Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society
DBS Live More Society
#LiveSmarter

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

By Admin, 3 Februari 2020 #LiveSmarter

DTahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Kamu enggak harus bikin CV berlembar-lembar agar terlihat profesional atau ‘berbobot’, justru model seperti ini cenderung diabaikan para perekrut. Lalu, bagaimana cara membuat CV yang baik agar dilirik? Baca di bawah ini.

1. Tulis nama, alamat, nomor telepon, dan email di posisi atas atau CV Header

Kamu wajib memasukkan informasi pribadi dalam CV. Tidak harus panjang atau detail namun lengkap. Letakkan informasi ini di bagian atas karena ini yang biasanya langsung dilihat pertama kali oleh perekrut.

Perhatikan juga penggunaan ukuran font pada nama. Biasanya, font nama harus lebih besar dari teks lain. Urutannya adalah sebagai berikut: nama, alamat, nomor telepon, email.

2. Masukkan CV Objective atau CV Summary di bawah informasi pribadi

Biasanya CV Summary berisi tentang perjalanan karier atau job desc apa saja yang sudah kamu lakukan selama ini. Namun, kalau kamu adalah pemula alias fresh graduate, ringkasan ini bisa diganti dengan perjalanan pendidikan.

Kamu bisa menulis tentang jurusan yang diambil, berapa lama pendidikan tersebut ditempuh, lalu apa saja yang kamu dapat selama kuliah. Tuliskan secara singkat dalam satu paragraf atau sebanyak tiga baris.

-

3. Cantumkan pengalaman kerja yang terkait dengan pendidikan atau posisi lamaran

Perekrut akan selalu melihat pengalaman kerja sebagai pertimbangan untuk memanggil kamu. Bagi yang baru lulus, kamu bisa masukkan pengalaman magang atau pekerjaan lain yang masih ada hubungannya dengan pendidikan atau posisi yang hendak dilamar.

Dalam penulisan, posisikan pekerjaan terakhir di urutan pertama. Tulis juga tanggung jawab yang kamu pegang selama menjalani pekerjaan tersebut.

4. Masukkan data pendidikan dan tempatkan di bawah kolom pengalaman kerja

Cukup tuliskan hal-hal yang penting, seperti nama universitas, lamanya menempuh pendidikan, jurusan yang diambil, serta Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).

5. Sertakan kemampuan yang dikuasai

Sebaiknya, masukkan skill yang relevan dengan pekerjaan yang ingin didapatkan. Kalau kamu melamar sebagai Graphic Designer, cantumkan bahwa kamu pandai mengoperasikan program Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator. Hindari memasukkan skill yang memang dikuasai semua orang seperti penggunaan Ms. Word.

6. Jika perlu, tambahkan informasi seputar minat, prestasi, dan pengalaman organisasi

Meski enggak wajib, sah-sah saja kalau kamu ingin menambahkan informasi ini. Nyatanya, ada beberapa perekrut yang memerhatikan poin ini. Bisa saja kamu dapat nilai plus di mata mereka.

Nah, itu tadi cara membuat CV yang baik dan menarik agar dilirik perekrut. Semoga di awal tahun baru, ada semakin banyak kesempatan baru yang bisa kamu dapatkan. Selamat berjuang!

-

DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more