Tiket Anda
Not Interested

Ngaku Runner Sejati? Belum Sah Kalau Belum Ikut 1 dari 12 Maraton Dunia Ini

21 Maret 2019
#LiveWell

Berlari itu seperti tertawa: Sehat dan tidak membutuhkan penerjemah. Kamu lagi hobi banget olahraga lari? Punya resolusi untuk ikut maraton? Kenapa tidak sekalian ikut maraton di kota-kota ikonik Dunia?

Inilah pilihan kami untuk 12 Maraton di Dunia yang harus kamu cek, yang dirangkum berdasarkan prestise, ketenaran, antusiasme penonton, keindahan pemandangan, dan kecepatan.

1. Boston Marathon - Massachusetts, USA

April

Foto: dok.Boston Marathon

Dimulai pada tahun 1897, Boston Marathon adalah maraton tertua dan paling bergengsi di Amerika Serikat yang terinspirasi oleh kebangkitan maraton di Olimpiade 1896. Boston Marathon memiliki lintasan menurun yang bersih dengan banyak landmark terkenal dan garis finish dengan pemandangan kota besar. Tapi, tidak semua orang bisa dengan mudah ikut Boston Marathon. Untuk berpartisipasi, kita harus memenuhi syarat dari rekor Marathon Race sebelumnya. See, bahkan tidak perlu menang! Untuk dapat hanya berpartisipasi di Boston Marathon adalah hal yang bisa dibanggakan.

2. Athens Authentic Marathon - Athena, Yunani

November

Foto: dok.Authentic Athens Marathon

Ingin mengikuti Maraton di tempat di mana semuanya dimulai? Lintasan Athens Authentic Marathon yang berkesan ini memiliki panjang 42 KM, mengikuti jarak asli dari kota kuno Marathon ke Athena oleh prajurit Yunani Pheidippides pada 490 SM, lebih dari 2500 tahun yang lalu - Juga sama seperti yang dilalui para legenda lewat bukit-bukit yang menantang dan menyelesaikan lomba di Stadion Panathenaic, tempat Olimpiade modern diadakan untuk pertama kalinya. Marathon ini juga membawa pelari melalui bukit-bukit indah Athena pada rute yang sama yang diambil di Olimpiade Athena 2004. Kita Bersama para pelari dari seluruh dunia akan bergabung untuk melihat keindahan kota dan ikut serta dalam tradisi bersejarah maraton.

3. Great Wall Marathon - Sepanjang Tembok Tiongkok, Tiongkok

Mei

Sejak Peresmiannya di tahun 1999, The Great Wall Marathon, dianggap sebagai salah satu maraton terberat di dunia. Great Wall Marathon menantang pelari untuk mendaki lebih dari 5.164 langkah Tembok Tiongkok, dan menyelesaikannya dengan menelusuri desa-desa di Tiongkok. Yang bisa bikin kita makin semangat, penduduk desa datang untuk menghibur dan anak-anak mendengarkan pelari dan memberikan kita karangan bunga dandelion di beberapa jalur lintasan!

4. Rome Marathon - Roma, Italia

April

Ada banyak alasan mengapa Roma menjadi salah satu kota yang paling banyak dikunjungi di dunia: budaya, sejarah, seni, penduduk setempat, dan makanan. Ya, semua jalan menuju Roma. Tapi begitu kita sampai di sana, salah satu jalan yang mungkin paling menarik adalah: maraton. Rome Marathon akan membawa kita ke seluruh kota dan melewati hampir semua situs bersejarah, mulai dari Via dei Fori Imperiali dekat Coliseum, melewati Tangga Spanyol, Air Mancur Trevi, Pantheon dan Basilika Saint Peter sebelum kembali ke sekitar untuk Coliseum. Jalurnya relatif datar, meskipun kita harus bersaing dengan jalanan berbatu untuk sebagian besar lintasan. Jangan lupa, tentu sehabis marathon bisa makan gelato dan pizza sepuasnya!

5. Tokyo Marathon - Tokyo, Jepang

February

Foto: dok.runsociety.com

Meskipun relatif baru dibanding maraton terkenal lainnya, Tokyo Marathon adalah salah satu maraton terbesar dan favorit di dunia. ‘Tokyo lama dan Tokyo baru’ bersatu di sepanjang jalur lari ini. Pelari akan melewati Istana Kekaisaran, Menara Tokyo, dan Stasiun Tokyo, dan banyak situs bersejarah Jepang lainnya serta beberapa tempat wisata dan bangunan yang lebih baru. Sudah pasti di tahun-tahun menjelang 2020 di mana Tokyo akan menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade musim panas, Tokyo Marathon akan lebih banyak peminat.

6. Big Five Marathon - Entabeni Game Reserve, Afrika Selatan

Juni

Seluruh jalur Big Five Marathon melewati perbukitan dan lembah sabana Afrika. Maraton ini diberi nama berdasarkan nama hewan dalam permainan Lima Besar Afrika yang terkenal - macan tutul, singa, badak, gajah, dan kerbau. Para pelari akan melalu lintasan yang berada di antara satwa liar di Entabeni Safari Conservancy provinsi Limpopo. Tidak ada pagar, tidak ada pemisah dari alam, yang membuat Big Five Marathon begitu istimewa dan pastinya menambah semangat!

