Ini 3 Cara Motivasi Terbaik Demi Lahirkan Inovasi Bisnis

Ini 3 Cara Motivasi Terbaik Demi Lahirkan Inovasi Bisnis

“Before you are a leader, success is all about growing yourself. When you become a leader, success is all about growing others.” - Jack Welch.

Dalam sebuah perusahaan, para staf bisa kita katakan sebagai aset terbesar. Oleh karena itu, banyak kita temui dalam literatur manapun yang mengatakan bahwa keberhasilan yang dihasilkan oleh para staf adalah awal dari keberhasilan perusahaan. Itu sebabnya, dibutuhkan tim yang terdiri dari para staf inovatif sebagai pondasi kuat untuk menciptakan sebuah inovasi bisnis.

Bagaimana membentuk para staf yang inovatif? Di sinilah peran seorang pemimpin dibutuhkan. Menyambung kutipan dari Jack Welch di atas, ketika menjadi seorang pemimpin wajib bagi Anda untuk merangkul dan membantu perkembangan orang-orang di sekitar Anda. Dua hal tersebut dapat diwujudkan dengan cara memotivasi mereka untuk terus melakukan hal yang terbaik.

Berikut adalah tiga cara motivasi untuk membantu staf Anda terus melahirkan inovasi bisnis.

1. Fleksibilitas - Satu cara untuk membuat mereka lebih fleksibel dalam mengeksplor.

Analoginya, beri mereka alat pancing dan tunjukkan cara alat itu bekerja, maka mereka akan memiliki kesempatan untuk bereksplorasi bagaimana mengumpulkan ikan sebanyak-banyaknya. Dengan keleluasaan yang Anda berikan, para staf akan terpicu untuk melakukan inovasi bisnis dan bahkan melakukan hal yang sebelumnya belum pernah terpikirkan oleh Anda.

Bagi para staf terbaik, sebuah kesempatan untuk berimprovisasi tersebut akan dianggap sebagai sebuah peluang yang berharga bagi mereka untuk berkembang. Mereka adalah para pekerja yang selalu haus akan tantangan untuk melepaskan potensi dan talenta mereka.

2. Transparansi - Staf terbaik akan bekerja keras dan berkomitmen lebih pada perusahaan ketika mengerti apa peran dan tugas mereka.

Adalah sebuah fakta bahwa para staf tidak selalu mengetahui apa yang sebenarnya ada dalam pemikiran pemimpin mereka. Di situlah transparansi dalam lingkungan kerja diperlukan. Mereka akan dengan mudah mengetahui apa esensi dalam visi perusahaan. Lalu kemudian, mereka akan dengan mudah memberikan ide, kontribusi, bahkan inovasi bisnis yang dapat mendukung terwujudnya visi tersebut.

Cara motivasi yang satu ini akan sangat membantu mereka untuk mengerti apa yang sesungguhnya bisa mereka berikan untuk perusahaan. Intinya, sebuah transparansi dapat membuat para staf merasakan sebuah rasa memiliki atau sense of belonging yang kemudian memudahkan mereka untuk lebih leluasa membuat perubahan bagi perusahaan ke arah yang lebih baik.

3. Menangkan hati mereka - Pekerja akan lebih produktif ketika mereka bahagia.

Untuk memberikan motivasi sepenuhnya, pertama-tama seorang pemimpin harus memenangkan hati para stafnya. Tidak dapat dipungkiri, staf yang bahagia akan memberikan aura positif bagi sekitarnya, dan itu akan berdampak pada keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan.

Membuat staf bahagia caranya mudah, cukup berikan ia apresiasi atas kerja kerasnya. Sebuah studi menunjukkan, apresiasi tersebut juga tidak hanya membuat mereka bahagia, tetapi juga bisa menambah kinerja sistem imun yang memberi pengaruh baik pada kesehatan.

Jadi, jangan ragukan kekuatan ucapan “terima kasih” agar para staf merasa dihargai keberadaannya, sehingga mereka akan terus terpicu untuk melahirkan inovasi bisnis dalam pekerjaannya.

Dalam memimpin dan mengembangkan sebuah perusahaan, sangatlah penting untuk terus berkolaborasi menciptakan inovasi bisnis bersama dengan para staf. Karena itulah, peran Anda sebagai pemimpin sangat dibutuhkan untuk terus memotivasi mereka.

Namun, ada kalanya juga Anda akan mengalami kebuntuan dan membutuhkan saran dari orang di luar lingkup perusahaan. Untuk itulah, penting bagi Anda untuk terus melebarkan jaringan bisnis, sehingga saat mengalami hal tersebut Anda akan mudah mendapatkan solusi dari hasil diskusi bersama para pelaku bisnis lainnya.

DBS BusinessClass adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu Anda bertemu dengan para pakar bisnis di Asia hanya dengan beberapa sentuhan tangan. Sudah saatnya perluas jaringan bisnis Anda dan temukan berbagai inspirasi yang mungkin tidak dapat Anda ditemui di tempat lainnya.

 

Live Smart

 Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Baca Selengkapnya

Live Awesome

4 Kuliner Jepang Yang Wajib Dicoba
4 Kuliner Jepang Yang Wajib DicobaBaca Selengkapnya

Live Kind

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Baca Selengkapnya

Live Well

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Baca Selengkapnya