Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveSmarter

6 Cara Jenius Memanfaatkan Kulit Jeruk

By Admin, 9 Mei 2022 #LiveSmarter

DBS Live More Society - 6 Cara Jenius Memanfaatkan Kulit Jeruk

Kalau sebelumnya cuma memakan buahnya, mulai hari ini kita olah kulit jeruk, yuk.-

Percayalah, kulit jeruk bukan penghuni tempat sampah. Walaupun rasanya agak pahit, tetapi kulit buah ini memiliki aroma yang menyegarkan dan ada banyak alasan lain untuk berhenti membuangnya. Terutama untuk kamu yang gemar mengonsumsi buah jeruk.

Memang jeruk sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin, setiap hari. Karena jeruk mengandung banyak nutrisi yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Menurut salah satu riset dari Cochrane Library, jeruk mengandung vitamin C dan antioksidan yang bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap virus maupun kuman yang menyebabkan pilek dan flu. Pas banget jadi asupan kita sehari-hari di masa pandemi seperti saat ini. Kebaikan lainnya dari jeruk adalah kaya serat sehingga baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan serta memiliki kandungan kalium dan folat yang baik untuk jantung.

Apakah kamu baru saja melahap jeruk dan akan membuang kulitnya ke tempat sampah? Stop, Bestie! Simpan kulit jerukmu, dan mari kita olah menjadi sesuatu yang berguna dengan 6 cara jenius ini.

Baca Juga: Mengurangi Sampah Makanan dengan 10 Resep Lezat Ini!

#1 Pembersih ramah lingkungan
DBS Live More Society
Baru tahu, ya, kalau kulit jeruk dapat digunakan untuk membuat pembersih DIY (do it yourself) yang segar dan tidak beracun? Kamu enggak salah baca, eco-friendly cleaning spray dari kulit jeruk ini dapat kita gunakan untuk bebersih barang di rumah. Bisa menjadi cairan disinfeksi, mengusir aroma tidak sedap di rumah, dan mengurangi jamur pada barang. Kulit jeruk juga memiliki konsentrasi minyak limonene yang sangat bagus untuk menghilangkan lemak dan merawat permukaan kayu .Bonusnya, menghemat uang kita karena enggak perlu lagi membeli produk pembersih.

DBS Live More Society

Cara membuat
- Simpan kulit jeruk ke dalam toples kaca.
- Isi toples dengan cuka putih (white vinegar) dan biarkan selama dua minggu.
- Letakkan di atas meja sehingga bisa jadi hiasan ruangan juga. Setelah dua minggu saring cairannya. Masukkan sisa kulit jeruk ke dalam komposter untuk diolah menjadi pupuk.
- Campur air dengan cuka, perbandingannya 2:1.
- Tuangkan ke dalam botol semprot untuk membersihkan permukaan secara alami. Pembersih DIY siap digunakan, deh.

#2 Pengusir bau tak sedap di kulkas
DBS Live More Society
Tak perlu khawatir kalau kulkas berbau tidak sedap, atasi dengan menggunakan kulit jeruk. Meg Roberts, pimpinan layanan kebersihan Molly Maid, menyarankan untuk mencampur kulit jeruk dengan garam dalam sebuah wadah, lalu letakkan di kulkas. “Garam akan menyerap bau dan kelembapan udara di dalam lemari es, sedangkan kulit buah akan menyebarkan aroma jeruknya,” katanya. Setelah garam menjadi cair, keluarkan kulitnya dan ganti dengan yang baru sesuai kebutuhan.

#3 Diolah menjadi permen
DBS Live More Society
Ternyata kulit jeruk yang rasanya sedikit pahit itu, bisa diolah jadi makanan dan minuman, Guys. Salah satunya diolah menjadi manisan kulit jeruk alias permen. Untuk mengolahnya menjadi permen, kita cukup merebus kulit jeruk yang sudah dicuci bersih dengan air, hingga mendidih, sekitar 15 menit. Aduk terus agar tidak ada bagian yang hangus. Setelah mendidih, kecilkan api kompor, masak hingga kulit jeruk menjadi lembut.

