Ini Strategi Pemasaran Produk Secara Online

Sebelum memulai pembahasan mengenai strategi pemasaran produk, pertama-tama mari kita bahas mengenai apa itu sebenarnya pemasaran produk secara online atau yang juga dikenal dengan online marketing.

Menurut TNMedia, online marketing adalah “…any tool, strategy or method of getting the company name out to the public. The advertisements can take many different forms and some strategies focus on subtle messages rather than clear-cut advertisements.”

Definisi sederhananya, online marketing adalah sebuah usaha untuk mengenalkan bisnis kepada masyarakat dengan menggunakan internet.

Sekarang, mari simak apa saja dan bagaimana strategi pemasaran produk secara online:

Search Engine Optimization (SEO)

Hampir di semua literatur mengatakan bahwa SEO memegang peranan yang amat penting dalam strategi pemasaran produk secara online. Ini juga yang sering disampaikan oleh Neil Patel, yang dikenal sebagai entrepreneur dan internet marketer. Melalui konten yang dioptimasi dengan teknik SEO produk yang ingin dipasarkan akan dengan mudah menjangkau dan dijangkau oleh para konsumen. Melalui SEO juga, target marketing atau audiens yang dituju bisa lebih spesifik dan relevan, sehingga kemungkinan konversi yang terjadi akan lebih besar. 

Search Engine Marketing (SEM)

Search engine marketing is the paid cousin of SEO.” – Neil Patel

Ini adalah strategi pemasaran produk yang memanfaatkan mesin pencarian juga. Lain halnya dengan SEO, dengan SEM kita bisa langsung menempatkan produk kita di urutan teratas mesin pencarian. Namun memang, membutuhkan biaya lebih lebih daripada SEO, tergantung keyword yang digunakan. Satu kesamaan yang dimiliki SEO dan SEM adalah target marketing yang lebih spesifik dan relevan.

Social Media Marketing

Sepertinya kekuatan media sosial untuk strategi pemasaran produk secara online sudah tidak perlu dipertanyakan. Hanya saja penting untuk memperhatikan memilih platform media sosial yang paling sesuai dengan produk atau brand yang ingin dipasarkan. Selain itu, penting juga untuk memiliki strategi content marketing agar konten yang diberikan kepada target marketing relevan dan memberi wawasan yang mereka butuhkan.

Pay per click advertising (PPC)

Sesuai dengan namanya, strategi marketing yang satu ini membuat Anda membayar tiap klik yang dihasilkan dari iklan yang dibuat. Memang, agak menyerupai SEM, bedanya ada beberapa platform yang menampilkan iklan PPC untuk audience-nya, jadi tidak hanya di mesin pencarian saja. Sejauh ini, platform paling populer untuk PPC adalah Google AdWords dan Facebook.

Affiliate Marketing

Anda telah melakukan strategi affiliate marketing apabila Anda bekerja sama dengan pebisnis lain untuk memasarkan produk Anda dengan membagi keuntungan yang didapat.

Salah satu contohnya adalah bekerja sama dengan blogger. Sebelumnya Anda bisa membuat sebuah URL unik yang akan disisipkan di dalam artikel karya blogger mengenai produk Anda. Setelah itu, URL tersebut apabila diklik, konsumen akan dialihkan pada website Anda. Jika konsumen melakukan pembelian atau paling tidak terjadi sebuah konversi, blogger tersebut akan mendapatkan keuntungan melalui software affiliate tracking. Dapat dikatakan jika strategi pemasaran produk ini cukup menjadi primadona, terlebih ketika produk yang dipasarkan adalah produk seputar dunia traveling atau kuliner.

Bagaimanapun strategi pemasaran produk yang Anda terapkan pada bisnis Anda, tetaplah penting untuk terus mengembangkan jaringan bisnis seluas-luasnya. Kembangkan jaringan bisnis Anda, dan terhubung dengan pakar bisnis di Asia dengan aplikasi DBS BusinessClass, gerbang Anda untuk terhubung dengan komunitas bisnis tepat dalam genggaman Anda.

 

Live Smart

 Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Baca Selengkapnya

Live Awesome

4 Kuliner Jepang Yang Wajib Dicoba
4 Kuliner Jepang Yang Wajib DicobaBaca Selengkapnya

Live Kind

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Baca Selengkapnya

Live Well

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Baca Selengkapnya