Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveSmarter

Siapin Amunisi Jelang Perang Resesi!

By Admin, 4 Januari 2023 #LiveSmarter

DBS Live More Society - Siapin Amunisi Jelang Perang Resesi!

Isu resesi 2023 sebentar lagi! Yuk siapin dari sekarang biar nanti ngadepin resesi bisa nyantai sambil ngopi-

Udah beberapa bulan kemarin lagi rame soal resesi nih. Saking populernya kata tersebut, banyak orang jadi was-was untuk menyambut tahun 2023. Katanya juga, tahun depan bakal jadi tahun yang gelap. Meski begitu, kamu sebenarnya nggak perlu panik, karena ada cara menghadapi resesi dengan bijak, biar kamu terhindar dari segala resiko buruk dari resesi. Yuk baca artikel ini sampai habis ya, soalnya ada cara untuk menghadapi resesi tahun 2023 nanti!

 Apa sih Arti Resesi?

DBS Live More Society

Sering ngomongin resesi, udah tau belum artinya? Resesi adalah sebuah istilah yang biasa dipakai buat menggambarkan keadaan dimana perputaran ekonomi suatu negara berubah jadi lebih lambat atau buruk. Nah, biasanya resesi terjadi selama paling sebentar tiga bulan, kalau parah bisa hingga beberapa tahun.

Oh Ternyata Ini Penyebab Resesi

DBS Live More Society

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan resesi dan cara mengatasi resesi ekonomi pun berbeda disesuaikan dengan faktor penyebabnya. Ini nih, beberapa sebab terjadinya resesi ekonomi:

#1 Inflasi
Inflasi terjadi karena harga barang dan jasa naik drastis terus-terusan. Kenaikan harga ini mengakibatkan pada melemahnya daya beli masyarakat, yang bakal diikuti dengan penurunan produksi barang dan jasa tersebut. Kalau nggak ditangani dengan cepat, inflasi bikin angka pengangguran dan kemiskinan meningkat dan terjadi resesi.

#2 Deflasi Berlebihan
Kebalikan dari inflasi, deflasi adalah kondisi di mana harga barang dan jasa terus mengalami penurunan yang bikin upah kerja juga mengalami penurunan. Kondisi ini biasanya karena adanya penundaan pembelian barang hingga harga terendah.

#3 Teknologi yang Berkembang Pesat
Perkembangan teknologi ternyata ada dampak buruknya lho! Lapangan pekerjaan akan menurun karena pekerja digantikan dengan teknologi seperti AI dan robot. Kalau lapangan pekerjaan terus menurun, angka pengangguran dan kemiskinan juga akan meningkat.

#4 Impor Terlalu Besar daripada Ekspor
Kalau suatu negara memiliki nilai impor suatu negara lebih besar jika dibandingkan dengan ekspornya, defisit anggaran negara dan pendapatan nasional bakal menurun juga.

Ini Dampak Nyata Resesi

DBS Live More Society

Ini yang bakal kamu rasakan ketika resesi nanti. Siap-siap ya!

  • Semua Harga Barang Makin Naik
    Resesi bisa bikin biaya kebutuhan pokok sehari-hari makin naik. Mulai dari sabun, pasta gigi, hingga beras, sayur-sayuran, dan yang lain. Yang biasanya kamu beli di bawah Rp10.000, kemungkinan bakal naik jadi Rp13.000 - sampai Rp15.000
  • Kenaikan Gaji < Kenaikan  Pengeluaran
    Meskipun tiap tahun akan terjadi kenaikan pendapatan, saat di masa resesi akan terasa sulit untuk mengimbangi banyaknya kenaikan harga yang terjadi.
  • Saling Sikut Nyari Kerja
    Ini terjadi karena imbas dari banyaknya PHK beberapa perusahaan. Maka dari itu, kamu bakal kesulitan mencari pekerjaan karena saingan kamu makin bertambah berkali-kali lipat.
  • Bunga Cicilan Makin Berat
    Buat kamu yang suka nyicil-nyicil, hati-hati ya. Kemungkinan besar banyak bank sentral menaikkan suku bunga mereka agar menstabilkan dengan kondisi resesi.

Ini Solusi Menghadapi Resesi

DBS Live More Society

#1 Atur Cash flow dengan Teliti
Kamu harus bikin anggaran sedetail mungkin untuk meminimalisir pengeluaran yang berlebih. Sesimpel dengan memisahkan antara kebutuhan dan keinginan kamu. Sisihkan pengeluaran yang nggak kamu perlukan seperti nongkrong atau belanja pakaian. Tujuannya agar kamu punya banyak uang untuk dialokasikan ke dana darurat atau investasi

#2 Jangan Kebanyakan Utang
Usahakan jangan nyicil untuk kebutuhan konsumtif. Kalau terdesak, atur proporsi hutang yang sehat yaitu dibawah 30% dari penghasilan bulanan kamu. Selain itu, pastikan semua utang kamu saat ini segera dilunasi soalnya utang dengan bunga besar akan sangat mempengaruhi arus kas.

#3 Mulai Menabung dan Investasi
Kamu bisa perkuat fondasi keuangan untuk menghadapi resesi dengan menabung dan berinvestasi. Mulai pelan-pelan menabung untuk dana darurat lalu investasi dengan resiko yang kecil seperti reksa dana atau saham bluechip.

No panic panic club dong setelah liat artikel ini dan makin siap untuk menghadapi resesi. Yuk cicil investasi kamu untuk persiapan nanti dengan Digibank Reksa dana. Pilihan lebih dari 50 produk Reksa Dana yang tersedia dan banyak kemudahan yang bisa kamu rasakan. Klik di sini ya untuk info lebih lanjut!-

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more