Siap Ambil Bagian dari Bisnis E-Commerce? Kenali Dulu 5 Bentuknya!

Berkembangnya teknologi telah membuat dunia pemasaran juga semakin berkembang. Sebagai bagian dari aktivitas bisnis e-commerce, jual-beli online pun semakin marak dilakukan. Tak usah keluar rumah dan menghadapi macetnya jalan jika ingin membeli suatu barang. Dengan bermodalkan Internet dan gadget, transaksi jual/beli menjadi sangatlah mudah. Jika Anda tertarik untuk menjajal ladang bisnis online, sebaiknya simak dulu 5 bentuk bisnis e-commerce ini yang ada di Indonesia.

  1. Daftar Iklan Baris/Classified
Bentuk bisnis e-commerce ini adalah salah satu yang paling sederhana. Penyedia jasa daftar iklan baris tidak terlibat secara langsung dalam proses jual beli, melainkan hanya sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Penjual dapat menjual barang kapan saja, dan pelaku bisnis e-commerce akan mendapat keuntungan dari pemasangan iklan pada websitenya. Untuk Anda yang ingin berjualan hanya sesekali, situs iklan baris seperti ini cocok untuk digunakan. Metode transaksi yang paling populer dalam situs ini adalah cash on delivery (COD).



  1. Marketplace C2C
Dalam model bisnis ini, pelaku bisnis e-commerce tidak hanya membantu mempromosikan barang dagangan saja, tapi juga memberikan layanan transaksi keuangan secara online. Layanan escrow atau rekening pihak ketiga biasaya dilakukan untuk menjamin keamanan transaksi. Penjual hanya akan menerima uang pembayaran setelah pembeli menerima barang yang ia beli. Uang akan disimpan di rekening pihak ketiga selama barang belum sampai. Jika transaksi gagal dan terjadi masalah dengan barang, maka uang akan dikembalikan pada pembeli.
Penyedia jasa bisnis e-commerce akan mendapatkan uang dari iklan premium, layanan penjual premium, dan komisi dari setiap transaksi. Situs marketplace seperti ini cocok untuk Anda yang memiliki jumlah stok barang cukup besar. Apakah Anda tertarik?

 
  1. Shopping Mall
Model bisnis e-commerce ini kurang lebih mirip dengan marketplace, namun pihak yang bisa berjualan di e-commerce tersebut haruslah sebuah brand besar dan ternama karena proses verifikasi yang ketat. Pelaku bisnis e-commerce dapat mengambil komisi dari penjual yang adalah brand besar, sehingga keuntungannya pun bisa lebih besar.
 
 
  1. Toko online B2C
Bentuk bisnis ini cukup sederhana, dimana pihak penyedia jasa bisnis e-commerce menjual barang hasil produksinya sendiri secara online. Selain memiliki kebebasan penuh, keuntungan lain dari bisnis ini adalah hasil penjualan produk akan sepenuhnya dimiliki oleh penyedia jasa bisnis e-commerce dan tidak perlu dibagi dengan pihak lain. Namun, untuk menjalani bisnis e-commerce seperti ini dibutuhkan modal dan sumber daya yang besar. Anda harus membeli domain, mengelola website dan barang, serta melakukan transaksi penjualan. Oleh karena itu, penjual toko online harus siap untuk mengelola semua itu sendiri.



  1. Toko Online di Media Sosial
Berjualan di Facebook dan Instagram adalah hal yang sangat umum di Indonesia. Seiring berkembangnya media sosial, para penjual pun berlomba-lomba mempromosikan barang dagangan mereka secara online. Membuat toko online di media sosial sangatlah mudah dan sederhana. Bentuk bisnis ini cocok untuk Anda yang ingin memiliki toko online sendiri tapi tidak ingin repot. Banyaknya konsumen yang bisa dijangkau melalui media sosial juga membuat bisnis e-commerce ini cukup populer di kalangan pebisnis.

 
 
Memulai bisnis online adalah sesuatu yang menyenangkan, namun juga menegangkan bagi Anda yang tidak tahu harus mulai dari mana. Dengan aplikasi DBS Business Class, Anda dapat terhubung dengan lebih dari 15,000 pengusaha dan pakar bisnis. Melalui wawasan yang diperoleh dari DBS Business Class, tren mengenai pilihan bisnis e-commerce akan lebih mudah didapat. Dengan pengetahuan mengenai e-commerce yang lebih dalam, perkembangan bisnis dan keuntungan yang lebih besar bukan tidak mungkin untuk Anda peroleh. Temukan informasi lebih lanjutnya di sini.


 

Live Smart

Ketahui 4 hal Ini Dalam Mempersiapkan Tabungan Pendidikan

Ketahui 4 hal Ini Dalam Mempersiapkan Tabungan Pendidikan

Baca Selengkapnya

Live Awesome

4 Kuliner Jepang Yang Wajib Dicoba
4 Kuliner Jepang Yang Wajib DicobaBaca Selengkapnya

Live Kind

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Baca Selengkapnya

Live Well

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Baca Selengkapnya

Twitter Feed