Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LivemoreKind

Mengurangi Sampah Makanan dengan 10 Resep Lezat Ini!

 

By Admin, 21 Februari 2022 #LivemoreKind

DBS Live More Society

Sisa makanan tidak pernah senikmat ini.

Limbah pangan adalah masalah besar di planet kita ini dan telah menjadi isu di berbagai belahan dunia, begitu juga di Indonesia. Menurut laporan Food Sustainable Index (2018) yang diterbitkan oleh The Economist Intellegent Unit bersama Barilla Center For Food and Nutrition Foundation, dijelaskan, bahwa rata-rata setiap penduduk Indonesia membuang sekitar 300 kg makanan per tahun.

Mendengar angkanya saja sudah membuat kita bergidik, ya. Dan, ini sudah tidak bisa dibiarkan lagi. Setidaknya kita perlu melakukan langkah kecil, dimulai dari sendiri, di rumah kita sendiri. Kabar baiknya, ada cara menyenangkan yang bisa kita lakukan untuk menuju nol sampah makanan. Cara yang bukan cuma bisa bikin bumi lebih baik, tapi juga dapat menghemat pengeluaran kita. Mari mencoba beberapa resep tanpa limbah ini untuk menggunakan bahan-bahan yang mungkin dianggap sampah. Ini lebih mudah dari yang kita pikirkan! 

#1 Kaldu jagung
DBS Live More Society
Jangan membuang bonggol jagung setelah menyisir biji jagungnya, tapi gunakan untuk membuat kaldu jagung yang manis dan lezat. Ini semudah memasukkan bonggolnya ke dalam panci berisi air dengan beberapa bahan dasar lainnya, biarkan hingga mendidih. Kita akan mendapatkan kaldu sayuran yang kaya yang dapat digunakan untuk sup krim, atau sebagai kaldu untuk memasak nasi dan sayuran berkuah lainnya.

#2 Vegan banana muffins
DBS Live More Society
Pisang yang terlalu matang menghitam di meja dapur? Gunakan mereka untuk membuat muffin pisang vegan yang paling nikmat. Resep ini cukup mudah untuk dilakukan oleh pemula di dapur. Jangan ragu untuk mengubah muffin sesuai selera dengan keping cokelat vegan, kacang cincang, atau buah kering.

Baca Juga: Jangan Dibuang, 6 Sisa Makanan Ini Bisa Diolah Lagi

#3 Nasi goreng pelangi
DBS Live More Society
Hidangan ini pada dasarnya menggunakan apa pun yang tersisa di lemari es. Kita bisa menggunakan sisa ayam dari masakan kemarin, daging giling, tahu, wortel, buncis, sawi, dan sambal sisa. Dalam wajan besar, tumis sayuran bersama sambal, irisan bawang putih dan merah, dan telur. Tambahkan suwiran ayam atau ikan atau potongan daging, nasi, lada serta garam sesuai selera, dan makan malam siap disajikan!

#4 Lumpia
Punya ayam goreng sisa atau semur daging yang tak habis-habis? Sulap saja menjadi lumpia yang enak ini. Yang kita butuhkan hanyalah sebungkus kulit lumpia atau kulit pangsit untuk diisi dengan daging yang dimasak, sisa mie, dan sayuran. Goreng, deh! Camilan untuk Netflix-an malam ini sudah tersedia.

#5 Martabak pasta
Terkadang kita membuat mie goreng atau spaghetti carbonara dalam porsi yang terlalu banyak, dan tersisa, deh. Mau dimakan lagi, tapi bosan. Kenapa tak diolah jadi menu yang berbeda? Berikan telur beberapa buah sampai melapisi semua pasta di dalam mangkuk, tambahkan garam, lada, kaldu bubuk, daun bawang, peterseli, susu cair, atau apa saja yang cocok dimasak bersama pasta dan sesuai selera kita. Letakkan dalam loyang, lalu panggang di oven. Atau, masak saja di pan anti lengket hingga kedua sisi menjadi garing. Dimakan dengan nasi atau dijadikan camilan, sama enaknya.

#6 Kaldu sayuran
DBS Live More Society
Wortel yang tidak lagi renyah, seledri yang lemas dan tomat keriput memenuhi kulkas? Ke dalam panci mereka akan pergi! Kaldu ini bisa menjadi dasar untuk beberapa hidangan, dan seluruhnya dibuat dengan sayuran yang biasanya berakhir di tempat sampah atau diolah jadi kompos. Caranya pun mudah. Masukkan sayuran-sayuran yang sudah dicuci ke dalam panci, tambahkan air, garam serta gula sesuai selera, dan selesai. Bonusnya, kita dapat mendinginkan atau membekukannya untuk digunakan nanti.

#7 Mac and cheese grilled cheese sandwich
DBS Live More Society
Ini adalah comfort food level dewa. Kalau sudah bosan sama mac and cheese atau macaroni schotel, jangan langsung dibuang, mari kita ubah mereka jadi isian sandwich.Langsung saja masukkan mac and cheese ke dalam roti, tambah keju, lalu dipanggang di pan. Hmmm, dijamin sekali gigit bikin bahagia.

#8 Tumis daun hijau
DBS Live More Society
Jika sayur-sayuran berwarna hijau kita mulai layu, seperti sawi, bayam, selada, lettuce, ditumis saja! Masak sedikit minyak wijen, potongan bawang putih, soy sauce, dan irisan cabai (atau sisa sambal ayam goreng), dan mereka siap jadi lauk cepat nan nikmat.

#9 Bread crumbs atau tepung roti/panir
Tumpukan roti tawar yang tidak menarik di atas meja bisa diolah jadi sesuatu yang berguna untuk bahan pangan lainnya. Yup, mari membuat bread crumbs atau tepung roti/panir sendiri. Sobek-sobek roti tawar, masukan ke dalam food processor hingga halus, lalu panggang di oven dengan suhu 180 derajat Celcius selama sekitar 10 menit, dinginkan. Bila sudah dingin, simpan dalam wadah tertutup dan bekukan di kulkas. Gunakan untuk pelapis ikan fillet goreng, risol, ayam.

#10 Chinese stir-fry
DBS Live More Society
Setelah malam sering ada beberapa potong daging/ayam/ikan, sayuran dan, tentu saja, kaldu yang tersisa di panci. Kita dapat menggunakan bahan-bahan ini untuk menumis yang sangat sederhana: dalam wok atau pan, tumis daging dengan bawang bombay, bawang putih, cabai (kalau suka pedas), dan seiris jahe yang digeprek, serta sayuran, lalu tambahkan kaldu dan sajikan di atas nasi atau mie.
Kalau bahan pangan atau makanan sisa sudah kita olah menjadi menu baru, sampah dapur kita pasti berkurang, daaan menghemat pengeluaran. Nah, uang yang berhasil kita simpan ini bisa dialokasikan untuk staycation, deh. Pas banget, digibank by DBS punya promo menarik, yaitu hemat hingga 25%, untuk kita yang kepingin menginap di The Westin Jakarta. Cari tahu informasi lengkapnya di sini.-

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more