5 Perempuan Muda di Balik Kesuksesan Startup Indonesia  - Banner

5 Perempuan Muda di Balik Kesuksesan Startup Indonesia

Bisnis startup, usaha rintisan yang cukup menjanjikan saat ini. Itulah mengapa banyak individu maupun kelompok berlomba-lomba mendirikan sebuah bisnis startup. Apabila kita perhatikan, saat ini di balik layar bisnis startup Indonesia umumnya masih didominasi oleh kaum laki-laki. Meskipun demikian, hal tersebut tidak menutup kemungkinan para perempuan untuk terjun dan sukses dalam merintis sebuah bisnis startup, seperti para perempuan yang akan diulas dalam artikel ini.

Ingin tahu siapa saja sosok perempuan muda di balik kesuksesan bisnis-bisnis startup Indonesia? Simak daftar berikut.

1.Diajeng Lestari – HijUp

Diajeng Lestari

"For us fashion is not about beauty contest. Fashion must be great. Great fashion is about characters, aspirations and inspiration of people, beautifully done. Islamic fashion brings those aspects out together with spiritual maturity and inner beauty." – Diajeng Lestari

Siapa yang tidak mengenal HijUp? Sebuah e-commerce yang berkonsentrasi pada fashion muslim dari Indonesia. Diajeng Lestari adalah perempuan di balik kesuksesan HijUp saat ini. Usaha yang ia rintis sejak tahun 2011 tersebut kini bahkan telah menembus pasar internasional.

Bergerak dari fakta bahwa Indonesia adalah negara dengan populasi muslim terbesar, istri dari pendiri Bukalapak.com ini melihat adanya peluang dan memiliki misi untuk mengangkat citra fashion muslim melalui startup Indonesia yang dirintisnya tersebut.

Menurutnya, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar di bidang fashion, didukung juga oleh populasi muslim Indonesia yang telah disebutkan tadi. Hal tersebut tentu bisa membuat industri fashion muslim menjadi salah satu sumbangan besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

2. Nadya Saib – Wangsa Jelita

Nadya Saib

It is my aim to be present and keep focused on the work that I love and detach from the outcome.” – Nadya Saib

Saat ini, tidak sedikit produk yang berlabel “natural” tidak benar-benar 100% mengandung bahan yang alami. Berangkat dari kenyataan tersebut, Nadya Saib merintis bisnis startup Indonesia bernama Wangsa Jelita. Dengan latar belakang pedidikan farmasi, Nadya mengembangkan bisnisnya yang berfokus pada produk kecantikan berbahan dasar 100% alami.

Dengan melihat peluang pada pesatnya perkembangan teknologi dan internet, Nadya kemudian merambah pemasaran secara online. Dari situlah produk-produknya tersebar tidak hanya di seluruh kota Bandung, namun juga di kota-kota besar lainnya.

Usaha yang ia rintis sejak tahun 2008 ini tidak hanya ramah lingkungan, namun juga membantu komunitas lokal salah satunya para petani mawar di Lembang. Nadya melihat bahwa bisnis itu bukan hanya persoalan materi, tapi juga harus bisa menyelesaikan permasalahan sosial yang ada di masyarakat.

3. Aulia Halimatussadiah – Nulisbuku

Aulia Halimatussadiah

Do what excites you” – Aulia Halimatussadiah

Bagi para pecinta buku dan dunia menulis, nama Aulia Halimatussadiah sudah tidak asing lagi. Perempuan yang akrab disapa Ollie ini adalah sosok hebat di balik platform online self-publishing Nulisbuku.

Startup Indonesia yang satu ini pada dasarnya adalah sebuah wadah bagi para penulis yang ingin mempublikasikan tulisan mereka secara mandiri. Ollie mulai membangun bisnisnya ini pada tahun 2010. Dengan menggabungkan hobi menulis dan kemampuannya di bidang teknologi, ia membuka lebar kesempatan bagi para penulis Indonesia yang ingin karyanya dilihat oleh dunia.

