Tiket Anda
Not Interested

Lakukan 5 Hal Ini, Niscaya Pikiran Dan Tubuh Akan Sama Sehatnya

11 November 2019
#LiveWell

Ketika kita memikirkan kesehatan diri, hal pertama yang terlintas dalam benak adalah diet dan olahraga. Padahal, kesehatan tubuh yang baik bukan hanya soal fisik saja. Pikiran juga termasuk. Soalnya, pikiran dan tubuh kita saling terkait, saling memengaruhi satu sama lain. Misalnya, kalau kita lagi banyak kerjaan, dikejar deadline, atau lagi ada masalah berat, kayaknya gampang sekali sakit. Tiba-tiba saja kita bisa flu, sakit kepala, mag kumat, atau asam lambung naik. Pernah begitu?

Hubungan erat antara fisik dan pikiran juga dituliskan oleh Ryan Holiday, penulis dan entrepreneur terkenal di Amerika Serikat, dalam bukunya yang berjudul The Daily Stoic: 366 Meditations on Wisdom, Perseverance, and the Art of Living. Di buku itu, Ryan menuliskan, bahwa pikiran, perasaan, kepercayaan, dan perilaku kita dapat secara positif atau negatif memengaruhi fungsi biologis kita. Dengan kata lain, pikiran kita dapat memengaruhi seberapa sehat tubuh kita.

“Apa yang kita lakukan dengan fisik kita (makanan kita, seberapa sering kita berolahraga, bahkan postur kita) dapat memengaruhi kondisi mental kita (lagi-lagi secara positif atau negatif). Ini menghasilkan keterkaitan yang kompleks antara pikiran dan tubuh kita,” jelas Ryan dalam bukunya.

Terus, harus bagaimana untuk menyeimbangkan antara pikiran dan tubuh kita? Ambil semangkuk popcorn, nikmati, sambil menyimak 5 kegiatan rutin yang membuat tubuh dan pikiran menjadi seimbang berikut ini.

#1 Meditasi Secara Rutin

Meditasi adalah kegiatan untuk melatih pikiran kita menjadi terbiasa fokus dan mengarahkan pikiran pada satu tujuan sehingga kita bisa mengusir pikiran-pikiran yang tidak penting. Bila dilakukan secara rutin, meditasi dapat memberikan manfaat untuk kesehatan kita, yang sudah dibuktikan oleh penelitian.

Beberapa hasil riset mengungkapkan, bahwa meditasi dapat meningkatkan imun, mengurangi rasa sakit atau nyeri, meningkatkan good mood, mengusir depresi, mengurangi kecemasan dan stres, membantu kita untuk lebih mampu menjalankan multitasking, memperbaiki kemampuan kita untuk mengatur emosi, dan yang paling penting… makes you feel less lonely! Info penting, nih, untuk kita yang masih berstatus single.

Sama seperti olahraga, kita bisa melakukannya kapan saja kita mau. Boleh juga kalau meditasi 10 menit setiap hari. Tapi, bila ingin merasakan khasiatnya, coba lakukan secara rutin, ya!

#2 Atur Jadwal Tidur

Jadwal tidur setiap orang tentu berbeda, yang disesuaikan dengan aktivitas kita masing-masing. Tetapi, yang terpenting dalam menjaga keseimbangan tubuh dan pikiran adalah menerapkan jadwal tidur yang konsisten dan selalu cukup istirahat. Misalnya, selalu tidur jam 10 malam dan bangun jam 6 pagi. Begitu terus.

Ya, bolehlah sesekali di akhir pekan jadi tidur lebih malam dan bangun lebih siang. Asalkan waktu tidur kita cukup. Rekomendasi waktu tidur yang ideal dari National Sleep Foundation (U.S. nonprofit organization) untuk orang dewasa yang berusia 18–64 tahun adalah 7 sampai 9 jam. Jiwa dan raga kita tentu tak akan seimbang serta ‘berjalan’ dengan baik kalau kita sering merasa kelelahan karena tidak cukup tidur.

#3 Menjalani Hobi

Hidup bukan hanya melulu soal kerja, mencari pundi-pundi rupiah. Ada yang tak kalah penting dari itu, yaitu hobi. Berdasarkan penelitian di tahun 2015, hobi bisa membuat hidup kita jauh lebih sehat serta mampu menjauhkan kita dari segala macam penyakit.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Matthew Zawadzki, asisten profesor psikologi di University of California, Amerika Serikat. Matthew menganalisis detak jantung dan tingkat stres dari 115 orang yang berusia antara 20-80 tahun untuk mencari tahu aktivitas apa yang menghasilkan tingkat stres paling rendah. Hasilnya, responden yang menjalani hobinya memiliki detak jantung dan tingkat stres yang lebih rendah. Sebanyak 18% responden juga merasa lebih bahagia setelah melakukan aktivitas tersebut. Jadi, sudah kepikiran mau fokus sama hobi yang mana? Asal jangan hobi kerja aja, ya.

#4 Rutin Berolahraga

Kalau memang, tak punya banyak waktu dan budget, kita bisa pilih olahraga sederhana nan hemat, kok. Misalnya, berjalan kaki menuju stasiun MRT dan Commuter Line terdekat, lalu turun di stasiun terdekat dari kantor, terus jalan kaki lagi, deh. Lagi-lagi, yang terpenting adalah harus rutin dan konsisten. Ayo, semangaaat!

#5 Adventure and Travel

Bepergian ke tempat-tempat yang belum pernah kita datangi, menemukan petualangan baru, lingkungan dan orang-orang baru, tentu akan menyehatkan mental serta fisik kita. Rasanya seperti terlahir kembali, tsaaah… Tapi, bener, lho. Hasil riset dari American Psychological Association mengungkapkan, seseorang yang sering berpergian bisa menangani stres dengan lebih mudah. Traveling juga memungkinkan kita untuk sementara waktu menarik diri dari lingkungan serta situasi yang membuat kita tertekan.

Riset dari Cornell University membuktikan pula, adanya peningkatan kebahagiaan yang dirasakan orang ketika berlibur dan menunjukkan kebahagiaan ini sering lebih kuat daripada saat kita membeli barang fisik. Ini berarti, pengalaman dapat mendatangkan kebahagiaan lebih besar daripada materi.

Sudah siap berlibur? Packing dulu, dong. Kalau kepingin koper muat banyak saat berlibur panjang, intip saja 8 cara packing ini. Asyiknya lagi, kalau menggunakan kartu kredit dan debit Digibank yang diterbitkan di Indonesia, kita bisa dapat promo menarik. Yaitu, hemat 8% hingga Rp1.000.000 untuk pemesanan kamar hotel di seluruh destinasi tanpa minimal transaksi di agoda.com/dbsid. Informasi selengkapnya, sila klik di sini, ya.