Ini Cara Meningkatkan Produktivitas Hanya dari Genggaman Anda

 

Salah satu susahnya hidup di era digital seperti sekarang ini: Ada saja gangguan muncul saat banyak tugas sehari-hari yang perlu Anda selesaikan; entah dalam bentuk notifikasi di ponsel, atau serbuan rasa penasaran untuk mengecek posting terbaru di media sosial.

Hal-hal kecil, yang kalau dibiarkan, bisa membuat inbox dipenuhi email yang belum sempat terbaca, prioritas berantakan, bahkan parahnya membuat kesabaran Anda menipis, lalu stres!

Memang, semua hal tadi bisa dibilang efek negatif teknologi, dan tidak mungkin kan Anda harus terus-terusan terjebak dalam situasi seperti itu? Karena sebetulnya teknologi bisa jadi 'teman baik' Anda untuk menuntaskan banyak hal, dan membuat Anda lebih produktif dalam kegiatan sehari-hari, asal tahu caranya.

Nah, seperti apa persisnya cara meningkatkan produktivitas kerja dengan bantuan teknologi ini? Mari simak langkah-langkah berikut ini!

Pertama. atur pekerjaan dan kegiatan dengan aplikasi to-do list

Mungkin pernah sekali dua kali terpikir, "Berlebihan tidak ya, kalau saya merasa terlalu banyak pekerjaan dan bisa gila kalau mesti mengerjakan semua?

Sebetulnya, yang membedakan Anda yang kesulitan menata pekerjaan atau kegiatan sehari-hari adalah pengaturan mana yang mesti dikerjakan lebih dulu atau bisa menunggu untuk digarap nanti.

Orang dengan kesibukan super padat tentu tidak terlalu memusingkan soal penataan ini, biasanya mereka punya asisten atau staf ahli yang mengaturnya; memilah kegiatan dan prioritas yang perlu dipikirkan atau dilakukan.

Anda juga bisa punya semacam asisten pribadi yang bisa membantu pemilahan pekerjaan atau kegiatan yang harus dilakukan berdasarkan tenggat waktu dan skala prioritasnya. Salah satunya adalah lewat aplikasi to-do list di ponsel Anda.

Seperti misalnya Google Keep, yang bisa membantu Anda mengatur agenda atau pekerjaan untuk diselesaikan dengan mudah. Lewat aplikasi yang desain dan tampilannya enak dilihat ini, Anda juga bisa mencatat hal-hal menarik yang Anda temukan sehari, siapa tahu bisa jadi inspirasi di kemudian hari.

Mudahnya lagi, kalaupun Anda sedang tidak terkoneksi dengan internet, aplikasi ini akan tetap menyimpan catatan Anda untuk ter-update secara otomatis saat nanti kembali online. Dan meski aplikasi ini dibuat oleh Google, tetap tersedia juga di perangkat iOS, seperti iPhone atau iPad.

Selain itu, ada juga beberapa aplikasi serupa lainnya yang bisa dipakai sebagai pencatat pekerjaan dan kegiatan sehari-hari di berbagai gadget, seperti Todoist, Wunderlist, sampai Trello. Tiap aplikasi punya fitur unggulan masing-masing, tapi pada dasarnya sama, yaitu aplikasi to-do list.

Kedua, catat juga hal penting dengan aplikasi notes

Setelah detail pekerjaan dan kegiatan tercatat rapi, serta sudah dilengkapi reminder agar Anda tidak lupa melakukannya, aplikasi penting berikutnya adalah notes. Seringkali, saat Anda sedang menggarap sesuatu, ada saja hal yang perlu dicatat untuk pekerjaan berikutnya. Dulu, kita mungkin terbiasa mencatat di buku saku kecil, tapi kini, perlu diakui juga kalau membawa buku catatan dan alat tulis kemana-mana mulai jarang kita lakukan.

Memindahkan kegiatan mencatat dari buku tulis ke gadget saat ini memang makin lumrah dilakukan. Jika belum terbiasa, sebaiknya mulai dibiasakan. Karena kegiatan ini makin mudah dilakukan dengan beberapa aplikasi seperti Evernote, OneNote, atau aplikasi Notes bawaan di Android dan iOS.

