Raih Modal Usaha Dengan Sederet Tips Ini

Ingin memulai bisnis namun memiliki kendala pada modal usaha? Atau Anda sudah memiliki bisnis kecil dan membutuhkan dana untuk mengembangkan usaha Anda? Tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak financial technology atau terknologi penyedia jasa financial yang dapat mempermudah Anda dalam mencari modal usaha. Berikut beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan.

1. Peer to Peer Lending

Pada era digital ini, Anda tidak perlu susah payah mencari para pemberi pinjaman untuk modal usaha yang Anda miliki. Melalui platform Peer to Peer Lending ini, Anda sebagai pemberi pinjaman atau pencari pinjaman dapat dipertemukan dengan mudah melalui sistem online. Perusahaan P2P dapat Anda akses melalui website, dan beberapa di antaranya juga sudah memiliki mobile application, salah satu contohnya adalah uangteman.

Dengan berbagai syarat dan ketentuan yang diberikan oleh perusahaan dalam mendapatkan sebuah modal usaha, Anda harus bisa memperkenalkan bisnis Anda dengan baik kepada para pemberi pinjaman. Investor yang memiliki dana dalam memberikan modal usaha akan memilih mana bisnis yang tepat dan menarik untuk dibantu dalam hal pendanaan. Sebagai investor, risiko terbesar adalah saat peminjam sulit mengembalikan dana yang telah Anda berikan. Tetapi tidak perlu takut karena proses peminjaman harus melalui sistem kontrak yang sudah tertulis dengan jelas dan telah disepakati bersama.



2. Crowdfunding

Bisnis apa yang sedang Anda lakukan? Bisnis produk atau bisnis sosial? Apapun bentuk bisnisnya, tentu Anda membutuhkan dana. Crowdfunding atau urun dana bisa menjadi cara Anda mengumpulkan modal usaha dalam bentuk project komersial maupun project sosial. Dengan ide yang bisa dikatakan luar biasa dan menjadi sebuah inovasi baru, Anda akan lebih mudah mendapatkan dana dari para investor yang mendukung karya Anda.

Crowdfunding menciptakan sebuah peluang bagi Anda yang baru memulai bisnis, atau yang sudah memiliki produk dan ingin melebarkan jangkauan terhadap produknya. Contoh platform yang bisa Anda gunakan seperti IndieGoGo, Crowdtivate, KitaBisa dan masih banyak lagi. Untuk melakukan crowdfunding, project yang dilakukan sebaiknya memiliki gagasan yang kuat, serta mampu memberikan manfaat positif bagi masyarakat karena pada akhirnya publiklah yang akan membantu pendanaan bisnis Anda. Apakah Anda tertantang menjadikan crowdfunding sebagai platform modal usaha Anda?



3. Modal Ventura

Melalui modal ventura, penyertaan modal usaha oleh investor ke dalam suatu perusahaan akan berjalan untuk jangka waktu tertentu. Biasanya, jumlah modal usaha ditentukan dengan sejumlah saham pada perusahaan Anda. Investasi modal ventura juga dapat mencakup pemberian bantuan manajerial dan teknikal. Pembiayaan modal ventura diberikan kepada perusahaan yang baru tumbuh dan belum bisa memperoleh kredit bank, sehingga ini menjadi upaya yang baik dalam mendukung pertumbuhan UMKM. Salah satu strategi pembangunan ekonomi nasional adalah membangun usaha kecil dan menengah untuk menjadi salah satu pilar ekonomi bangsa. Saat ini, pembiayaan modal usaha melalui modal ventura banyak diminati oleh para pengusaha skala kecil sampai menengah yang mempunyai potensi berkembang di masa depan.

Ada banyak keuntungan yang didapat saat menggunakan modal ventura, contohnya adalah perusahaan Anda akan selalu dimonitor untuk mengetahui performance-nya. Selain itu, investor juga akan membantu memperluas jaringan usaha Anda untuk mendapatkan partner bisnis baru. Tujuan yang dimiliki modal ventura ini yaitu untuk mempermudah berdirinya suatu perusahaan baru, membantu pengembangan teknologi baru, membantu pembiayaan perusahaan yang mengalami kesulitan dana dalam mengembangkan usahanya



4. Business Loan ke Bank (KTA)

Melakukan peminjaman modal usaha tanpa agunan bisa menjadi alternatif Anda dalam mencari dan mengumpulkan dana. Hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam Kredit Tanpa Agunan (KTA) ini adalah memahami cicilan per bulan serta bunga yang perlu dibayar. Pendapatan bersih per bulan setelah pajak harus lebih besar dari cicilan per bulan. Tidak perlu khawatir untuk mencari modal usaha, karena saat ini sudah banyak bank yang menyediakan program KTA.

Beberapa bank juga mempunyai syarat dan ketentuan yang mudah agar Anda bisa mengajukan KTA. Sebaiknya sebelum melakukan pengajuan, Anda sudah menyiapkan dokumen sesuai dengan S&K. Usahakan juga produk Anda adalah produk usaha produktif seperti rumah makan atau kerajinan, dan memiliki laporan keuangan yang baik. Jenis modal usaha satu ini lebih tepat digunakan untuk mengembangkan usaha agar stabil dalam membayar cicilan dari hasil bisnis yang sudah Anda jalankan.



5. Gunakan Jasa dari KTA Fintech

Tanpa disadari penggunaan smartphone dalam kehidupan sehari-hari kian meningkat. Manfaat menggunakan Fintech pun bisa Anda rasakan untuk mempermudah kegiatan Anda. Proses pembayaran lebih mudah, efisien, cepat dan aman sehingga tidak perlu repot membawa banyak uang cash ketika berbelanja. Begitu pula dengan pengajuan KTA lewat Fintech. Dengan KTA Fintech, Anda tidak perlu mengantre panjang untuk melakukan pengajuan modal usaha karena dilakukan 100% online tanpa tatap muka. Pencairan kreditnya pun cepat, yaitu 1 sampai 2 hari sejak pengajuan pinjaman. Anda juga tidak diwajibkan punya kartu kredit untuk bisa mengajukan pinjaman KTA karena FinTech menggunakan berbagai sumber pengecekan untuk mengevaluasi kelayakan kredit.



Dari beberapa pilihan modal usaha di atas, Anda bisa mulai berinvestasi dengan DBS Capital Protected Fund (CPF). Capital Protected Fund dikelola oleh Manajer Investasi terkemuka yang telah melalui proses due diligence oleh PT Bank DBS Indonesia. Produk ini menjadi sebuah alternatif bagi investor untuk melengkapi portfolio investasi yang telah dimiliki. Dengan berinvestasi dalam Capital Protected Fund, investor memiliki kesempatan mendapatkan potensi imbal hasil yang menarik di setiap periode tertentu. Yuk, bergabung sekarang!

Live Smart

Ketahui 4 hal Ini Dalam Mempersiapkan Tabungan Pendidikan

Ketahui 4 hal Ini Dalam Mempersiapkan Tabungan Pendidikan

Baca Selengkapnya

Live Awesome

4 Kuliner Jepang Yang Wajib Dicoba
4 Kuliner Jepang Yang Wajib DicobaBaca Selengkapnya

Live Kind

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Baca Selengkapnya

Live Well

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Baca Selengkapnya

Twitter Feed