Sudah Tahu 4 Manfaat Yoga Ini?

Sudahkah Anda tahu jika manfaat yoga telah dikenal sejak ribuan tahun lalu sebagai bentuk meditasi dan kebutuhan spiritual? Tapi seiring dengan berkembangnya zaman, kini yoga telah menjadi pilihan untuk berolahraga sekaligus relaksasi yang digemari oleh banyak orang.

Yoga dianggap dapat membantu membuat kondisi mental, emosional, dan spiritual menjadi lebih baik. Namun, selain itu ada manfaat yang belum diketahui banyak orang. Ingin tahu apa saja? Simak lima rahasia berikut.

 1. Mengatasi Ketidakseimbangan Hormon

Salah satu manfaat yoga yang dapat berpengaruh kepada tubuh kita adalah mengatasi ketidakseimbangan hormon. Kondisi hormon yang tidak seimbang ditandai dengan gejala-gejala kesehatan yang menurun, seperti mudah lelah dan pusing. Kabar baiknya, yoga bisa membantu Anda mengusir gejala-gejala ini.

Lakukan yoga secara rutin dengan gerakan-gerakan yang berfokus pada kelenjar hormon di tubuh. Gerakan seperti child’s pose dapat mengontrol kelenjar adrenal yang memproduksi banyak hormon, termasuk kortisol atau hormon stress agar lebih tenang. Pastinya, hari Anda akan terasa lebih baik setelahnya.

       

2. Mengontrol Nafsu Makan

Siapa yang tidak mau mendapatkan tubuh indah terjaga? Melalui yoga, Anda bisa mewujudkan bentuk tubuh tersebut. Menurut para ahli, yoga terbukti menjadi salah satu olahraga yang efektif untuk mengontrol emosi Anda. Hal ini didasari oleh latihan yoga yang membiasakan diri untuk fokus pada pernapasan, sehingga Anda dapat lebih mengontrol diri saat dilanda nafsu makan yang besar.

Cobalah untuk memfokuskan diri saat latihan yang melibatkan teknik pernapasan sambil duduk atau berbaring pada kelas yoga Anda berikutnya. Jangan lupa untuk melakukannya secara natural dan dalam posisi yang nyaman.

Selamat tinggal perut buncit!

 

3. Mengatasi Sindrom Carpal Tunnel

Sering merasa kebas, lemas atau kesemutan pada pergelangan tangan? Hati-hati, karena itulah sinyal dari tubuh Anda akan sindrom carpal tunnel. Sindrom ini muncul akibat adanya saraf tangan yang tertekan dan biasanya rentan menyerang pengguna komputer.

Tapi jangan khawatir, Anda dapat mengatasinya dengan berlatih yoga. Menurut sebuah penelitian, gejala-gejala di atas bisa berkurang jika Anda rutin melakukan yoga selama delapan minggu.

Contohnya, melakukan posisi yoga dengan gerakan yang meregangkan tangan Anda seperti warrior II pose atau Bharadvaja’s twist. Bonusnya? Anda juga akan mendapatkan peredaran darah yang lebih lancar dan terhindar dari tekanan darah tinggi. Tertarik?

 

4. Sebagai Terapi Radang Sendi

Selain manfaat yoga yang telah disebutkan di atas, yoga juga bermanfaat sebagai salah satu terapi untuk radang sendi. Penyebabnya, apalagi kalau bukan gerakan-gerakan yang menstimulasi sendi untuk meregang.

Banyak ahli menyebutkan kombinasi gerakan yoga dengan pernapasan sangat membantu bagi para penderita radang sendi. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya fleksibilitas dan pelumas alami tubuh yang berdampak baik pada kesehatan sendi.  

Cobalah berkonsultasi dengan instruktur yoga Anda terlebih dahulu untuk melatih beberapa pose yang aman bagi radang sendi. Rasakan nikmatnya saat diri Anda kembali bugar.

Setelah penjelasan di atas, sudah lebih terbayangkah betapa pentingnya yoga untuk kesehatan? Ya, untuk memperoleh tubuh dan jiwa yang sehat, olahraga dan makanan seimbang memang kuncinya. Namun, perencanaan kesehatan juga dibutuhkan untuk mendapatkan semua itu dengan maksimal.

ProHealth

Salah satu jalan yang bisa jadi pilihan Anda adalah ProHealth. Bersama ProHealth, Anda bisa mendapatkan solusi cerdas dari DBS & Manulife untuk penggantian biaya perawatan atau pengobatan yang meliputi biaya-biaya dokter ahli, tes laboratorium, pengobatan dan biaya lainnya yang berhubungan dengan Rawat Inap Rumah Sakit. Anda dapat mempelajarinya lebih detail di sini.

 

Live Smart

 Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Baca Selengkapnya

Live Awesome

4 Kuliner Jepang Yang Wajib Dicoba
4 Kuliner Jepang Yang Wajib DicobaBaca Selengkapnya

Live Kind

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Baca Selengkapnya

Live Well

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Baca Selengkapnya

Twitter Feed