Dukung Aksi Sosial Jakarta Bebas Sampah

Yuk, Dukung Aksi Sosial Jakarta Bebas Sampah!

Kita semua tahu permasalahan sampah merupakan salah satu dari banyak permasalahan sosial yang sudah sangat kompleks di Jakarta. Penyebab hal ini tak lain dan tak bukan adalah perilaku sosial masyarakat yang seringkali masih tidak sadar dalam mengelola sampahnya. Akibatnya, tak jarang masalah ini merambat kepada permasalahan lainnya dan merugikan masyarakat.

Seiring dengan pertumbuhan penduduk dan masuknya warga dari luar daerah ke Jakarta, jumlah sampah pun semakin meningkat dari waktu ke waktu. Sampah yang telah lama menumpuk dapat menyebabkan penyakit hingga pencemaran lingkungan, termasuk banjir. Untuk itu, dibutuhkan aksi nyata dalam penanggulangan masalah ini, yaitu dengan perlahan mengubah perilaku sosial masyarakat terhadap sampah

Fakta Sampah Jakarta

Banyak fakta yang cukup mengejutkan mengenai sampah Jakarta, salah satunya adalah jumlahnya yang begitu menggunung. Berdasarkan data yang didapatkan, masyarakat Jakarta mampu menghasilkan sekitar 6.500 ton sampah dalam sehari. Sampah tersebut terdiri dari sampah yang mudah membusuk dan sampah yang tidak bisa terurai sama sekali. Pengelolaan sampah di Jakarta sendiri yang masih mengedepankan pola kumpul – angkut – buang tidak cukup solutif untuk mengatasi masalah ini. Terlebih lagi Jakarta masih bergantung pada tempat pembuangan sampah akhir Bantar Gebang yang sistem pengelolaan sampahnya pun belum begitu teratur.

Masalah sampah ini akhirnya merambat kepada aspek sosial lainnya di Jakarta, seperti masalah lingkungan hingga kesehatan. Sampah yang menumpuk tidak jarang menyumbat saluran air hingga berdampak buruk pada lingkungan Jakarta yaitu banjir. Pembusukan yang terjadi pada sampah pun menyebabkan bau yang tak sedap hingga menyebabkan gangguan pernapasan. Selain itu, cairan yang dihasilkan oleh sampah juga menyebabkan pencemaran lingkungan lewat kontaminasi air tanah.

Aksi Sosial Peduli Jakarta Bebas Sampah 

Berangkat dari kenyataan akan fakta sampah Jakarta yang sudah terlalu larut, tidak diragukan lagi bahwa Jakarta membutuhkan solusi yang tepat dalam menanggulangi sampah dan mewujudkan Jakarta Bebas Sampah. Salah satunya adalah dengan memberikan edukasi mengenai pola pengelolaan sampah yang lebih efektif untuk menngatasi masalah tersebut di lingkungan Jakarta, yakni reuse dan recycle.

Menurut Founder & Managing Director Waste4Change, Bijaksana Junerosano, banyaknya sampah yang ditemukan di lingkungan kita merupakan hasil sampah yang diproduksi oleh masyarakat dalam jumlah besar tanpa diimbangi oleh kesadaran dalam mengelola sampahnya. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi dari banyak elemen untuk mendukung edukasi berkelanjutan dalam pengelolaan sampah tersebut, agar masyarakat memiliki kesadaran untuk mengubah perilakunya dan bertanggung jawab dalam mengelola sampahnya.

Untuk mengupayakan penanggulangan hal ini, bank DBS bekerja sama dengan Waste4Change yang merupakan anak perusahaan dari Greeneration Indonesia untuk berperan dalam aksi sosial Jakarta Bebas Sampah. Aksi sosial ini adalah perwujudan dari bentuk komitmen yang konsisten atas dukungan DBS terhadap pengembangan wirausaha sosial.

Tanggap Dalam Mengelola Sampah

Mengelola sampah memang terdengar sedikit berbelit untuk dilakukan. Namun, melalui edukasi untuk mengenal konsep tentang sampah lebih jauh dapat membantu masyarakat menyadari akan pentingnya pengelolaan sampah.

Untuk itu, DBS mengajak Anda untuk mendukung aksi sosial ini. Anda dapat memberikan dukungan pada aksi sosial ini dengan ikut berkontribusi dalam mengisi petisi pada jktbebassampah.waste4change.com dengan menuliskan ide atau komentar terhadap program tersebut dan juga menggunakan tagar #JKTBebasSampah #LiveMore #BankDBS. Melalui dukungan ini, Anda ikut menyumbangkan dana sebesar Rp 1.000 yang akan didonasikan kepada Waste4Change sebagai bentuk dukungan untuk aksi sosial dari kampanye ini.

Waste4Change juga mengajak masyarakat ikut serta dan turun langsung untuk menjalankan aksi sosial dalam proses penanggulangan sampah. Aksi sosial tersebut dilakukan melalui partisipasi sebagai relawan dengan mengajak masyarakat untuk bergabung di Akademi Bijak Sampah (AKABIS) dan menjadi solusi bagi masalah lingkungan ini. Masyarakat pun bisa mendapatkan edukasi mengenai pentingnya mengelola sampah.  

JKTBebasSampah

Mari wujudkan Indonesia Bebas Sampah 2020 dengan menunjukkan kepedulian Anda terhadap aksi sosial ini melalui dukungan pada #JKTBebasSampah!

 

Live Smart

 Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Baca Selengkapnya

Live Awesome

4 Kuliner Jepang Yang Wajib Dicoba
4 Kuliner Jepang Yang Wajib DicobaBaca Selengkapnya

Live Kind

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Baca Selengkapnya

Live Well

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Baca Selengkapnya

Twitter Feed