Tiket Anda
Not Interested

Ingin Bisnis yang Menjanjikan dengan Waktu Fleksibel? Cobain Bisnis Online Yuk!

27 September 2018
#LiveSmart

Saat ini kita sangat dimudahkan dengan adanya internet. Kalau kamu ingin memiliki bisnis yang menjanjikan yang bisa dilakukan dari rumah, coba maksimalkan bisnis online. Bisnis online juga dapat menjadi salah satu bisnis pemula untuk anak muda. Bagaimana tidak? Kaum millennials saat ini sangat tidak terpisahkan dengan koneksi internet dan media sosial mereka. Bisnis online saat ini sudah menjadi jenis bisnis yang menjanjikan di masa depan.

Kemacetan kota besar dan kemudahan yang didapatkan umumnya membuat orang senang berbelanja secara online, hal ini tentu akan menjadi celah bisnis yang menjanjikan untuk kamu yang pintar memanfaatkan peluang. Apabila kamu sedang ingin memulai berbisnis online, perhatikan dulu beberapa hal berikut ini!

Apa saja yang bisa membantu kamu memaksimalkan bisnis online?

Tips memaksimalkan bisnis online:

1. Pilih produk yang akan dijual

Putuskan dulu produk apa yang ingin kamu jual. Bisa berdasarkan minat kesukaan kamu, tapi perhatikan juga bagaimana pasarnya. Bisnis yang menjanjikan itu berarti memiliki target pasar yang cukup besar.

Coba pikirkan produk apa yang kira-kira dapat bisnis yang menjanjikan dengan modal kecil? Pakaian, buku, makanan, atau barang-barang yang sedang tren. Pikirkan kemudahan perputaran barangnya dan juga pengiriman barangnya, jangan sampai menyulitkan kamu nantinya.

2. Pilih Sistem Bisnis

Tentukan sistem bisnis yang kamu pilih. Mana sistem bisnis yang menjanjikan bagi kamu, dropship atau reseller? Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Apabila kamu ingin sistem bisnis yang menjanjikan dengan modal kecil atau bahkan bisnis tanpa modal? Kamu bisa memilih sistem dropship. Sistem ini juga dapat menjadi sistem bisnis yang menjanjikan bagi pemula.

Apabila kamu memilih sistem reseller, paling tidak kamu harus memiliki modal awal terlebih dahulu untuk menyetok barang. Cek dengan suplier kamu, apakah sistemnya merupakan beli putus atau konsinyasi. Sistem mana yang kamu pilih nantinya, pastikan produk yang kamu pilih akan menjadi bisnis yang menjanjikan di masa depan karena pasarnya ada terus.

3. Pilih Platform Berbisnis

Namanya juga usaha online, pilihan platform akan menjadi sangat penting. Buat website sendiri atau kamu bisa memanfaatkan berbagai macam market place yang sudah ada sebagai platform berbisnis kamu. Market place ini bisa menjadi teman dalam bisnis pemula untuk anak muda lho. Selain pembuatannya gratis, beberapa market place juga memiliki komunitas seller yang cukup kuat dan juga memberikan pelatihan bagi penjual yang menggunakan platform market place mereka.

4. Maksimalkan Media Sosial

Kaum Millennials tidak terpisahkan dengan media sosial. Manfaatkan semua kanal media sosial dan maksimalkan penggunaannya untuk promosi produk kamu. Maksimalkan mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, sampai ke chatting platform seperti Line atau WhatsApp. Bisnis yang menjanjikan juga memerlukan promosi yang baik. Tentukan konten dan frekuensi kamu posting di media sosial, semakin sering tentunya semakin baik. Kamu bisa sering membuat kuis untuk mendapatkan engagement dan menambah followers akun media sosial kamu.

5. Jaga Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen

Pembeli adalah raja. Sering dengar pepatah ini dong ya? Walaupun demikian, kamu bisa membuat peraturan untuk memudahkan hidup kamu misalnya dengan memberikan keterangan jam operasional toko. Walaupun tokonya online, kamu tetap harus memiliki jam kerja yang teratur. Ini agar kamu tidak keteteran sendiri. Dengan peraturan yang kamu buat, konsumen akan melihat sendiri jam berapa kamu akan memberikan respon cepat dan jam berapa kemungkinan mereka tidak akan mendapatkan respon karena jam operasional toko sudah berakhir.

Menjaga kepuasan dan kepercayaan konsumen merupakan hal yang sangat penting dalam berbisnis. Bisnis yang menjanjikan seperti apapun apabila konsumen kecewa terhadap pelayanan kamu, rasanya mereka akan dengan mudah beralih ke kompetitor yang juga menjual produk sejenis.

Beberapa tips di atas dapat kamu coba ketika kamu memulai bisnis online. Saat ini bisnis online masih menjadi bisnis yang menjanjikan karena kemudahannya. Tanpa harus datang ke toko, konsumen tinggal melihat-lihat saja etalase toko kamu secara online. Tinggal pilih, bayar, lalu menunggu barangnya sampai ke tangan mereka. Ketika memulai usaha, sebaiknya pisahkan rekening pribadi dan rekening usaha agar memudahkan perhitungan arus kas keuangan kamu nantinya ya!