu pada seluruh dunia mengenai apa yang akan Anda lakukan adalah sebuah strategi marketing dalam memanfaatkan peluang bisnis online. Dengan begitu, masyarakat nantinya akan mudah mengenali produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Selain untuk menciptakan sebuah buzz, keterbukaan seperti itu memberi Anda kesempatan mendapat masukan dan berdiskusi dengan para pakar dan pebisnis yang sudah lebih dulu menjalani peluang bisnis online. Jangan lupa komunikasikan ide yang Anda ingin bangun, visi yang mendasari bisnis Anda, dan lain sebagainya.

Memang ketika melakukan ini, ketakutan akan ide yang diambil oleh orang lain pasti ada. Namun, semua tergantung bagaimana Anda mengkomunikasikannya pada orang yang tepat, sehingga akan tercipta sebuah networking dan diskusi yang bermanfaat.

4. Apakah siap untuk berkomitmen?

Commitment is what transforms a promise into reality. -Abraham Lincoln

Menjalani sebuah peluang bisnis online tidak bisa terjadi dalam sekejap. Semua butuh proses yang panjang dan matang. Anda harus meluangkan waktu dan tenaga dengan sepenuh hati. Oleh karena itu, dalam proses Anda butuh sebuah komitmen.

Inilah pertanyaan yang harus Anda jawab sebelum menjalani bisnis online, "apakah Anda siap untuk berkomitmen?"

Pertama, buatlah sebuah resolusi, berapa lama Anda akan menjalankan bisnis online Anda (enam bulan atau setahun, misalnya). Kemudian, kerahkan segala waktu dan tenaga Anda untuk menjalankannya. Kedua, karena dalam bisnis online ini Anda adalah bos Anda sendiri, buatlah sebuah rutinitas agar ritme kerja teratur. Kapan harus membalas email, kapan harus membuat foto produk, dan sebagainya.

Intinya, penting untuk meresapi apa yang dikatakan dalam kutipan Abraham Lincoln di atas. Untuk mewujudkan apa yang dijanjikan pada diri Anda sendiri, komitmen adalah hal yang Anda butuhkan.

Setelah Anda berhasil menjawab pertanyaan di atas dan mengimplementasikannya saat menjalani peluang bisnis online yang Anda dapatkan, tinggal selanjutnya Anda kembangkan bisnis tersebut. Teruslah buat sebuah networking seluas-luasnya dan belajar sambil berdiskusi dengan para pakar. Anda bisa melakukan hal tersebut dengan mudah bersama DBS BusinessClass, where you can grow your business to the next level.

 

Live Smart

 Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Baca Selengkapnya

Live Awesome

4 Kuliner Jepang Yang Wajib Dicoba
4 Kuliner Jepang Yang Wajib DicobaBaca Selengkapnya

Live Kind

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Baca Selengkapnya

Live Well

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Baca Selengkapnya