7. Paris Marathon - Paris, Perancis

April

Ah, Paris di musim semi! Apakah ada waktu yang lebih baik untuk dikunjungi? Atau berlari maraton di salah satu kota paling indah di dunia? Maraton ini adalah salah satu yang paling terkenal di Eropa. Salah satu yang membuat marathon ini terkenal adalah karena banyak stasiun makanan dan minuman yang unik, di mana pelari dilayani bir, wine, sari buah apel, tiram, dan banyak hal lainnya. Paris Marathon terbatas hanya untuk 37.000 pelari dan membutuhkan catatan dokter untuk berpartisipasi. Kita akan memulai di garis start yang epik di depan Arc de Triomphe untuk kemudian lanjut ke Champs-Elysees. Tidak peduli kita pernah ke Paris atau belum, maraton ini adalah cara yang ikonik untuk melihat landmark ikonik seperti Menara Eiffel, Notre Dame, dan Seine.

8. London Marathon - London, Inggris

April

Foto: London Marathon

Kalau kamu mencari lintasan dengan latar belakang sejarah yang kaya, bayangkan maraton ini dimulai dari Blackheath di London tenggara dan berakhir di depan Istana Buckingham. Pertama kali diadakan pada tahun 1981, Dengan lebih dari 40.000 pelari Marathon berpartisipasi setiap tahun, London Marathon ini adalah bagian dari World Marathon Majors Series yang menghadiahkan hadiah $1 juta untuk pelari maraton pria dan wanita.

9. New York City Marathon - New York, Amerika Serikat

November

Tidak ada Marathon lain yang menarik pelari internasional sebanyak New York City Marathon, menjadikannya salah satu dari enam Maraton Utama Dunia Sebagai maraton terbesar di Amerika Serikat, maraton in menjadi tuan rumah lebih dari 50.000 pelari pada tahun 2015 dan lebih dari dua juta penonton. Dengan pengecualian pada tahun 2012 - ketika dibatalkan karena Hurricane Sandy - marathon ini telah diselenggarakan setiap tahun sejak 1970. Rute maraton dimulai dari Staten Island, dan peserta akan melalui Harlem, Bronx, Queens, Brooklyn, dan Manhattan, menjadikannya rute maraton paling ikonik di dunia.

10. Tromsø Midnight Sun Marathon - Tromsø, Norwegia

Juni

Foto: dok.Tromsø Midnight Sun Marathon

Kalau memang lari di musim panas yang terik bukan pilihan kamu, mungkin bisa mencoba maraton Arktik di mana matahari tidak terbenam.... serius! Midnight Sun Marathon di Norwegia sejauh ini merupakan salah satu pengalaman maraton paling menakjubkan di Dunia. 4.000 pelari dari 56 negara datang ke sini setiap tahun untuk mengambil bagian dalam caper Skandinavia. Dengan tampilan seluruh kota, peserta akan berlari melintasi Jembatan Tromso dan menikmati jalur datar untuk paruh kedua perlombaan. Maraton dimulai pukul 8.30 malam, dan pelari harus berlari di sana pada malam hari karena matahari tidak terbenam di sana - tengah malam sama terangnya dengan siang hari.

11. Dubai Marathon - Dubai, Uni Emirat Arab

Januari

Maraton ini sering disebut sebagai maraton terkaya di Dunia dengan hadiah uang sebesar $ 200.000 yang ditawarkan untuk pemenang pertama. Dubai Marathon juga memiliki lintasan yang relatif cepat, cocok untuk kita yang ingin mengatur waktu terbaik pribadi. Dubai Maraton biasanya dilakukan pada bulan Januari di mana cuaca tidak terlalu panas. dengan edisi pertama perlombaan telah diadakan pada tahun 2000. Sejak diselenggarakannya di tahun 2000, pelari Ethiopia dan Kenya selalu mendominasi posisi podium. Mungkin ini saatnya kamu, pelari dari Indonesia?

12. Berlin Marathon - Berlin, Jerman

September

Foto: dok.Berlin Marathon

Berlin Marathon adalah salah satu maraton tercepat di dunia karena lintasannya yang datar dan belokan yang mulus serta penyelenggara perlombaan yang efisien. Maraton ini berlangsung melalui sejarah Jerman modern, dengan pemandangan bangunan tua dan klasik di Berlin Timur dan toko-toko teknologi tinggi dan properti modern di Berlin Barat. Apa yang membuat maraton ini unik adalah bahwa pelari berbagi lintasan dengan in-line skaters. Berlin Maraton juga dianggap sebagai salah satu dari 6 Marathon Utama Dunia.

Kamu tertarik untuk bergabung bersama maraton dari seluruh Dunia di maraton keren di atas? Sekarang saatnya kamu bisa ikutin gratis Berlin Marathon - salah satu dari 6 Maraton utama Dunia dengan mengikuti program DBS Runnin’ Berlin - hanya se-simpel mengupload foto di digital.