Catatan yang Anda tuangkan di aplikasi tersebut tak hanya bisa Anda akses di ponsel, tapi juga di perangkat lain, misalnya tablet atau laptop; selama Anda terkoneksi dengan akun email yang sama.

Sehingga Anda tak perlu khawatir lagi catatan penting tercecer atau kehilangan informasi penting yang dibutuhkan buat mendukung pekerjaan dan kegiatan sehari-hari. 

Detail tugas dan catatan sudah rapi, langkah terakhir pastikan semua tuntas pada waktunya

Jika semua hal di atas sudah oke, tahap penting berikutnya adalah memastikan semua berjalan dan tergarap tepat waktu. Untuk keperluan ini, Anda bisa memanfaatkan bantuan dari aplikasi time tracker. Penggunaan jenis aplikasi ini lebih sebagai pengingat atau pencatat durasi kerja Anda.

Contoh, kalau Anda mesti menyelesaikan presentasi, Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mencatat, berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk menuntaskan tugas tersebut.

Jika Anda perlu waktu sekitar dua jam buat menggarapnya, maka tantangan berikutnya adalah menjawab pertanyaan seperti:

Apakah dua jam itu sudah termasuk Anda mengerjakannya sembari menerima telepon atau membalas komentar di Instagram? Untuk selanjutnya, bagaimana Anda bisa meningkatkan efisiensi untuk merampungkan presentasi dalam tempo satu jam?

Dengan demikian, Anda jadi selalu tertantang untuk mengembangkan diri secara kreatif berdasarkan kebiasaan Anda melakukan kegiatan atau pekerjaan tertentu. Dan beberapa aplikasi terbaik untuk melakukan hal ini adalah Toggl, Tide, atau Pomodrone.

Aplikasi time tracker ini tak hanya bisa meningkatkan produktivitas Anda, tapi juga memberikan tantangan pada diri sendiri, biar mengembangkan diri lebih baik lagi.

Produktivitas sehari-hari meningkat, mengembangkan karier dan bisnis pun makin lancar!

Kalau sederet hal di atas sudah dilakukan, artinya Anda mulai menikmati rutinitas di era digital ini. Asalkan, jangan lupa untuk terus mengembangkan diri dan bersemangat mencapai kesuksesan yang diharapkan. Namun, menjadi produktif juga bisa dibutuhkan juga jaringan bisnis dan lingkaran pertemanan yang kuat.

Ini bisa Anda wujudkan dengan bergabung dalam sebuah komunitas di bidang yang digeluti agar bisa selalu belajar hal baru dan memperluas pertemanan dengan banyak orang. Untuk hal ini, Anda pun bisa mengandalkan aplikasi ponsel; mulai dari berbagai saluran media sosial, sampai aplikasi DBS BusinessClass.

Aplikasi DBS BusinessClass memberi ruang untuk Anda terhubung dengan komunitas bisnis di Asia. Siapa tahu kan, seiring karier dan pengalaman yang makin kaya, Anda ingin membangun usaha sendiri. Rencana yang pasti membutuhkan persiapan matang. Maka itu, pada aplikasi seperti DBS BusinessClass yang bisa diunduh via Google Play Store atau App Store ini, Anda dipertemukan dengan lebih dari 15.000 pengusaha dan pakar bisnis di berbagai daerah di Asia.

Tak hanya itu, lewat aplikasi ini juga Anda bisa konsultasi dan mendapatkan informasi tren bisnis serta undangan ke berbagai acara seru yang akan membuat Anda lebih produktif lagi. Luar biasa bukan? Jadi, mari kita memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas!

DBS Business Class

 

Live Smart

 Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Baca Selengkapnya

Live Awesome

4 Kuliner Jepang Yang Wajib Dicoba
4 Kuliner Jepang Yang Wajib DicobaBaca Selengkapnya

Live Kind

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Baca Selengkapnya

Live Well

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Baca Selengkapnya

Twitter Feed