Menjaga Lingkungan yang Bersih dan Sehat? Semua Berawal Di sini!

Bukan hal yang baru lagi kalau masalah lingkungan sering menjadi sorotan dunia. Pada Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang diadakan awal bulan Juli 2017, lingkungan dan perubahan iklim pun berada pada agenda urutan teratas. Melalui berbagai kebijakan milik kepala negara, komitmen dalam menyelesaikan masalah lingkungan telah mereka tunjukkan. Kini, saatnya masyarakat yang ikut bertindak. Ada banyak cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan. Beberapa cara tersebut bahkan bisa juga dijadikan ide untuk bisnis Anda. Yuk, simak di bawah ini.

  1. Kurangi Konsumsi Air Kemasan
Aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari tentu tidak lepas dari air mineral. Namun, tidak ada salahnya melakukan sedikit perubahan. Langkah tepat dalam menjaga lingkungan yang paling sederhana adalah mengurangi konsumsi air kemasan. Anda bisa membawa tempat minum dari rumah agar berkurangnya limbah plastik. Selain menjaga lingkungan, Anda bisa lebih berhemat karena tidak perlu berulang kali membeli produk air kemasan.
 
Jika kebiasaan ini masih terlalu sulit, lakukan bersama sahabat atau keluarga Anda. Agar kebiasaan baik ini akan terasa lebih menyenangkan, Anda bisa mulai dengan mengajak kerabat kantor untuk menggunakan gelas yang sudah disediakan. Usahakan tidak membawa air kemasan ke dalam kantor. Saat ini teknologi seperti alat penyaring air minum yang sudah canggih memudahkan Anda untuk ikut serta menjaga lingkungan dengan lebih mudah.



  1. Mengelola Limbah Rumah Tangga
Sudah mencoba untuk mengelola sampah rumah tangga milik Anda? Apapun profesi Anda saat ini, menjaga lingkungan dapat Anda lakukan dengan cara sederhana seperti membuang sampah sesuai dengan kategorinya. Selain menjaga lingkungan, pemilihan sampah juga akan memudahkan para pencari nafkah yang sering mengumpulkan barang-barang seperti karton, kerdus, koran, dan majalah.
 
Jenis sampah kering lain yang bisa dimanfaatkan dan menambah kreativitas Anda adalah gelas plastik, botol saus, bungkus detergent dan masih banyak lagi. Sampah-sampah tersebut bisa menjadi aksesoris cantik yang bisa Anda kreasikan bersama keluarga di rumah. Sedangkan untuk jenis sampah organik hijau dan hewani, bisa Anda pisahkan sebagai hasil kompos atau pupuk yang bermanfaat. Dengan begitu, menjaga lingkungan di rumah sendiri akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.



  1. Menghemat Penggunaan Air
Salah satu kebiasaan yang mungkin sering tidak Anda sadari dapat memberikan kontribusi positif pada lingkungan adalah penghematan air. Persediaan air tanah semakin menipis, bahkan menurut penelitian dari The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) akan terjadi kekuarangan air bersih skala global pada tahun 2030. Dengan menghemat air, Anda tentunya dapat membantu mencegah terjadinya hal tersebut. Jika Anda sudah menanam kebiasaan menutup keran air di rumah, sebaiknya lakukan juga kebiasaan tersebut di tempat-tempat umum. Mungkin terkesan “tidak ada kerjaan”, namun jika bukan Anda yang mulai melakukan perubahan, sumber daya air akan semakin terbuang sia-sia dan menjadi habis.
 
Selain kebiasaan menutup keran setelah tidak digunakan kembali, mungkin Anda bisa mencoba menghemat penggunaan air saat sedang mandi. Semakin lama Anda berada di dalam kamar mandi, maka semakin banyak air bersih yang terbuang. Apalagi saat Anda sedang menggosok gigi, usahakan untuk menutup keran terlebih dahulu jika memang Anda tidak menggunakan airnya. Lakukan langkah sederhana itu secara perlahan agar berdampak positif untuk menjaga lingkungan.



  1. Mencabut Charger Ponsel Saat Tidak Digunakan
Apakah Anda salah satu orang yang lupa mencabut charger ponsel saat tidak digunakan? Jika iya, sepertinya kebiasaan itu harus Anda hentikan. Perlu Anda ketahui, charger yang berada dalam keadaan terpasang namun tidak digunakan akan tetap memakan daya listrik 1 watt setiap jamnya. Bila kebiasaan ini tidak Anda hentikan, risiko yang didapat adalah borosnya penggunaan listrik. Walau daya yang dikonsumsi hanya kecil, usahakan selalu mencabut charger setelah digunakan karena bisa membantu menjaga lingkungan Anda. Kebiasaan ini bisa Anda bagikan kepada kerabat dekat, serta Anda terapkan di kantor. Menghemat listrik sama juga halnya dengan menjaga lingkungan Anda agar menjadi lebih baik lagi.



  1. Manfaatkan Lahan Kosong untuk Penghijauan
Jika Anda memiliki sedikit lahan kosong di rumah, Anda bisa membantu menjaga lingkungan dengan melakukan penghijauan. Selain mencegah efek rumah kaca, manfaat yang bisa Anda rasakan bila melakukan penghijauan adalah mengurangi partikel debu. Penghijauan yang Anda lakukan secara tidak langsung dapat menyelamatkan kondisi lingkungan. Dampak positif lain dari penghijauan yang Anda lakukan, menjadikan lingkungan di sekitar Anda sejuk. Udara bersih yang Anda rasakan setiap pagi membuat pikiran menjadi tenang sehingga mempermudah Anda untuk mencari ide-ide baru.  Jangan sia-siakan sekecil apapun lahan kosong yang Anda miliki, karena dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda dan keluarga.

 
Beberapa kegiatas di atas membuktikan bahwa ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga lingkungan. Perhatikan permasalahan lingkungan maupun sosial yang ada di sekitar Anda, dan temukan solusinya dalam e-book ‘Berani Jadi Wirausaha Sosial?’. Memulai suatu perubahan bukanlah hal yang sulit jika Anda memiliki keinginan kuat dan panduan yang tepat. Unduh e-booknya di sini dan lakukan kontribusi Anda untuk dunia.

 

Live Smart

 Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Baca Selengkapnya

Live Awesome

4 Kuliner Jepang Yang Wajib Dicoba
4 Kuliner Jepang Yang Wajib DicobaBaca Selengkapnya

Live Kind

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Baca Selengkapnya

Live Well

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Baca Selengkapnya

Twitter Feed