Aksi Sederhana Ini Bisa Wujudkan Jakarta Bebas Sampah

Aksi Sederhana Ini Bisa Wujudkan Jakarta Bebas Sampah

 Hidup di kota yang bersih dan nyaman adalah impian semua orang, termasuk warga Jakarta. Sebagai ibu kota dengan jumlah penduduk terpadat di Indonesia, setiap harinya jumlah sampah yang diproduksi di kota ini bisa mencapai hingga 7.000 ton.

Dengan kondisi volume sampah yang begitu tinggi, butuh kerjasama semua pihak, termasuk kita sendiri sebagai warga ibukota, agar impian Jakarta bebas sampah bisa segera terwujud. Hal-hal kecil seperti membiasakan buang sampah pada tempatnya juga bisa membantu mengurangi sampah di Jakarta. Berikut adalah beberapa aksi sederhana, dari berbagai belahan dunia, yang bisa Anda mulai untuk membantu Jakarta bebas sampah:

Berani Mengingatkan

1. Berani Mengingatkan

Singapura dikenal sebagai kota yang bersih karena banyaknya peringatan berupa stiker di mana-mana untuk tidak lupa melakukan aksi-aksi sederhana. Misal, stiker yang mengingatkan untuk tidak lupa menyiram toilet sehabis menggunakannya atau bahkan stiker dari pemerintah yang mengingatkan denda jika buang permen karet sembarangan.

Meski tidak semua kota didukung pemerintah seperti Singapura untuk hal-hal di atas, bukan berarti kita tidak bisa meniru mereka. Agar Jakarta bebas sampah, mulailah dengan memberanikan diri untuk menegur orang-orang yang ada di sekitar untuk menjaga kebersihan. Ingatkan kepada mereka bahwa perilakunya bisa membawa dampak negatif terhadap lingkungan.

Daur Ulang Sampah

2. Daur Ulang Sampah

Aksi ini bisa dimulai dari hal kecil di rumah sendiri. Tahukah Anda? Kota Adelaide di Australia dikenal sebagai kota yang bersih karena budaya daur ulang sampahnya yang tinggi. Termasuk dari warganya yang sudah membiasakan untuk memisahkan sampah berdasar jenisnya dan mendaur ulangnya agar bisa digunakan kembali. Kalau kita mengikuti gaya hidup penduduk Adelaide, besar kemungkinan bila suatu hari nanti akan terwujud Jakarta bebas sampah.

Membawa Bekal & Botol Minum

3. Membawa bekal dan botol minum

Meskipun terlihat sederhana, membawa bekal dan botol minum tentu akan mengurangi sampah. Mengapa? Karena tidak perlu membeli lalu membuang sisa pembungkus makanan sekali pakai. Begitu juga halnya dengan botol minum karena tidak perlu membeli air minum dalam kemasan.

Membawa Kantung sampah atau tas khusus

4. Membawa Kantung Sampah atau Tas Khusus

Kebiasaan ini gampang ditemui di negara-negara Asia, seperti Jepang dan Korea. Warga di sana terbiasa membawa kantong sendiri untuk keperluan belanja, atau bahkan plastik/kertas khusus untuk mengangkat kotoran hewan peliharaan mereka ketika berjalan-jalan. Dengan begitu mereka tidak mencemari lingkungan dan juga tidak banyak menggunakan plastik untuk kegiatan sehari-hari.

Untuk mendukung gerakan bebas kantong plastik yang digalakkan oleh Pemerintah DKI Jakarta beberapa bulan terakhir ini, ada baiknya Anda selalu membawa tas kain setiap belanja. Dengan menghemat penggunaan kantung plastik, cita-cita Jakarta bebas sampah akan segera terwujud.

Mengajarkan Sejak Dini

5. Mengajarkan Sejak Dini

Ini bisa Anda mulai dengan membiasakan anak-anak untuk menjaga kebersihan. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengingatkan dan memberi contoh nyata, seperti membuang sampah pada tempatnya dan menghabiskan makanan agar tidak ada sisa yang dibuang. Dengan begitu, Anda dan anak-anak dapat ikut mewujudkan Jakarta bebas sampah.

Melakukan aksi-aksi sederhana di atas tidak hanya membantu Jakarta bebas sampah, tetapi juga menjaga kesehatan Anda dan orang-orang terdekat. Sama halnya seperti mimpi mewujudkan Jakarta yang bersih, mewujudkan hidup yang sehat juga bukan hal mustahil untuk dicapai. Yuk, beri dukungan untuk mewujudkan #JKTBebasSampah di sini!

Jakartabebassampah

 

Live Smart

 Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Baca Selengkapnya

Live Awesome

4 Kuliner Jepang Yang Wajib Dicoba
4 Kuliner Jepang Yang Wajib DicobaBaca Selengkapnya

Live Kind

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Baca Selengkapnya

Live Well

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Baca Selengkapnya

Twitter Feed