Tiket Anda
Not Interested

Ubah Cara Kerja untuk Membuat Generasi Millennial Mau Bertahan di Perusahaan

13 Juli 2018
#LiveSmart

Apa kamu generasi millennial Indonesia yang sering kesulitan untuk adaptasi dengan cara kerja dengan para generasi X? Atau kamu malah generasi X yang bingung bagaimana menyesuaikan kepemimpinan kepada generasi millennial?

Generasi millennial segera menjadi angkatan kerja terbesar di Indonesia. Berdasarkan data BPS di tahun 2016, dari total jumlah angkatan kerja di Indonesia yang mencapai 160 juta, hampir 40% di antaranya tergolong millennial – sebesar 62,5 juta. Terbanyak kedua setelah generasi X yang mencapai 69 juta, dan jauh di atas generasi Baby Boomers yang hanya tersisa 28,7 juta.

Dalam survey “Employee Engagement Among Millennials” yang menyertakan 1.200 narasumber, Dale Carnegie ingin mengetahui tingkat keterlibatan karyawan/employee engagement di Tanah Air. Employee engagement merupakan komitmen karyawan, baik emosional maupun intelektual, untuk memberikan performa terbaiknya kepada perusahaan. “Studi kami bahkan menunjukkan, 9% karyawan millennial menolak terlibat/disengaged dengan perusahaan. Lebih besar lagi, yakni 66%, tenaga kerja milenial cuma terlibat sebagian/partially-engaged. Tentunya mengkhawatirkan, sebab golongan ini bisa berpindah ke disengaged jika perusahaan tidak lekas mengambil langkah antisipasi,” ujar Joshua Siregar selaku Director National Marketing Dale Carnegie Indonesia. (sumber dari marketeers.com)

Kehadiran generasi millennial Indonesia di dunia kerja memberikan warna tersendiri. Jumlahnya yang mencapai hampir setengah dari keseluruhan pekerja aktif di Indonesia, membuat cara kerja di suatu perusahaan mau tidak mau beradaptasi dengan karakteristik generasi millennial untuk memaksimalkan potensi mereka. Demi mencapai target perusahaan, lebih baik cari solusi sama-sama-menang dibanding mempertahankan konsep kerja perusahaan yang konvensional. Ya kan?

Generasi millennial suka berkolaborasi tanpa perlu segan saat bekerja dengan leader, manager level, atau senior.

Berkenalan dengan ciri ciri generasi millennial yuk!

1. Generasi millennial lebih suka pemimpin yang memberi teladan

Banyak otoritas dan tidak transparan dalam perusahaan bikin para millennial tidak betah bekerja. Mereka lebih memerlukan pemimpin sebagai mentor, dibanding sebagai atasan yang otoriter. Action speaks louder than words!

2. Generasi millennial tidak peduli hierarki dalam bekerja

Hierarki bagi millennial hanya sekadar formalitas yang diperlukan untuk keabsahan sebuah perusahaan. Dalam bekerja, mereka lebih menyukai kolaborasi tanpa perlu segan saat bekerja atau bertukar pikiran dengan leader, manager level, atau pekerja senior.

3. Generasi millennial dan tantangan

Jangan berikan karyawan millennial pekerjaan rutin yang itu-itu saja dalam jangka waktu yang lama. Sifatnya yang mudah bosan justru menjadi poin positif saat kita melihatnya sebagai generasi penyuka tantangan. Memberikan tantangan kerja, beasiswa, atau workshop singkat di luar negeri akan menjadi pertimbangan menarik untuk mereka bertahan di perusahaan.

4. Generasi millennial suka bekerja keras dan berpikiran positif

Berdasarkan penelitian yang dibahas di World Economic Forum 2017, 43% dari mereka yang disebut pekerja keras adalah generasi millennial, sedangkan 57% lainnya adalah Generasi X. Sebanyak 70%-nya optimis terhadap masa depannya. Kabar baik untuk perusahaan, bukan? Jika strateginya sesuai, pasti hasilnya optimal.

5. Generasi millennial dan lingkungan kerja yang nyaman dan menyenangkan

Generasi Millennial akan membangun suasana kerja yang nyaman karena itu membuat mereka lebih semangat bekerja. Selain itu, fasilitas kantor yang menyenangkan akan membuat mereka bekerja lebih produktif.

Fasilitas kantor yang menyenangkan akan membuat generasi millennial bekerja lebih produktif.

Nah dengan mengenal ciri-ciri generasi millennial dan karakteristiknya tersebut, akan lebih mudah untuk membuat mereka menemukan cara kerja yang lebih efisien dan efektif. Bagi para atasan atau senior pun akan lebih memudahkan untuk membuat strategi atau pendelegasian kerja untuk karyawan millennial.

Generasi millennial yang terbiasa hidup dengan kemudahan digital, perlu juga didukung dengan fasilitas kekinian dari perusahaan tempatnya bekerja. Salah satunya adalah rekening bank yang menawarkan layanan dan keuntungan tersebut. Berikan karyawan generasi millennial rekening bank yang memiliki kemudahan akses langsung dari gadget pribadinya: digibank. Akses di sini untuk mendaftar!

Simak juga bagaimana tips cara kerja cerdas ala generasi millennial di sini.