Tidak hanya itu, Ollie juga berperan dalam mendorong kaum perempuan untuk lebih aktif dalam dunia digital melalui komunitas Girls In Tech Indonesia bersama dengan Anantya van Bronckhorst dan Ria Ariyanie. Jika kita melihat lebih jauh, komunitas tersebut memiliki visi dan misi untuk menghadirkan tambahan pengetahuan, tempat mengobrol dan juga tempat untuk para perempuan berkembang bersama dengan bantuan teknologi.

Lihat bagaimana Ollie membagikan pengalamannya dalam workshop "How to Maximize Community for Business" di sini.

4. Cynthia Tenggara – BerryKitchen

Cynthia Tenggara

At Berrykitchen, we believe that everyone is unique and different. That’s why there are lots of choices of Lunch Catering, Bentos, and pre-packed meals.” – Cynthia Tenggara

Ada berapa banyak varian menu yang Anda inginkan ketika memilih menu makan siang? Pasti semakin banyak pilihannya, akan semakin menggugah selera, terlebih jika Anda seorang picky eater. Itulah yang mengawali Cynthia Tenggara dalam merintis BerryKitchen, sebuah jasa katering berbasis online.

Sebenarnya Cynthia bukan berasal dari latar belakang pendidikan kuliner, melainkan pendidikan hubungan masyarakat. Meskipun begitu, BerryKitchen yang dimulai sejak tahun 2012 ini telah sukses menggandeng beberapa investor yang tertarik dengan konsep yang ia angkat. Melalui bisnis startup Indonesia ini, Cynthia telah berhasil membuka banyak lapangan pekerjaan sebagai katering online pertama dan terbesar di Indonesia.

5.Hanifa Ambadar - Female Daily

Hanifa Ambadar

For me, blogging is my attempt to sit down, to put things into perspective and to maintain my sense of self apart of what I do at work.” – Hanifa Ambadar

Apa jadinya bila hobi berubah menjadi bisnis? Tentu akan sangat memuaskan ketika kita mendapat bayaran untuk melakukan sesuatu yang dicintai. Hal itulah yang terjadi pada Hanifa Ambadar, pendiri Female Daily Network, startup Indonesia yang berbentuk portal dan forum online.

Hani, begitu sapaan akrabnya, memulai blogging sejak tahun 1999. Lalu pada tahun 2005 ia melihat peluang dan kemudian mendirikan Female Daily yang memiliki visi “To be the company that best understand women, empower women and connect women to each other”.

Perempuan kelahiran 1979 ini memiliki anggapan bahwa perempuan modern dituntut untuk selalu produktif, mulai dari mengurus diri sendiri hingga keluarga. Hal ini ia sampaikan dalam acara Kedai DBS beberapa waktu lalu. Menurutnya, Kedai DBS tersebut juga bisa menjadi wadah yang baik untuk memberikan edukasi kepada para perempuan tentang betapa pentingnya investasi pada kesehatan dan keuangan demi masa depan yang lebih baik. Karena itu, untuk para perempuan sebaiknya jangan pernah ragu untuk mengambil kesempatan dan memanfaatkan peluang.

Setelah melihat daftar para perempuan inspiratif di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa untuk menjalankan sebuah bisnis, jangan pernah biarkan sedikit pun keraguan. Meskipun akan ada masanya di mana rasa takut akan kegagalan datang menyerang, jangan pernah berhenti. Seperti kata pepatah “When you feel like quitting, remember why you started.

Nah, jika Anda sudah memulai bisnis, sekarang tinggal Anda mengembangkan bisnis dan atur keuangan sesuai dengan keinginan bersama DBS iGiro. Nikmati keuntungan membayar transaksi tanpa perlu khawatir akan biaya dormant atau administrasi apapun.

diagram iGiro

Yuk, lihat penjelasan detail mengenai iGiro divideo berikut:

 

Live Smart

 Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Baca Selengkapnya

Live Awesome

4 Kuliner Jepang Yang Wajib Dicoba
4 Kuliner Jepang Yang Wajib DicobaBaca Selengkapnya

Live Kind

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Baca Selengkapnya

Live Well

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Baca Selengkapnya