Selanjutnya, saring air lalu campurkan gula pada air rebusan tersebut dan keringkan. Bila sudah kering, balur kulit jeruk ke atas gula pasir, lalu pindahkan ke atas lembaran alumunium foil. Diamkan sampai kering. Kemudian, simpan di wadah tertutup. Kalau ingin manisan bertahan lama, kamu bisa menyimpannya di freezer.

#4 Lilin sekaligus pengharum ruangan
DBS Live More Society
Potong kulit jeruk dengan bentuk seperti mangkuk, dan biarkan bagian tengahnya yang menyerupai batang kecil. Isi cangkir dengan minyak zaitun tepat di bawah batang, nyalakan, dan nikmati aroma yang luar biasa. Lilin homemade ini bisa digunakan dalam waktu 1-2 jam.

#5 Campuran teh
DBS Live More Society
Jika kamu menyukai teh herbal, kamu bisa membuat campuran teh sendiri menggunakan kulit jeruk kering. Sebelum membuatnya sebagai campuran teh, jangan lupa untuk mencuci bersih kulit jeruk, lalu keringkan. Bisa dengan mengeringkannya di oven atau dijemur di bawah sinar matahari. Potong-potong menjadi ukuran kecil, lalu campurkan dengan air mendidih berisi herbal, bunga, dan bahkan teh hitam untuk kombinasi rasa yang nikmat. Kulit jeruk kering memiliki sifat anti-inflamasi, yang memberikan kebaikan untuk tubuh kita. Jadi, enggak cuma nikmat, tapi juga bikin sehat.

#6 Selai jeruk
DBS Live More Society
Menu sarapan kita akan lebih istimewa dengan roti berisi selai buatan sendiri. Pakai kulit jeruk yang biasanya dianggap sebagai sampah makanan pula. Caranya gampang, kok.

Bahan-bahan (untuk dua toples)

  • 500 gr daging buah jeruk, sekitar 4 buah
  • 100 gr daging buah lemon, sekitar 1 buah
  • 450 gr gula pasir
  • 80 gr kulit jeruk

Cara membuat
- Cuci kulit jeruk, lalu hilangkan bagian putihnya. Potong menjadi bentuk memanjang seperti korek api/tusuk gigi.
- Ambil buah jeruk dan lemon, buang biji dan seratnya yang berwarna putih. Lalu, masukkan ke dalam panci, tambahkan gula pasir.
- Masak dengan api kecil, aduk perlahan, hingga mendidih.
- Di panci berbeda, rebus kulit jeruk dalam panci berisi air selama 5 menit.
- Saring, dan tambahkan kuit ke dalam selai sambil terus diaduk.
- Lanjutkan memasak selama sekitar 15 menit.
- Haluskan campuran di dalam panci tersebut menggunakan hand blender.
- Saat sudah cukup mengental dan campuran menjadi lembut, matikan api.
- Tuang selai yang mendidih ke dalam toples kaca yang sudah disterilkan sebelumnya.
- Tutup toples dengan tutupnya dan segera balikkan. Biarkan toples terbalik hingga benar-benar dingin. Selai siap digunakan.

Kalau kita sudah memanfaatkan kulit jeruk, artinya kita berhasil makan tanpa sisa. Limbah dapur kita jadi berkurang, gaya hidup ramah lingkungan juga mampu kita lakukan selangkah demi selangkah. Nah, digibank siap mendukung lifestyle kita sehari-hari dengan berbagai kemudahan, dan tentunya ada beragam penawaran menarik dong. Terdapat ribuan promo yang bisa kita dapatkan menggunakan kartu DBS. Mulai dari hemat ratusan ribu di toko swalayan, voucher gratis, sampai bonus produk. Cek detailnya di sini, ya!-

DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more