Tiket Anda
Not Interested

Dear Freshgrad Yang Lagi Cari Kerja, Melamarlah di 4 Kantor Ini

28 November 2019
#LiveAwesome

Selain nominal gaji pokok, benefit atau tunjangan dari perusahaan yang menarik bisa membuat banyak orang ingin melamar jadi pegawainya. Dari sisi karyawan, tentu ini yang dicari. Tapi, bukan karyawannya saja yang beruntung. Kalau dilihat dari sisi perusahaan, juga ada keuntungannya, lho. Kebahagiaan yang dirasakan para pekerja-kelas-menengah-ngehe ini akan memberikan dampak positif yang besar pada perusahaan. Soalnya, kalau karyawan bahagia, keuntungan perusahaan pun akan meningkat.

Itu bukan sekadar omong kosong. Profesor Stephen Teo dari Edith Cowan University di Australia, mempelajari dampak kebahagiaan karyawan pada perusahaan. Menurutnya, jika karyawan bahagia di tempat kerja, produktivitas perusahaan akan naik, dan ketika produktivitas meningkat, maka keuntungan perusahaan pun meningkat.

Sebaliknya, menurut Profesor Stephen, perusahaan yang memiliki karyawan tidak bahagia biasanya memiliki tingkat turnover karyawan yang tinggi. Ini berarti, perusahaan akan membutuhkan biaya tambahan perekrutan dan pelatihan yang tinggi bagi karyawan baru. Jadi malah rugi, deh.

Bisa dibilang, karyawan adalah roda penggerak dalam ‘mesin’ perusahaan, detak jantung sebuah bisnis. Ketika karyawan tidak bahagia, tidak bersemangat dan tidak termotivasi, perusahaan pun akan ‘menderita’. Kabar baiknya, sudah cukup banyak perusahaan yang menyadari hal tersebut dan berlomba-lomba memberikan fasilitas terbaik untuk karyawannya. Berikut ini adalah 4 perusahaan yang menawarkan fasilitas atau tunjangan unik untuk membuat karyawan mereka bahagia.

#1 Netflix

Di kantor pusat Netflix, di California, Amerika Serikat, hari libur dan jam kerja bisa ditentukan oleh pegawai. Perusahaan hanya memastikan semua pekerjaan selesai pada waktunya. Tak masalah kapan atau berapa lama pegawai berada di kantor. Netflix juga memperbolehkan karyawan untuk memilih berapa lama cuti setiap tahun, apakah itu 2 minggu atau 2 bulan. Uwuwu, kalau begini, sih, passion dan pekerjaan bisa jalan beriringan ya, Gaes.

#2 Google

Kantor ini memang terkenal memiliki berbagai benefit dan fasilitas menarik untuk pegawainya. Beberapa di antaranya:

  • Makanan gratis untuk sarapan, makan siang, dan makan malam.
  • Tempat potong rambut di kantor.
  • Ruangan game yang lengkap dengan berbagai video games, meja pingpong, biliar, dan foosball.
  • Peralatan gym lengkap dan kolam renang dalam kantor.
  • Fasilitas binatu dan dry cleaning
  • Staf medis di kantor.

Tunjangan yang paling jarang ditemui di perusahaan lain adalah fasilitas tunjangan kematian dari Google. Majalah Forbes pernah menuliskan soal ini, yaitu adanya tunjangan kematian untuk pasangan dari karyawan Google yang menerima 50% dari gaji karyawan setiap tahun, selama satu dekade (10 tahun). Tunjangan kematian juga diterima oleh anak pegawai, yaitu mendapat uang bulanan sebesar $1,000 (sekitar 14 juta) hingga si anak mencapai usia 19 tahun. Ada pula maternity benefit yang gajinya dibayar penuh selama 18 bulan, dan paternity benefit selama 6 minggu.

#3 SAS

Pelopor bisnis analytics software ini perhatian banget sama kesehatan karyawannya. Di tahun 2014, SAS berada di peringkat ke-2 dalam daftar ‘Fortune 100 Best Companies To Work For”. Sementara, Google berada di peringkat pertama.

Di dalam kantor pusat SAS, tersedia Health Center dengan 53 staf kesehatan, termasuk 11 perawat praktisi, 3 dokter umum, 3 ahli diet teregristasi, 5 laboratorium, 1 psikolog, dan 3 ahli terapi fisik. Asyiknya lagi, layanan kesehatan ini juga diperuntukkan bagi keluarga karyawan. Benefit lainnya?

  • Tiga minggu liburan bersama perusahaan
  • Cuti sakit tak terbatas
  • Tempat penitipan anak (daycare) di lokasi kantor yang disubsidi
  • Program beasiswa kuliah anak.

#4 Spotify

Benefit paling unik di Spotify adalah egg freezing atau pembekuan sel telur. Spotify memerhatikan kalau banyak pekerja milenial yang menunda kehamilan. Karena itu, perusahaan menanggung biaya untuk pembekuan sel telur dan bantuan program kesuburan untuk para karyawan yang kesulitan memiliki anak.

Mungkin enggak semua perusahaan di atas, yang membuka kantor cabang di Indonesia, memberlakukan tunjangan sama seperti di kantor pusatnya. Tapi, siapa tau ada benefit lain yang enggak kalah menarik dan disesuaikan dengan kultur di sini. Bisa ditanyakan, kok, ke HRD saat sesi wawancara kerja. Enggak menutup kemungkinan, tunjangannya berupa uang bonus yang diberikan dalam waktu-waktu tertentu dalam setahun. Terus, bonusnya bisa kita manfaatkan buat investasi, deh.

Deposito adalah contoh ideal bentuk investasi yang ramah di kantong dan memiliki cukup banyak keuntungan. Dengan kata lain, deposito adalah salah satu alternatif terbaik untuk investasi bagi kita. Supaya kita lebih mudah membuka deposito, DBS memberikan kemudahan pengajuannya melalui aplikasi digibank by DBS, lho. Caranya mudah sekali. Yuk, simak langkah pembukaan deposito di sini. Nah, kalau pingin tau jawaban terbaik untuk 7 pertanyaan sulit tentang kepribadian saat interview kerja, cek bocorannya di sini.