Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveSmarter

Tips Paling Sip Ngerem Belanja Impulsif Kamu!

By Admin, 9 Maret 2023 #LiveSmarter

DBS Live More Society - Tips Paling Sip  Ngerem Belanja Impulsif Kamu!

“Masih tanggal segini kok saldo udah segitu sih?” Pernah ngerasa kayak gitu nggak pas lagi cek saldo? Mungkin secara nggak langsung kamu impulsif saat belanja! Gimana cara nahannya? Simak artikel ini sampe selesai ya!   -

Siapa sih yang nggak pernah dan nggak suka belanja? Belanja grosiran, belanja bahan makanan, sampai belanja pakaian. Selain karena kebutuhan, belanja itu juga termasuk sarana hiburan loh karena bisa bikin kamu happy!
Saking senengnya, kadang bisa bikin kamu kebablasan loh. Ini itu dibeli, lucu dikit dibeli, eh lama-lama nggak sadar saldo makin menipis. Pola belanja kayak gitu namanya impulsif. Nih, mending kamu rem belanja impulsif kamu dengan baca artikel ini. Cekidot!


Kenapa bisa belanja impulsif?

DBS Live More Society


Kalau dikit-dikit belanja, bisa-bisa kamu nggak punya tabungan. Ini alasan kamu jadi belanja impulsif:

  1. Kamu gengsian
  2. Biasanya orang-orang pada belanja impulsif karena gengsi tinggi. Belanja barang branded padahal dompet lagi seret, ya demi status sosial dan gengsi.

  3. Selalu pengen up-to-date
  4. DBS Live More Society

    Kamu selalu berusaha ngikutin tren yang ada, misalnya terus beli handphone setiap ada edisi terbaru tapi sebenarnya punya kamu yang lama masih baik-baik aja.

  5. Senang dengan kepuasan instan
  6. Tau nggak, kalau belanja barang yang kamu inginkan bisa melepaskan dopamin karena keinginan kamu terpenuhi. Misalnya, kamu beli sneakers impian kamu. Kalau perasaan kamu nggak dikontrol dengan baik, bisa-bisa kantong kamu malah jadi nggak baik karena impulsive buying.

  7. Gampang tergoda promo
  8. Perilaku impulse buying paling mudah tergoda dengan label promo atau diskon. Ini terjadi biasanya karena kamu berpikir kalau kamu bakal kehilangan kesempatan emas apabila nggak membelinya karena diskon itu nggak akan ada di lain waktu.


Gimana cara sih cara menahan impulsif?


DBS Live More Society

Buat kamu yang bosen duit bulanannya habis karena belanja nggak penting, ini tips biar kamu bisa belanja yang efektif:

1. List belanjaan yang mau dibeli

Salah satu yang bikin kamu boros itu beli yang nggak kamu butuhin. Nah kalau kamu bawa daftar kebutuhan belanja, kamu langsung ke tempat yang kamu cari dan membeli sesuai apa yang ada di daftar itu tanpa banyak lirik barang lain. Cara ini cukup ampuh asalkan kamu disiplin sama yang ada di daftar belanja mu.

2. Sedia uang cash

Sebenarnya nggak apa-apa kalau kamu bisa ngontrol, tapi kalau kamu pakai pay later yang berlebihan, kamu makin gampang belanja barang yang kamu pengen bukan yang dibutuhin. Mending kamu sediain uang cash secukupnya untuk belanja biar tetap kekontrol.

DBS Live More Society

3. Jangan belanja bahan makanan saat lapar

Apa ngaruhnya? Jelas berpengaruh banget karena kalau kamu belanja bahan-bahan makanan saat lapar, kamu akan mudah tertarik untuk beli bahan makanan yang nggak kamu perluin karena “lapar mata”. Mendingan kamu bikin daftar belanjaanmu dan jangan belanja pas lagi lapar!

4. Amati barang-barang di rumah kamu

Cara lain mengatasi kebiasaan impulsif adalah dengan meneliti semua barang di rumah. Perhatikan baik-baik isi lemari sampai ke dapur. Apakah barang tersebut penuh karena kebanyakan barang yang nggak pernah dipakai? Kalau iya, berarti kamu perlu mengurangi kebiasaan belanja dan mulai berhemat.

Yuk saatnya kamu ngurangin belanja impulsif dan mulai nabung. Kalau kamu nyari tabungan yang banyak keuntungan dan kemudahan, pakai Tabungan Maxi dari DBS. Produk dari digibank yang nawarin kamu kemudahan untuk punya tabungan dengan bunga hingga 3% p.a dan bisa kamu ambil kapan saja tanpa terikat jangka waktu. Buka tabungannya di sini ya!-

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more