5 Keuntungan Memulai Bisnis Online di Usia Muda

Setidaknya sekali, Anda pasti pernah melakukan perbelanjaan online. Jenis transaksi yang satu ini memang sedang digemari oleh pasar Indonesia. Sebagai salah satu negara dengan pengguna internet terbesar di dunia, perkembangan bisnis e-commerce atau jual beli online di Indonesia meningkat drastic sejak beberapa tahun belakangan.
Social Research & Monitoring, Soclab.co dalam Tribun Bisnis edisi Selasa, 9 Mei 2017 menunjukkan jumlah pelaku transaksi online mencapai 8,7 juta orang dengan nilai transaksi sekitar 4,89 miliar dolar AS. Jumlah yang tidak sedikit ini sangat menggiurkan untuk memulai bisnis online, terutama bagi Anda yang masih berusia muda. Mengapa? Selain dengan dunia digital yang identik dengan anak muda, simak alasannya dalam ulasan berikut.



1. Belum punya banyak komitmen

Di usia yang masih belia, Anda masih belum memiliki banyak komitmen dengan berbagai hal lain. Kebebasan inilah yang menjadi keuntungan, sebab Anda akan lebih fokus untuk dapat terjun dan memulai bisnis online. Sebab, meskipun dilakukan dengan skala kecil, memulai bisnis online dibutuhkan perhatian ekstra dan hal ini menyita waktu yang cukup banyak.
Selain itu, kebutuhan Anda yang masih bersifat pribadi juga menyebabkan tanggungan kehidupan bukanlah sebuah masalah masalah yang besar. Demikian pula dengan kewajiban yang belum kompleks, seperti mencukupi kebutuhan keluarga dan lain sebagainya. Dengan keleluasaan Anda tersebut, Anda dapat lebih mendedikasikan diri dalam memulai bisnis online.

2. Keamanan finansial

Walaupun masih tergolong baru, sektor bisnis online terlihat sangat menjanjikan. Memulainya tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Namun, hasilnya telah banyak membuktkan mampu memberikan keamanan finansial bagi pelakunya. Jadi, kesuksesan di usia muda bukanlah sebuah mitos. Namun kesuksesan tersebut bukanlah hal yang instan. Diperlukan kerja keras untuk menggapainya dan jiwa muda Anda sangat tepat untuk melakukannya.

3. Lebih bertanggung jawab dan meningkatkan kemampuan diri

Secara tidak langsung membebani diri dengan berbagai tanggung jawab, membuat Anda tidak dapat berlaku sesukanya. Sebab, bisnis ini adalah hasil kerja keras Anda dan jika terjadi sesuatu, Andalah yang akan merasakan kerugiannya. Perlahan, kemampuan untuk dapat bertanggung jawab pun akan Anda miliki, meskipun masih di usia belia.

Demi menjaga stabilitasnya, Anda juga akan tergerak untuk belajar banyak hal. Secara perlahan, berbagai kemampuan pun akan dapat Anda miliki. Misalnya, kebutuhan akan visual untuk promosi produk yang Anda jual harus dipenuhi. Mau tidak mau, Anda akan sedikit demi sedikit belajar berbagai aplikasi desain yang dapat mendukung.

Kini, mendapatkan wawasan mengenai berbagai hal yang mendukung usaha Anda bukan lagi hal yang sulit dilakukan dengan adanya teknologi. Ribuan website telah hadir dan dapat diakses untuk menambah ilmu Anda. Begitu juga dalam hal bisnis, Anda kini telah dapat mengakses wawasan mengenai perkembangan bisnis langsung dari pakarnya, melalui DBS Business Class. Berbagi informasi,dan inspirasi bisnis sekaligus berdiskusi jadi lebih mudah dilakukan.



4. Kemampuan untuk bekerja di mana saja, kapan saja

Anak muda dikenal dengan jiwa yang penuh semangat dan masih ingin mencoba banyak hal. Sering kali, kegiatan yang menuntut Anda untuk berada di satu tempat dalam waktu tertentu membatasi mobilitas atau kegiatan lainnya. Berbeda dengan saat memulai bisnis online, waktu luang akan lebih banyak tersedia karena berbagai transaksi dapat dilakukan di mana saja dan tentunya kapan saja.

Jika pengalaman seru di alam menjadi hobi Anda, maka hal tersebut masih dapat dilakukan. Sebab, Anda yang akan menentukan waktu dan tempat kerja sendiri. Terdengar menyenangkan, bukan?



5. Tidak membatasi kreativitas

Pada dasarnya, kelebihan ini dimiliki oleh hampir sebagian besar yang memulai bisnis online, maupun yang offline. Membuat berbagai inovasi dan strategi bisnis yang jelas akan menggerakkan seluruh kreativitas Anda untuk mendukung berjalannya bisnis online yang dimulai. Hal yang menyenangkan adalah tidak adanya aturan-aturan ketat yang akan membayangi langkah Anda dalam berinovasi. Secara tanpa batas, kini kreasi dapat diciptakan dari tangan Anda.

Jadi, tunggu apa lagi? Gerakkan semangat Anda untuk memulai bisnis online dari sekarang agar masa depan yang baik dapat tercipta.
 

Live Smart

Ketahui 4 hal Ini Dalam Mempersiapkan Tabungan Pendidikan

Ketahui 4 hal Ini Dalam Mempersiapkan Tabungan Pendidikan

Baca Selengkapnya

Live Awesome

4 Kuliner Jepang Yang Wajib Dicoba
4 Kuliner Jepang Yang Wajib DicobaBaca Selengkapnya

Live Kind

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Baca Selengkapnya

Live Well

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Baca Selengkapnya

Twitter Feed