Ketahui 4 Langkah Mengembangkan Bisnis Kreatif Berbasis Digital

Ketahui 4 Langkah Mengembangkan Bisnis Kreatif Berbasis Digital

Apakah Anda baru memulai sebuah bisnis kreatif? Jika ya, coba jawab dulu pertanyaan berikut:

-       Apa keunggulan bisnis kreatif Anda dari yang lainnya?

Pertanyaan ini adalah hal yang paling esensial yang harus Anda miliki jawabannya ketika membangun sebuah bisnis kreatif. Bagaimana tidak? Keunggulan yang dimiliki merupakan pondasi bisnis kreatif dalam menentukan visi yang selanjutnya akan dijalani. Keunggulan itu jugalah yang menjadi identitas bisnis kreatif Anda. Ya, namanya bisnis kreatif harus bisa menonjolkan sesuatu yang berbeda, belum pernah ada sebelumnya, dan dibutuhkan banyak orang.

-       Apa Anda sudah siap berkomitmen dalam jangka waktu panjang?

Nah, ini adalah pertanyaan selanjutnya yang harus Anda miliki jawabannya saat merintis bisnis kreatif. Seiring berjalannya waktu, suatu hal yang dianggap kreatif perlahan akan memudar pamornya karena sebuah kreativitas bersifat temporer dan mengikuti arus perkembangan zaman.

Oleh karena itu, bisnis kreatif membutuhkan komitmen tinggi untuk terus berkembang dan berinovasi. Terlebih jika bisnis itu berbasis digital, harus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat millennial saat ini.

Jika Anda sudah memiliki jawaban atas dua pertanyaan tersebut, maka Anda tinggal melangkah ke tahap selanjutnya untuk mengembangkan bisnis kreatif berbasis digital. Berikut langkah-langkahnya.

1. Menguasai berbagai strategi pemasaran online secara keseluruhan

Menyusun sebuah strategi pemasaran bukanlah sesuatu yang amat sulit sekarang. Apalagi jika Anda mau melihat dan membuka mata, akan sangat mudah untuk mempelajari segala sesuatu di zaman yang serba digital ini, tidak terkecuali strategi pemasaran online. Ada jutaan sumber, tools, dan referensi yang membanjiri jagat internet dan bisa Anda jadikan bahan acuan.

Mungkin Anda ingin cara yang lebih konvensional seperti berdiskusi dengan pakarnya? Mudah! Sudah dikatakan sebelumnya bahwa apa saja ada di dunia digital ini. Ada aplikasi yang memungkinkan Anda belajar langsung dari pakar bisnis kreatif dan bahkan melakukan diskusi dengan mereka. Melalui aplikasi DBS BusinessClass Anda bisa menemukan pengalaman eksklusif berinteraksi dengan para pakar bisnis Asia.

2. Berkomitmen pada visi yang dituju

Visi diciptakan untuk menjadi pegangan dalam menjalankan sebuah bisnis, tak terkecuali bisnis kreatif. Untuk mempertahankan bisnis Anda, penting untuk terus berkomitmen pada visi yang sudah dirancang di awal. Namun, komitmen tersebut jangan sampai menutupi kemungkinan Anda untuk berinovasi. Terus lakukan perubahan ke arah yang lebih baik, namun jangan beralih dari visi utama bisnis kreatif Anda.

3. Memiliki cara pemasaran yang inovatif

Di zaman millennial ini, ritme hidup masyarakat semakin cepat. Itu berarti, cepat bergerak, cepat bosan, dan cepat lupa. Bayangkan, ada berapa juta hal menarik yang ditawarkan internet dan mudah diakses oleh masyarakat. Itu sebabnya, penting bagi Anda untuk terus berinovasi melakukan pemasaran pada bisnis kreatif Anda. Berikan konten pemasaran yang menarik, relevan, dan bisa diterapkan dalam kehidupan target marketing Anda.

4. Menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan

Jika sudah melakukan langkah di atas dan Anda telah memiliki pelanggan, tinggal selanjutnya bangun sebuah ikatan kuat dengan mereka. Ini akan sangat berguna sebagai jaminan masa depan bisnis kreatif Anda. Dengan memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan, banyak kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan tetap bisnis kreatif Anda dan bahkan mengantarkan Anda pada pelanggan baru berkat rekomendasi mereka.

Di luar itu semua, dalam mengembangkan bisnis kreatif yang Anda penting untuk selalu diingat adalah bagaimana Anda bisa fokus, berkomitmen, dan mencintai apa yang dikerjakan. Ada pepatah mengatakan, kita semua memiliki kesempatan yang sama untuk bisa sukses. Tinggal bagaimana kita mampu melihat dan memanfaatkan kesempatan tersebut.

 

Live Smart

 Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Baca Selengkapnya

Live Awesome

4 Kuliner Jepang Yang Wajib Dicoba
4 Kuliner Jepang Yang Wajib DicobaBaca Selengkapnya

Live Kind

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Baca Selengkapnya

Live Well

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Baca Selengkapnya