Ingin Liburan Juga Menghemat Pengeluaran? Keduanya Bisa!

Berlibur menjadi sebuah kegiatan yang dapat Anda lakukan demi mengembalikan semangat beraktivitas. Setelah melalui minggu-minggu penat di kantor, misalnya. Menyempatkan berjalan-jalan ke luar negeri dapat membuat Anda beristirahat, melihat tempat baru, dan akhirnya lebih semangat saat kembali ke meja kerja.

Walau bermanfaat, sayangnya kegiatan liburan memang identik dengan kegiatan hura-hura dan menghabiskan uang. Terlebih, jika Anda melakukannya di luar negeri. Tunggu dulu! Dengan cara yang tepat, liburan dan menghemat pengeluaran dapat Anda dapatkan sekaligus. Berikut ulasannya.


  1. Belanja di toko oleh-oleh grosir
Ketika melancong ke luar negeri, oleh-oleh adalah hal yang tidak boleh terlewatkan. Baik oleh-oleh tersebut akan diberikan kepada keluarga, teman, terlebih rekan sekantor. Tidak perlu khawatir dengan jumlah biaya yang akan dikeluarkan demi turut berbagi kebahagiaan, dengan belanja di toko oleh-oleh grosir, Anda akan lebih menghemat pengeluaran.

Jika negara-negara di Asia adalah tujuan Anda, maka berbahagialah! Sebab, hampir semua destinasi di Asia punya tempat belanja oleh-oleh yang murah. Misalnya di Thailand, Chatuchak Weekend Market yang terdiri dari belasan ribu gerai bisa jadi pilihan Anda untuk mendapatkan oleh-oleh dengan harga murah dan tentunya menghemat penegluaran liburan. Yang tidak kalah terkenal, beragam toko yang menjual oleh-oleh secara grosir di Jepang juga menjanjikan oleh-oleh dengan harga murah.

  1. Gunakan transportasi umum
Selain memberikan sebuah pengalaman berharga, menggunakan transportasi umum saat liburan di luar negeri juga dapat membantu Anda dalam menghemat pengeluaran. Sebab, tentu saja dana yang dikeluarkan akan lebih sedikit dibandingkan dengan menggunakan taksi apalagi menyewa kendaraan pribadi. Bayangkan, berapa banyak uang yang akan dihemat dengan menggunakan cara ini?

Pada beberapa negara di Asia seperti Thailand, Singapura, Jepang, terdapat kartu elektronik yang disediakan untuk perjalanan. Biasanya, kartu ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan darat seperti menggunakan bis dan juga kereta api atau subway. Kadang, justru penggunaan kartu elektronik ini terasa lebih hemat dan mudah. Sebab, berbagai potongan harga dapat Anda temukan dan pastinya dapat menghemat pengeluaran.


  1. Membeli kartu SIM lokal untuk menghindari tambahan biaya
Pada beberapa negara, Anda dapat dengan mudah menemukan spot yang menyediakan jaringan wifi secara gratis. Namun, tidak ada salahnya menyiapkannya sendiri, bukan? Jika menggunakan kartu SIM dengan layanan operator dari Indonesia, sudah tentu Anda akan dikenakan biaya tambahan karena servis tersebut diberikan secara spesial, di luar jangkauan. Bahkan, jumlah yang diberikan dapat dibilang tidak sedikit.

Selain itu, untuk menghemat pengeluaran data, Anda juga dapat mencari tahu tempat-tempat dengan layanan wifi untuk menghindari penggunaan paket data secara berlebihan. Misalnya, di bandara, restoran, dan juga kantor pemerintahan. BIasanya, penggunaan wifi di tempat-tempat ini disediakan secara gratis.

  1. Pelajari cara pembayaran yang digunakan
Berbelanja boleh-boleh saja, tapi demi menghemat pengeluaran selalu perhatikan cara pembayaran yang Anda gunakan. Pembayaran selain dengan cara tunai, misalnya dengan kartu debit dan kredit biasanya dibebankan biaya tambahan pada beberapa toko tertentu. Jika dikumpulkan, biaya transaksi dan berbagai biaya tambahan ini akan terasa besar.

Oleh sebab itu, baiknya Anda menanyakan adakah biaya tambahan saat bertransaksi. Bekali juga diri Anda dengan pengetahuan mengenai pajak di negara tersebut. Dengan begitu, Anda telah melakukan sebuah langkah kecil yang berarti untuk menghemat pengeluaran.

  1. Temukan restoran lokal dengan harga bersahabat
Berbaurlah dengan warga sekitar untuk mendapatkan beragam informasi mengenai daerah tersebut. Dengan begitu, Anda akan memperoleh pengetahuan tentang berbagai toko, restoran, dan juga penginapan dengan harga yang murah dan pastinya menghemat pengeluaran. Anda pun dapat belajar banyak dari tempat tersebut dan menemukan perjalanan yang sesungguhnya, bukan?

Untuk mendapatkan liburan yang menenangkan dan tentunya menghemat pengeluaran, Anda pelru mempersiapkannya sebaik mungkin. Bank DBS Indonesia melalui program DBS Joyful Journey menghadirkan berbagai layanan yang dapat memudahkan perjalanan Anda, misalnya cashback mulai dari Rp1,5 Juta, Airport Assistance, Asia Treasures, hingga bebas biaya transaksi perbankan yang dapat menghemat pengeluaran Anda. Wujudkan liburan impian Anda, sekarang!


 

Live Smart

 Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Baca Selengkapnya

Live Awesome

4 Kuliner Jepang Yang Wajib Dicoba
4 Kuliner Jepang Yang Wajib DicobaBaca Selengkapnya

Live Kind

Yuk, Dukung Aksi Sosial Jakarta Bebas Sampah!

Yuk, Dukung Aksi Sosial Jakarta Bebas Sampah!

Baca Selengkapnya

Live Well

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Baca Selengkapnya

Twitter Feed