Tiket Anda
Not Interested

5 Cara Kerja Lebih Efektif Untuk Generasi Millennial

17 Juli 2018
#LiveSmart

Pengertian generasi millennial atau disebut juga generasi Y adalah generasi setelah generasi X, yang lahir di antara tahun 1980an hingga 2000an. Saat ini usia mereka berada di pertengahan 20 tahun dan pertengahan 30 tahun. Kini mereka menempati posisi terbesar kedua dalam jumlah terbanyak yang berada di dalam dunia kerja di Indonesia, yaitu berjumlah 40%.

Dalam artikel sebelumnya, dengan mengenal ciri-ciri generasi millennial dan karakteristiknya, akan lebih mudah untuk membuat mereka menemukan cara kerja yang lebih efisien dan efektif. Lalu bagaimana dengan tips kerja cerdas a la generasi millennial Indonesia yang bisa diterapkan di perusahaan?

Berikut adalah 5 cara kerja yang bisa diterapkan dalam perusahaan, untuk generasi millennial:

1. Pastikan ada arahan atau teladan yang jelas dalam mencapai target

Jika kamu adalah manager atau senior para millennial: Tempatkan senior yang bisa memberikan teladan dan arahan yang jelas bagi tim yang terdiri dari generasi millennial.

Jika kamu adalah millennial: Buat skema strategi sejelas mungkin untuk menyelesaikan pekerjaan beserta timeline pengerjaannya. Mintalah bantuan pada senior yang kompeten dan dapat kamu minta arahannya, jika atasanmu tidak selalu dapat memberi teladan atau arahan detail pengerjaannya.

2. Kolaborasi di kantor

Jika kamu adalah manager atau senior para millennial: Bertukar pengetahuanlah dengan para millennial yang digital savvy untuk memanfaatkan teknologi. Kolaborasi ini akan dapat memaksimalkan alat, teknologi, program atau aplikasi terbaik yang membuat kerja lebih efektif dan efisien.

Jika kamu adalah millennial: Temukan teman untuk mengasah kreativitas atau membangun diskusi menemukan penyelesaian kerja yang lebih baik. Diskusi hal lain di luar pekerjaan, seperti pembahasan hobi saat waktu luang juga dapat bikin klop untuk kerja bareng tim di kantor, lho!

Sebagai millennial di tempat kerja, temukan teman untuk mengasah kreativitas atau membangun diskusi menemukan penyelesaian kerja yang lebih baik.

3. Lakukan pengembangan diri

Jika kamu adalah manager atau senior para millennial: Berikan ruang untuk karyawan millennial mengembangkan diri dengan memberikan mereka pelatihan dan buku atau materi pembelajaran yang dapat membantu mereka memaksimalkan potensi.

Jika kamu adalah millennial: Gunakan waktu luang untuk belajar atau terlibat dalam proyek lain bersama orang-orang yang jabatannya di atasmu. Jika perusahaanmu terbuka bagi karyawannya mengambil pelatihan atau kesempatan kerja di luar negeri di tempat anak perusahaan, ajukan dirimu untuk ambil kesempatan ini.

4. Buat suasana dan lingkungan kerja yang menyenangkan

Jika kamu adalah manager atau senior para millennial: Hilangkan hierarki dan otoritas yang tidak perlu dalam bekerja jika 2 hal tersebut malah mempersulit penyelesaian pekerjaan.

Jika kamu adalah millennial: Kamu bisa saja memberikan saran konkrit untuk perusahaan agar dapat menumbuhkan suasana dan lingkungan kerja yang positif dan menyenangkan. Mengadakan gathering rutin atau mengajukan pengadaan ruangan khusus penghilang penat di kantor.

5. Memberikan motivasi untuk generasi millennial

Jika kamu adalah manager atau senior para millennial: Motivasi tidak sekadar kata-kata, tapi berikan ruang untuk generasi millennial menuangkan ide dan masukan dalam pekerjaan. Hal ini membuat para millennial yang pekerja keras dan optimis akan bekerja lebih baik lagi.

Jika kamu adalah millennial: Olah setiap saran atau pendapat yang ditujukan pada kamu sebagai masukan untuk membuatmu lebih baik kedepannya. Mintalah sesi appraisalberkala untuk kamu dapat melihat potensi mana yang dapat diasah lebih tajam lagi.

Sebagai manager, berikan ruang untuk generasi millennial menuangkan ide dan masukan dalam pekerjaan

Generasi Millennial punya segudang tips kerja cerdas untuk menyelesaikan pekerjaannya. Kehadirannya dalam perusahaan membawa konsep baru. Kreativitas dan cara kerja yang berbeda justru menghasilkan metode kerja yang efektif dan efisien dalam mewujudkan target perusahaan. Gak selamanya generasi millennial itu berasosiasi dengan etos kerja payah kan?

Berikan penghargaan karyawan millennial berupa kesempatan ambil cuti khusus travelling pembukaan rekening DBS untuk mendapatkan keistimewaan more miles more smile dari DBS bagi millennials terbaik di perusahaan. Buat janji temu untuk diskusi lebih lanjut mengenai hal menarik ini, atau apply langsung saja sekarang.