Tiket Anda
Not Interested

Cicilan Utang Bikin Kamu Bingung? Begini Caranya Mengatur Utang dalam Mengelola Keuangan Pribadi Kamu.

23 Agustus 2018
#LiveSmart

Ada kalanya kamu merasa kebutuhan saat ini kok banyak banget, sedangkan gaji (masih) kecil ataupun belum turun dan uang belum mencukupi untuk dibeli langsung secara kontan. Mungkin dalam mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil, kamu bisa mempertimbangkan untuk berutang Eits, yang mau dibahas kali ini bukan sembarang ngutang lho, yaitu cicilan utang yang bisa kamu manfaatkan melalui kartu kredit yang kamu pakai.

Misalnya saja kamu baru pindah tempat tinggal dan kamu memiliki beberapa kebutuhan dasar yang kamu perlukan, ketika dikumpulkan kok totalnya jadi banyak banget ya? Nah, kalau seperti ini, mungkin cicilan utang bisa menjadi salah satu pertimbangannya.

Emang boleh ngutang?

Boleh saja asal berutang dijadikan pilihan terakhir serta kamu tahu bagaimana caranya mengatur cicilan utang yang sehat. Kalau kamu memiliki kartu kredit, manfaatkan dengan baik fitur dan promo yang diberikan oleh provider kartu kredit kamu. Tentukan juga utang yang kamu lakukan untuk membeli barang itu merupakan keinginan atau kebutuhan.

Mengelola utang sesuai dengan kebutuhan.

1. Catat Arus Kas dengan Tertib

Arus kas atau cash flow yang baik akan dapat membantu kamu memantau dan mengatur keuangan pribadi kamu setiap bulannya. Yang harus kamu ingat, catat setiap pendapatan dan pengeluaran yang ada. Kamu bisa mengatur keuangan pribadi dengan excel kemudian berikan kode transaksi untuk apa saja pengeluaran yang kamu lakukan. Dengan demikian dalam mengatur pos keuangan pribadi, kamu akan tahu ke mana saja perginya porsi uang kamu.

2. Pakai Kartu Kredit Secara Tertib

Gunakan fitur promo untuk mendapatkan benefit lebih dari kartu kredit yang kamu gunakan. Dengan memakai kartu kredit dengan tertib, kamu bisa melebarkan arus kas kamu. Jadi nih, karena cicilan utang dengan kartu kredit, kapasitas arus kas dalam keuangan pribadi kamu untuk belanja jadi lebih longgar.

3. Manfaatkan Cicilan Utang 0%

Ada beberapa tempat belanja online dan offline yang memberikan fitur untuk menjadikan barang yang kamu beli menjadi cicilan utang dengan bunga 0%. Manfaatkan dengan baik untuk membantu mengatur pos keuangan pribadi kamu. Yang penting tiap bulannya kamu harus membayar tepat waktu.

4. Pikirkan Jangka Waktu Cicilan Utang

Jangan terlalu lama dalam cicilan utang, ambil jangka waktu di 3-6 bulan saja untuk harga barang yang tidak terlalu tinggi. Untuk harga barang yang cukup tinggi mungkin bisa dimaksimalkan 12 bulan. Jangan lupa mencatat keuangan pribadi serta cek dan catat limit kartu kredit kamu, jangan sampai habis limit dan tidak bisa digunakan di saat darurat.

5. Utang Maksimal 30% dari Gaji

Terpaksa berhutang berarti kamu siap ‘ribet’ kamu harus mengingat kembah4 rumus¬† 40-30-30 dalam mengatur keuangan pribadi yes?¬† Komposisinya untuk apa saja? 40% untuk pengeluaran rutin, 30% untuk cicilan utang, dan 0% untuk investasi atau menabung. Ingat baik-baik rumus di atas, sehingga ketika kamu mencatat arus kas untuk pos keuangan pribadi kamu, tetap menggunakan panduan rumus tersebut.

6. Membayar Tagihan Kartu Kredit Secara Penuh

Selalu bayar tagihan kartu kredit secara penuh setiap bulannya. Jangan mengambil dengan menggunakan pembayaran minimum ketika kamu melunasi tagihan pembayaran kartu kreditmu. Bayar juga di waktu yang jauh sebelum jatuh tempo, untuk menghindari kamu lupa atau terlewat membayar kartu kredit. Bunga ditambah denda keterlambatannya lumayan lho.

Dengan mengikuti tips cara mengatur utang di atas ketika mengelola pos keuangan pribadi kamu, yakin deh kamu akan memiliki manajemen utang yang baik. Berutang demi gengsi? Duh, enggak deh. Kalau diikutin, gengsi gak akan ada habisnya. Ingin tetap bisa bersenang-senang tapi cash flow tetap lancar? Melajulah tanpa ragu dengan Tabungan dan Kartu Kredit digibank.

Nikmati beragam keuntungan dari aplikasi termasuk gratis transfer kemana saja dari Aplikasi digibank by DBS, Tabungan tanpa saldo minimum dan Kartu Kredit digibank Live Fresh dengan cashback 25% untuk semua transaksi online. Gak usah pakai bingung, langsung saja ke go.dbs.com/id-fastrack untuk informasi lebih lanjut.