Kenali 4 Social Enterprise Indonesia yang Menginspirasi

Anda pastinya memiliki misi sosial yang terpendam dalam diri. Jika hal-hal yang berbau sosial dianggap hanya perihal menyumbang, kini dengan berbisnis wirausaha sosial, Anda bukan hanya bisa mewujudkan perubahan positif bagi lingkungan sekitar anda, melainkan mendapatkan keuntungan yang tinggi pula. Awareness mengenai Social enterprise Indonesia kini memang sudah mulai terpupuk dari beberapa tahun belakangan. Banyaknya inovasi bisnis yang muncul disebabkan oleh permasalahan sosial membuktikan bahwa eksistensi social enterprise Indonesia cukup relevan untuk memenuhi kebutuhan sosial dan lingkungan. Berikut merupakan beberapa contoh Social Enterprise Indonesia yang sangat inspiratif. Beberapa di antaranya bahkan sampai dikenal sampai luar negeri.
 
  1. Smart Farmer Kids In Action & AgroEdu Jampang Community
Tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia, selain terkenal akan kemaritimannya, bidang agrikulturnya pun sangat patut diperhatikan. Kekayaan alam yang dimiliki Indonesia sangat banyak, pemberdayaan alamnya pun semakin beragam. Kesadaran akan pendidikan pertanian sudah semestinya kita rasakan karena kita hidup di tengah-tengah berlimpahnya sumber daya alam. Smart Farmer Kids In Action & AgroEdu Jampang yang diprakarsai Heni Sri Sundan ini, merupakan social Enterprise Indonesia yang concern terhadap pendidikan pertanian di Indonesia. Demi menjawab kebutuhan dari sektor edukatif beserta masa depan pertanian di Indonesia, penyediaan edukasi dalam kemasan wisata edukatif diusung oleh salah satu social enterprise Indonesia ini dengan pengalaman seru beserta biaya murah yang pastinya bisa dinikmati berbagai kalangan masyarakat.

 
  1. WeCare.id
“Setiap orang berhak atas layanan kesehatan.” Begitulah motto dari salah satu social enterprise Indonesia yang satu ini. Para muda-mudi yang tergerak untuk mengurangi keprihatinan dalam penanganan kesehatan bagi masyarakat tidak mampu, melahirkan sebuah upaya untuk menjadikan akses layanan kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat bisa tercapai. Melalui situs yang mereka punya, WeCare.Id mengumpulkan dana bagi pasien-pasien di daerah terpencil yang membutuhkan akses pelayanan kesehatan yang memadai. Social enterprise satu ini, memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai tonggak untuk membenahi isu sosial yang ada. Melalui situs ini para calon donatur pun bisa melihat daftar dan informasi pasien yang membutuhkan donasi. Sistem pembagian yang diutarakan secara jelas dan transparan menjadi salah satu hal yang menarik dari social enterprise Indonesia yang didirikan anak-anak bangsa ini.



  1. Du’Anyam - Empowering Women through Social Enterprise
Di zaman yang serba maju ini, kesenjangan sosial bukan hanya dialami si kaya dan si miskin, namun terhadap isu gender yang sangat santer. Sering kita dengar bahwa perempuan tidak cukup menerima perhatian dari segi ekonomi bahkan sampai kesehatan. Berbeda dengan Social enterprise Indonesia sebelumnya yang mengusung pendidikan dan penggalangan dana bagi kesehatan. Walaupun serupa, Du’Anyam memiliki produk hasil karya para perempuan di Larantuka, Nusa Tenggara Timur. Kepedulian terhadap angka kelahiran di Indonesia yang tidak seimbang dengan perkembangannya menjadikan Du’Anyam tergerak untuk memajukan social enterprise di Indonesia. Tidak hanya memajukan taraf hidup perempuan dengan membuka lapangan pekerjaan, Du’Anyam bahkan melestarikan kekayaan tradisi yang Indonesia miliki.



  1. BMT Beringharjo
“Menolong si miskin dengan melalui sedekah itu mudah, tapi untuk memberdayakan mereka, maka kita harus mau berlelah diri melakukan pendampingan” - Mursida Rambe
 
Bermula dari pelatihan oleh Dompet Dhuafa, Mursida mempelajari sistem kelembagaan yang berdasar pada syariah islam atau bisa disebut BMT. Beberapa alasan mendasari keinginan social enterprise Indonesia yang satu ini untuk mewujudkannya menjadi sebuah usaha. Melihat peluang ekonomi yang cukup dari Pasar Beringharjo yang bisa dibilang cukup besar, serta budaya meminjam uang pada rentenir yang dilakukan oleh kebanyakan pedagang, membuat Mursida tergerak untuk membuat alternatif yang tidak memberatkan si pedagang.

 
Begitu banyak kisah inspiratif dari para social enterprise Indonesia yang mungkin belum kita ketahui. Apakah Anda tertarik untuk memiliki kisah membanggakan layaknya wirausahawan-wirausahawan sosial di atas? Mewujudkan kebaikan bagi dunia kini bukanlah hal yang mustahil diraih melalui bisnis. Dengan berwirausaha sosial, kepentingan ekonomis beserta sosial bisa berjalan secara berdampingan. Ketahui lebih banyak tentang Social Enterprise dengan mengunduh e-book “Berani Menjadi Wirausaha Sosial?” di go.dbs.com/1WtdAd3

 

Live Smart

 Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Baca Selengkapnya

Live Awesome

4 Kuliner Jepang Yang Wajib Dicoba
4 Kuliner Jepang Yang Wajib DicobaBaca Selengkapnya

Live Well

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Baca Selengkapnya

Live Kind

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Baca Selengkapnya

Twitter Feed