Ketahui 4 Investasi Tepat Ini Untuk Mempersiapkan Dana Pensiun Dini

Ketahui 4 Investasi Tepat Ini Untuk Mempersiapkan Dana Pensiun Dini

Setiap orang yang pernah bekerja pasti akan mengalami masa pensiun. Meskipun demikian, cara yang diambil oleh masing-masing individu berbeda-beda. Sebagian orang memilih untuk pensiun secara natural, namun tak jarang yang memutuskan penisun dini. Tentu, dibutuhkan persiapan yang matang dalam mengambil keputusan untuk pensiun dini. Salah satunya, melalui pemilihan investasi yang tepat dalam mempersiapkan dana pensiun.

Sudah tidak diragukan lagi, pemilihan investasi yang tepat dan aman sesuai dengan kebutuhan dapat memudahkan Anda untuk mulai mempersiapkan dana pensiun. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk memenuhi kehidupan yang pasti di hari emas nanti. Apa saja investasi yang tepat untuk mempersiapkan dana pensiun Anda? Berikut empat inspirasinya.

Reksadana Pasar Uang

1. Reksadana Pasar Uang

Seringkali kita mempermasalahkan tingkat resiko yang terlalu tinggi saat berinvestasi. Apalagi saat menyiapkan dana pensiun, tentu harus berhati-hati dalam menyusun strategi.

Bagi Anda yang cukup konservatif dalam berinvestasi, reksadana pasar uang merupakan pilihan yang tepat untuk menginvestasikan dana pensiun Anda. Alasannya, aplagi kalau bukan tingkat resiko yang paling rendah? Sehingga membuat reksadana ini menjadi salah satu pilihan investasi aman untuk Anda pilih. Menariknya lagi, reksadana pasar uang memiliki deposito berjangka dan obligasi jatuh tempo dengan jangka waktu di bawah satu tahun sehingga cocok untuk tipe investor yang ingin bermain aman.

Anda bisa menginvestasikan dana dengan jumlah kecil terlebih dahulu pada saat memulai reksa dana ini. Dengan waktu investasi yang fleksibel dan tanpa bunga, sudah pasti Anda akan merasakan kenyamanan dalam berinvestasi dengan reksa dana pasar uang.

Jadi, apakah Anda akan segera mencoba?

Reksadana Pendapatan Tetap

2. Reksadana Pendapatan Tetap

Sudah tahukah Anda kelebihan pada reksadana yang satu ini?

Kelebihan pada reksadana ini ada pada penempatan uang investor yang diinvestasikan pada produk investasi berpendapatan tetap. Sehingga Anda tak perlu gundah, karena stabilitas dana akan lebih terjaga. Walaupun pada reksadana ini obligasinya jatuh tempo di atas satu tahun, sistem bunga yang direinvestasikan kembali membuatnya jadi salah satu pilihan investasi dana pensiun yang aman untuk Anda coba.

Untuk memulai reksa dana ini, Anda bisa membelinya melalui agen penjual seperti bank, sekuritas dan media investasi lainnya yang sudah memberikan layanan online sehingga memudahkan investor untuk melakukan pembelian dan penjualan kapanpun. Pilihan mudah yang layak untuk dicoba, bukan?

Deposito Berjangka

3. Deposito Berjangka

Satu lagi instrumen investasi aman dengan resiko rendah untuk menjaga nilai pokok investasi dana pensiun Anda. Ya, deposito berjangka.

Dengan deposito berjangka, nilai pokok dana Anda akan tetap aman saat fluktuasi suku bunga terjadi. Dalam hal ini, aset Anda juga lebih terjamin. Karena pada jenis investasi berbentuk deposito ini uang yang Anda simpan di bank sepenuhnya akan terproteksi oleh pemerintah dari kegagalan pembayaran. Anda juga akan dihadapkan dengan dua pilihan yang cukup fleksibel ketika jangka waktu habis, yaitu Anda dapat menarik uang yang telah didepositokan maupun memperpanjangnya. Cukup aman untuk menginvestasikan dana pensiun bukan?

Asuransi Investasi

Asuransi Investasi

Mau mencoba investasi aman dengan manfaat lebih? Asuransi investasi jawabannya. Walaupun asuransi investasi ini pada dasarnya adalah kombinasi reksadana dan asuransi tradisional, tipe investasi ini dapat menjadi alternatif bagi Anda yang masih ragu dalam menggunakan investasi reksadana untuk dana pensiun. Selain itu, produk ini juga akan memberikan porsi yang lebih tinggi pada investasi dana pensiun, sehingga Anda akan merasakan manfaat yang kurang lebih sama dengan reksadana. 

Tak usah khawatir, Anda akan mendapatkan kemudahan tanpa harus memantau alur investasi. Cukup dengan membayar secara rutin ke perusahaan asuransi yang kemudian akan dialokasikan pada dua instrumen tersebut. Mudah, bukan?

Seperti produk asuransi investasi yang diluncurkan oleh Bank DBS Indonesia dengan Manulife, yaitu Golden Protector. Produk asuransi berbalut investasi ini merupakan pilihan tepat untuk menciptakan masa depan yang memuaskan sambil menikmati hidup Anda. Ditambah lagi, Anda dapat mendapatkan perlindungan jiwa yang lebih pasti.

Tertarik untuk mencoba?

 

Live Smart

 Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Baca Selengkapnya

Live Awesome

4 Kuliner Jepang Yang Wajib Dicoba
4 Kuliner Jepang Yang Wajib DicobaBaca Selengkapnya

Live Kind

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Baca Selengkapnya

Live Well

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Baca Selengkapnya

Twitter Feed