Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveSmarter

Kenalan sama Ecobrick! Inovasi Bata Ramah Lingkungan dari Limbah Plastik

By Admin, 29 November 2022 #LiveSmarter

DBS Live More Society - Kenalan sama Ecobrick! Inovasi Bata Ramah Lingkungan dari Limbah Plastik

Limbah plastik emang selalu jadi persoalan yang nggak ada habisnya. Nah, sekarang ada salah satu cara buat mengolah limbah plastik, namanya Ecobrick!-

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa jumlah sampah plastik di Indonesia bisa mencapai 64 juta ton per tahun, dan 3,2 juta ton di antaranya terbuang ke laut. Ini diakibatkan karena penggunaan plastik sekali pakai yang boros. Apakah kamu salah satunya?

Banyak cara dilakukan biar mengurangi sampah plastik, salah satunya kampanye 3R (reduce, reuse, recycle), dan berbagai aksi pembersihan lingkungan. Kamu tau nggak sih, ada cara lain yang inovatif dan ampuh mengurangi sampah plastik, yaitu Ecobrick. Penasaran dan pengen tahu cara buat Ecobrick? Baca artikel ini ya sampai selesai ya!

Ecobrick Itu Apa, Sih?

DBS Live More Society

Ecobrick adalah penggabungan dari kata “Eco” dan “Brick” yang artinya batu bata ramah lingkungan. Ecobrick awalnya dipopulerkan sama  Russell Maier, seniman dari Kanada yang peduli banget sama lingkungan. Awalnya Russell ngasih nama inovasinya ini dengan sebutan Bottle Brick atau ecoladrillo, lalu karena makin terkenal maka dipersingkat jadi Ecobrick. Berbeda dengan bata pada umumnya, Ecobrick terbuat dari sampah botol plastik yang isinya sisa-sisa sampah plastik yang udah nggak terpakai.

Nah, dengan Ecobrick ini, sampah-sampah plastik bisa disimpan dengan baik di dalam botol dan dimanfaatkan untuk hal berguna lainnya. ketimbang harus dibakar karena asap pembakarannya yang bahaya buat lingkungan sekitar.

Ini lho, Manfaatnya Ecobrick!

DBS Live More Society

#1 Solusi terbaik daripada harus membakar sampah
Membakar atau menimbun sisa-sisa plastik yang berpotensi menjadi faktor pencemaran alam yang tentunya melepas zat-zat berbahaya bagi sekitar. Untuk itu, lebih baik sampah disimpan di dalam botol dengan membuat Ecobrick.

#2 Jadi material untuk perabotan dan bangunan
Salah satu manfaat Ecobrick bisa menjadi material dasar bahan bangunan. Mulai dari pembuatan furnitur, perabotan indoor, hingga dinding rumah. Meski bentuknya yang sederhana, Ecobrick teruji ampuh jadi material substitusi bangunan seperti batu bata merah atau batako.

#3 Bisa cuan dari jualan Ecobrick
Dari sisi ekonomi, kamu bisa menghemat biaya produksi bangunan dari batako dan bata merah. Selain itu, kamu juga bisa menjualnya di platform online lho! Saat ini banyak juga yang mencari Ecobrick instan dari platform online.

Ini Cara Bikin Ecobrick!

DBS Live More Society

Inovasi pengelolaan limbah plastik ini bisa kamu buat sendiri dengan mudah dan gak memakan biaya sama sekali, lho!

Alat dan bahan yang kamu perlukan:

  1. Botol plastik 500 ml untuk wadahnya
  2. Sampah plastik yang sudah kamu kumpulin
  3. Tongkat / sendok / alat sejenisnya untuk memadatkan

Langkah membuat Ecobrick:

  1. Cuci dan sterilkan semua elemen plastik dan perlengkapan menggunakan sabun anti bakteri biar menghilangkan semua bakteri yang ada.
  2. Keringkan semuanya menggunakan lap bersih
  3. Masukkan sampah plastik yang kamu kumpulin tadi ke dalam botol yang sudah dicuci.
  4. Padatkan sampah plastik menggunakan ujung bawah sendok ke seluruh ruangan botol. Jangan sampai kempes atau mengeluarkan bunyi jika ditekan dari luar.
  5. Tutup botol tersebut dan selesai deh, satu buah ecobrick pun udah jadi!

Gimana, tertarik nggak nih bikin Ecobrick sendiri? Selain membuat Ecobrick yang mudah dan murah, kamu juga bisa kok berkontribusi lebih terhadap lingkungan dengan gerakan #MakanTanpaSisa. Gerakan #MakanTanpaSisa ini bertujuan menjaga lingkungan dari limbah dapur dengan dimulai dari menghabiskan makananmu tanpa sisa. Yuk, ikut gerakan makan tanpa sisa, dengan klik link ini!-

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more