Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#AsianInsight

Bank Indonesia Pertahankan Suku Bunga untuk Stabilitas Ekonomi

By Admin, 28 Juli 2022 Kondisi Pasar & Investasi

Bank Indonesia Pertahankan Suku Bunga untuk Stabilitas Ekonomi

Bank Indonesia (BI) masih mempertahankan suku bunga acuan sebesar 3,5 persen, dengan berpatokan pada angka inflasi inti yang terkendali dan surplus perdagangan yang kuat. Sejauh ini BI memandang stabilitas ekonomi masih menjadi prioritas, dan keputusan mengulur kenaikan suku bunga acuan ini adalah antisipasi dari risiko gejolak lebih besar di pasar global.-

Radhika Rao, ekonom senior Bank DBS Asia dalam laporan riset bertajuk ”High Subsidy Budget Leaves Bank Indonesia with More Headroom” mengatakan performa rupiah yang cenderung baik, surplus transaksi berjalan, serta tingginya surplus neraca perdagangan membuat tekanan eksternal tidak begitu berdampak terhadap perekonomian Indonesia.

”Kondisi tersebut juga memberikan ruang lebih bagi BI untuk mengulur kenaikan suku bunga acuan, sehingga BI akan mempertahankan suku bunga acuan utama di kisaran 3,5 persen.” Ujar Radhika.

Radhika mengatakan perubahan penting dalam lanskap global dan domestik telah memberi penilaian ekonomi khusus bagi bank sentral. Melihat pertumbuhan global dari keseluruhan, perkiraan pertumbuhan ekonomi kemungkinan dipotong dari 3,5 persen yoy menjadi 2,5 persen yoy.

”Sementara pada pertumbuhan domestik dipatok di angka 4,9 persen untuk 2022 (4,5 persen – 5,3 persen).” Ujar Radhika.

Di samping itu, BI mengumumkan langkah strategis dalam kenaikan Rasio Persyaratan Cadangan (RRR), di mana bank diminta untuk memberi porsi 7,5 persen dari cadangan mereka pada Juli dan 9 persen mulai September. Kebijakan ini adalah perubahan dari penetapan tiga kenaikan RRR sebelumnya secara bertahap di 2022 dari 3,5 persen menjadi 6,5 persen pada September.  

”Penggunaan RRR ini ditujukan untuk pemberi pinjaman konvensional dan sebagai upaya menyerap likuiditas dengan cara yang tidak mengganggu.” Ujar Radhika.

Bank Indonesia Pertahankan Suku Bunga untuk Stabilitas Ekonomi

Menurut Radhika Rao dalam laporan bertajuk ”Bank Indonesia Extends Pause On Rates, Bides Time” peningkatan RRR akan menormalisasi kondisi uang tunai yang akan mencapai 9 persen serapan pinjaman di kuartal terakhir 2022. Sejauh ini RRR dilaporkan telah menyerap senilai Rp219 triliun likuditas, dan BI juga telah mengurangi kepemilikan obligasinya.

”Ada sekitar Rp390 miliar Surat Berharga Negara (SBN) yang dijual. Ini sebuah langkah untuk penyesuaian langsung dengan kondisi.” Ujarnya.

Rao memperkirakan situasi perekonomian tidak berubah terlalu jauh, termasuk pertumbuhan 4,5-5,3 persen untuk tahun ini, dan defisit transaksi yang berjalan di kisaran -0,5-1,3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Di luar itu, inflasi 2022 diprediksi terlihat sedikit lebih tinggi dari 4 persen tetapi akan kembali ke kisaran 2-4 persen pada 2023.

Dengan berkaca pada jalur komoditas yang lancar, sektor makanan berjalan baik, dan berlalunya kenaikan harga, kemungkinan inflasi rata-rata akan menyentuh kisaran 4 persen di 2022. Kemungkinan lainnya, secara inti inflasi diprediksi akan berada di kisaran 2,7 persen di 2022, dengan sedikit kenaikan menjadi 3 persen di kuartal terakhir 2022.

”Beban produk bahan bakar di keranjang konsumsi akan membatasi limpahan ke inflasi utama.” Ujar Radhika

Di sisi lain pemerintah memproyeksikan defisit fiskal 2022 akan turun menjadi -3,9 persen dari PDB. Jika dibandingkan dengan indikasi sebelumnya sebesar -4,5 persen dan yang telah dianggarkan sebesar -4,85 persen, proyeksi ini menandakan kebutuhan pembiayaan di 2022 secara efektif turun dari proyeksi sebelumnya.

”-3,9 persen dari PDB itu sebesar Rp732,2 triliun.” Ujar Radhika.

Selain itu neraca fiskal di semester pertama 2022 telah mencapai surplus kecil sebesar 0,4 persen dari PDB, yang didukung oleh kenaikan 55 persen yoy pendapatan pajak. Ini telah menyebabkan taregt penerbitan utang diturunkan dari kuartal satu dan kuartal dua sebesar Rp241 triliun dan Rp154 triliun, menjadi 147 triliun di kuartal ketiga. 

Bank Indonesia Pertahankan Suku Bunga untuk Stabilitas Ekonomi

Terkait hal itu, BI berencana untuk mengoordinasikan langkah-langkah dengan pemerintah untuk memperhatikan dampak positif dari anggaran subsidi yang lebih tinggi terhadap inflasi. Salah satu langkah yang akan dilakukan pemerintah melalui Kementerian Keuangan adalah menaikkan alokasi subsidi, terutama di sektor energi, untuk menekan pengaruh inflasi domestik terhadap daya beli konsumen.

”Seperti yang dibahas dalam anggaran, subsidi yang tinggi akan diprioritaskan untuk BBM dan listrik, sedangkan Non-subsidi energi akan dinaikkan.” Tuturnya.

Untuk perdagangan, sepertiga dari output perdagangan dicakup oleh sektor makanan, biodiesel, dan komoditas lainnya, sementara sisanya diekspor. Sektor-sektor tersebut dinilai sebagai salah satu sektor yang cukup signifikan membantu tercapainya surplus perdagangan tahun ini, sehingga pertumbuhan ekonomi dapat terjaga dan berpotensi mencapai stabilitas perekonomian lebih lanjut.-

DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more