Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveAwesome

Jangan Dibuang, 6 Sisa Makanan Ini Bisa Diolah Lagi

By Admin, 18 Januari 2022 #LiveAwesome

DBS Live More Society

Limbah makanan adalah masalah besar di dunia. Untuk menguranginya, ini dia 6 sisa makanan yang kalau diolah lagi bisa bikin perut dan bumi bahagia.-

Pernah dengar nggak kalau sampah makanan merupakan jenis sampah terbanyak yang timbul? Data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 2020 menyebutkan, jumlahnya sampai 39,8 persen dari seluruh jenis sampah yang dihasilkan oleh masyarakat Indonesia. Padahal, sekitar 8,34 persen penduduk Indonesia masih mengalami kekurangan pangan. Ironis ya?

Makanan sisa sebetulnya dapat kita olah menjadi menu lain, lho. Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar kalau beberapa restoran atau UMKM di Indonesia telah memanfaatkan dan mengolah kembali sisik ikan dan nasi kering menjadi kerupuk yang lezat. Ini waktunya kita meniru kebiasaan baik tersebut agar makanan sisa tidak terbuang sia-sia. Jadi, kita bisa menghemat uang, sampah makanan berkurang, dan perut pun kenyang. Butuh ide pilihan makanan sisa yang bisa diolah lagi dan cara membuatnya? Baca terus artikel ini sampai habis!

Baca Juga: Makan Telur Tanpa Sisa Dengan Memanfaatkan Kulitnya!

1. Nasi putih
DBS Live More Society
Nasi merupakan salah satu makanan pokok di beberapa negara, Indonesia dan Malaysia contohnya. Mungkin kita pernah mengalami kondisi di mana nasi putih di meja makan tersisa banyak, sementara kalau dibiarkan saja akan basi dan kemudian berakhir di tempat sampah. Stop lakukan ini. Ada begitu banyak cara mengolah sisa nasi putih, mulai dari yang mudah sampai lumayan susah. Yang termudah tentu mengolahnya menjadi nasi goreng. Tinggal tambah potongan bawang, cabai, telur, dan atau sisa makanan lainnya di kulkas, lalu dimasak memakai minyak goreng, jadi deh menu baru. Sisa nasi putih bisa juga diolah kembali menjadi cireng, rengginang, nugget, sampai puding. Buruan googling resepnya, deh. Banyak banget pilihannya. 

2. Buah yang terlalu matang
DBS Live More Society
Rasanya tidak ada yang menyaingi kenikmatan memakan buah-buahan segar. Itulah mengapa buah yang kelewat matang, seringkali dianggap ‘sampah’ oleh banyak orang. Padahal ada begitu banyak cara brilian untuk mengolah kembali buah yang terlalu matang menjadi sajian yang nikmat. Misalnya, di-blender menjadi smoothie, diolah jadi es loli (popsicle), buat bahan bikin kue, jadi saus rendaman untuk ayam, dibuat selai, dan topping untuk yogurt. Terdengar enak, ya?!

3. Tulang ayam/sapi/ikan
DBS Live More Society
Untuk pecinta daging, simpan tulangnya setelah selesai memasak dagingnya. Masukkan ke dalam slow cooker, tutup dengan air dan masak dengan api kecil selama beberapa jam untuk membuat kaldu tulang yang benar-benar enak. Tambahkan sedikit garam, gula, dan lada sesuai selera. Kalau sudah dingin, masukkan ke dalam botol bersih dan simpan di kulkas. Cara menyimpan lainnya adalah dengan mencetaknya pada cetakan es batu yang tertutup, simpan di freezer , deh. Kalau tulang sapi atau ayam tersebut sangat lunak dan bisa dihaluskan, blender tulang dengan sedikit kaldu sampai benar-benar halus, lalu sajikan ini sebagai camilan mahluk berbulu dan berkaki empat di rumah kita.

4. Roti tawar
DBS Live More Society
Berikan kehidupan baru untuk sisa roti tawar yang sudah sedikit ‘basi’ dengan mengolahnya menjadi makanan yang nikmat. Semua juru masak yang baik tahu bahwa terkadang roti basi lebih baik daripada roti segar. Ya, irisan terakhir yang dikeringkan sangat ideal untuk menyerap saus yang kaya, menambahkan kerenyahan pada casserole, dan memberi tekstur pada kuah semur atau stew yang hangat.

Cara termudah untuk menjauhkan roti lama dari tempat sampah adalah dengan mengubahnya menjadi crouton yang renyah. Di dalam oven, roti tawar sisa menjadi kubus emas yang renyah. Untuk menyimpan, cukup masukkan ke dalam freezer di mana mereka akan tetap baik sampai dibutuhkan. Taburkan di atas salad, taburkan di atas sup, atau simpan saja sebagai camilan cepat dan mudah.

Ide lainnya, olah saja menjadi puding roti, salah satu comfort food terbaiq dalam hidup. Saat dipanggang, roti menyerap puding yang kaya sampai manis dan lengket. Sajikan dengan saus gula merah kayu manis hangat, es krim, atau keduanya.

5. Sambal
DBS Live More Society
Sudah bukan rahasia lagi kalau penduduk Asia, terutama Indonesia, menggemari sambal. Mau jenis sambal apa juga kalau dimakan bareng nasi putih hangat plus protein, rasanya luar biasa nikmat. Meski begitu, usia sambal juga ada batasnya. Daripada dibuang, kenapa tidak diolah jadi menu lain? Misalnya, dibikin jadi sambal lado telur, sambal goreng kentang, bumbu nasi/mire/bihun goreng, bumbu dasar sayur bersantan, dicampur ke kocokan telur untuk didadar, bikin nasi gila, dan masih banyak lagi. Cukup satu klik untuk mendapatkan begitu banyak resep olahan sisa sambal.

6. Kulit buah dan sayur
DBS Live More Society
Ketika kita memasak sayur atau memotong buah, sudah pasti ada bagian yang kita sisakan untuk dibuang. Berhenti melakukannya hari ini juga. Kulit sayur dan buah, serta batang sayur itu bisa diolah lagi menjadi sesuatu yang nikmat, lho. Pilihannya banyak pula. Kita bisa memanggang kulit kentang, wortel, dan ketela yang sudah dicuci bersih. Setelah bersih, olesi dengan minyak zaitun dan taburkan garam atau kaldu bubuk sesuai selera, lalu panggang selama sekitar 15 menit.

Kulit jeruk pun bisa dijadikan manisan, kulit semangka dapat diolah menjadi selai, dan batang brokoli yang ditumis cocok jadi menu makan siang hari ini. Oya, untuk kita yang vegetarian, kulit sayuran dan bawang boleh banget dimasak menjadi kaldu sayur. Asalkan kulitnya sudah dicuci dengan bersih, semua sayur bisa kita olah menjadi kaldu. Cara ini juga bisa digunakan ketika ada sayur yang sudah layu.

Kalau sudah selesai mengolah sisa makanan yang ada di rumah dan merasa lelah, butuh hiburan, langsung saja melipir ke bioskop terdekat. Jangan lupa, pesan tiketnya lewat MTIX, ya. Kita bisa mendapat ekstra saldo senilai Rp25.000 kalau bertransaksi di MTIX menggunakan kartu kredit digibank by DBS. Yuk, cari tahu informasi detailnya di sini.-

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more