Tiket Anda
Not Interested

Ide Liburan Hemat untuk Kamu yang Butuh Piknik.

29 April 2019
#LiveAwesome

Berlibur memiliki banyak manfaat untuk tubuh, tidak hanya untuk jiwa tetapi juga untuk ragamu. Beraktivitas yang itu-itu saja sepanjang hari sedikit banyak akan membuat lelah, liburan bisa menjadi solusinya. Jika anggaran liburan kamu sudah mepet, memutar otak dan mencari ide liburan hemat menjadi penting.

Berikut DBS ulas beberapa ide liburan hemat yang bisa kamu pertimbangkan. Selamat membaca!

Apa saja ide liburan hemat yang bisa membantu mengurangi penat setelah bekerja?

1. TAMAN

Ada taman kota di dekat rumah? Kalau tempatnya memungkinkan, masukkan namanya ke dalam list ide liburan hemat milikmu. Piknik ke taman bisa dilakukan sendirian, bersama keluarga, atau dengan teman. Yang terpenting adalah persiapannya.

Bawa serta alas duduk yang nyaman, makanan dan minuman kesukaan, dan aktivitas favorit misalnya buku, pemutar musik, atau permainan. Piknik ke taman paling enak dilakukan sejak pagi atau sore hari saat sinar matahari tidak terlalu menyengat. Jika ada rencana kotor-kotoran atau melakukan aktivitas yang membuat badan berkeringat di taman, bawa juga baju ganti ya.

2. MUSEUM

Berkunjung ke museum tentu saja termasuk jadi salah satu ide liburan hemat ala DBS berikutnya. Tidak hanya biasa masuknya yang murah, ke museum juga dapat menambah wawasan. Untuk menghindari kepadatan pengunjung di museum, sebaiknya datang sejak museum dibuka pada pagi hari.

Museum umumnya melarang pengunjung membawa makanan dan minuman di area dalam. Jika lapar kamu bisa makan bekal yang dibawa pada area luar museum atau jajan saja di kantin yang disediakan. Jika satu museum tidak cukup, kamu boleh langsung berpindah ke museum berikutnya.

3. PASAR MALAM

Kapan terakhir kali kamu berkunjung ke pasar malam? Pasar malam adalah alternatif ide liburan murah yang wajib kamu pertimbangkan. Umumnya pasar malam dihelat di pinggir kota, dekat dengan perkampungan atau perumahan. Pasar ini biasanya mulai dibuka sejak pukul 6 sore hingga pukul 12 malam.

Barang-barang dan makanan yang dijual di pasar malam harganya cukup murah. Jika beruntung kamu bisa bertemu dengan kuliner tradisional yang mulai langka ditemui sehari-harinya. Oh iya, siapkan tas belanja dari rumah untuk mengurangi konsumsi plastik sekali pakai dan bawa juga uang kecil untuk memudahkanmu bertransaksi.

 4. RUMAH KELUARGA/TEMAN

Berlibur ke rumah keluarga atau teman dekat adalah salah satu pilihan ide liburan hemat yang bisa dilakukan untuk menghabiskan akhir pekan. Akan lebih baik jika rumah yang dituju memiliki akses ke persawahan, sungai, atau taman.

Ingin berkunjung ke rumah teman/keluarga dalam waktu dekat? Kontak lebih dulu pemilik rumah untuk memastikan mereka berkenan menerima kunjungan. Menghubungi lebih dulu juga membuat pemilik rumah memiliki waktu untuk mengosongkan jadwal dan mempersiapkan sambutan. Upayakan tidak merepotkan tuan rumah ketika berkunjung ya. Membawa serta buah tangan tentu akan lebih baik.

 

***

Setiap orang memiliki cara sendiri untuk menghabiskan waktu luangnya. Ke manapun dan aktivitas apapun yang kamu lakukan, pastikan hal itu membawa kebahagiaan dan semangat sebagai bekal di hari berikutnya.

Selamat liburan dan bersenang-senang!