3 Cara Melakukan Bisnis Sederhana yang Ramah Lingkungan

Ketika kondisi lingkungan yang semakin memburuk, usaha-usaha berbasis teknologi ramah lingkungan mulai muncul sebagai solusi. Berbagai ide kreatif dan inovatif pun bisa berubah menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan. Bagi Anda yang tertarik untuk memulai usaha ramah lingkungan, simak beberapa tips sederhana yang bisa Anda diterapkan untuk mendukung bisnis tersebut.
  1. Pemanfaatan Limbah
 
Jika membahas pengolahan sampah, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah Reduce, Reuse, dan Recycle. Namun, apakah Anda sudah menerapkannya pada kehidupan Anda? Dengan mengurangi, memanfaatkan ulang, dan mengolah kembali sampah, Anda telah melakukan aksi ramah lingkungan yang nyata. Ini juga menunjukkan bahwa tidak semua sampah merugikan karena jika menanamkan prinsip 3R tersebut, Anda bisa mengubah sampah menjadi sebuah peluang bisnis yang menguntungkan. Jenis limbah yang bisa digunakan pun sangat beragam, mulai dari sampah plastik, kertas, logam, hingga beberapa jenis sampah organik seperti tulang ikan hingga humus dari hewan. Itu semua tergantung pada kreativitas dan motivasi Anda dalam melakukan bisnis yang ramah lingkungan.
 
Sesuatu yang terlihat sederhana terkadang bisa menjadi sangat berguna jika Anda mampu melihat dan mengubahnya dengan kreatif. Beberapa contoh limbah yang menjadi ide bisnis dan sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia yaitu jam tangan local brand dengan bahan dasar limbah kayu, lukisan dari cangkang telur, atau limbah kaca yang bisa dijadikan design interior rumah Anda. Menarik bukan? Yuk, mulai bisnis ramah lingkungan yang bukan hanya berguna bagi Anda, tetapi juga bisa digunakan untuk orang lain.

 
  1. Optimalkan Penggunaan Energi Terbarukan
 
Pernah mendengar tentang energi terbarukan? Berbeda dengan sumber energi berbasis fosil, energi terbarukan adalah energi yang bersumber dari alam dan secara berkelanjutan dapat terus diproduksi tanpa harus menunggu waktu jutaan tahun. Berikut ini perlu Anda ketahui beberapa energi terbarukan yang memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah energi matahari, Hydro power yaitu teknologi yang mengubah air menjadi energi listrik, ocean thermal energy berasal dari panas yang tersimpan dalam air laut. Ada pula energi angin, geothermal, hydrogen, biodiesel, bioetanol, biogas.
 
Sejauh ini, penggunaan energi terbarukan di Indonesia baru di angka 6,3 persen dari total penggunaan energi nasional. Padahal menurut laporan Internasional Energy Agency (IEA), Indonesia memiliki potensi tenaga air sebesar 75 gigawatts (GW), dan potensi tenaga panas bumi global. Itu sebabnya sekarang saat yang tepat bagi pengusaha untuk mengembangkan energi terbarukan.



  1. Tempat Usaha Ramah Lingkungan
 
Penting untuk Anda yang sudah memiliki bisnis dalam skala besar agar memperhatikan pula tempat yang Anda gunakan. Untuk menerapkan pola bisnis ramah lingkungan, Anda juga bisa memulainya dengan tempat usaha ramah lingkungan. Apa saja yang Anda perlukan? Berikut tips sederhananya. Tempat usaha ramah lingkungan yaitu bisa dari segi bangunan gedung yang tidak menggunakan material kimiawi. Agar membuat tempat usaha Anda lebih sehat dan nyaman usahakan memiliki pepohonan atau tanaman hias yang dapat memberikan oksigen pada lingkungan kerja Anda. Selain itu, perbanyak ventilasi udara agar udara bersih dan cahaya matahari mudah masuk. Gedung atau tempat usaha yang Anda jalani juga sebaiknya menggunakan energi matahari atau solar panel agar listrik yang digunakan lebih hemat dan ramah lingkungan.

 
Cukup mudah bukan? Beberapa contoh di atas adalah langkah tepat untuk Anda memulai bisnis ramah lingkungan. Jangan lupa membaca buku ‘Berani Jadi Wirausaha Sosial?’ untuk memperkaya inspirasi Anda. Buku ini memiliki banyak manfaat sepeti memberikan konsep, hingga tips dan trik bisnis yang wajib diketahui seputar wirausaha sosial. Anda termasuk generasi muda yang ingin memanfaatkan peluang? Yuk, unduh e-booknya sekarang di sini!

 

Live Smart

 Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Baca Selengkapnya

Live Awesome

4 Kuliner Jepang Yang Wajib Dicoba
4 Kuliner Jepang Yang Wajib DicobaBaca Selengkapnya

Live Well

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Baca Selengkapnya

Live Kind

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Ingin mengembangkan Wirausaha Sosial? Ketahui 5 Strategi Ini

Baca Selengkapnya

Twitter Feed