Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveSmarter

Terapin “Teknik Pomodoro” yang Bikin Kerja

By Admin, 2 Juni 2022 #LiveSmarter

DBS Live More Society - Terapin “Teknik Pomodoro” yang Bikin Kerja

Fokus gampang terdistraksi hal-hal lain dan akhirnya kerjaan jadi nggak maksimal? Yuk simak tips Pomodoro ini!-

Pernah nggak sih, punya banyak waktu buat nyelesain satu tugas, eh tapi ujung-ujungnya kerjaan jadi molor bahkan nggak selesai tepat waktu? Itu artinya lo susah fokus! Solusinya, bisa terapin “Teknik Pomodoro” ini di keseharian, biar kerjaan lo cepet kelar dan efisien. Yuk kenalan lebih dalam sama teknik satu ini!

  1. Pahamin dulu arti “Teknik Pomodoro”

DBS Live More Society

Teknik Pomodoro adalah teknik time management yang dikenalin oleh Fransisco Cirillo pada akhir tahun 1980. “Pomodoro” sendiri dalam Bahasa Italia artinya tomat. Jadi ceritanya, Cirillo pas masih jadi mahasiswa memakai kitchen timer berbentuk tomat sebagai pengatur waktu saat belajar.
Teknik ini cocok banget buat membantu orang yang susah fokus dalam rentang waktu terlalu lama. Artinya, seseorang diberi kesempatan untuk beristirahat berkali-kali untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Bahkan, teknik belajar Pomodoro disebut efektif untuk melatih fokus dan otak.

  1. Manfaatnya teknik Pomodoro

DBS Live More Society

Manfaatnya, kreativitas terus mengalir dan lo mampu menyelesaikan tugas lebih cepat, selain itu meminimalisir rasa lelah pada mental. Lewat teknik belajar Pomodoro, fokus jadi akan terus terjaga karena otak dilatih terbiasa untuk fokus dalam rentang waktu yang lebih singkat.

  1. Gimana sih cara menerapkan tekniknya?

DBS Live More Society

Metodenya sederhana. Ketika menghadapi tugas yang cukup intens, maka rentang waktu pengerjaannya dipecah menjadi beberapa interval waktu yang disebut Pomodoro.

Nah ini tutorial melakukan teknik Pomodoro:

  • Aktifkan “airplane mode” di handphone

    Matikan notifikasi di HP atau nyalain fitur airplane mode. Tutup browser di laptop yang nggak diperlukan, cukup siapkan materi pendukung yang perlu lo kerjain.

  • Tentukan dan sesuaikan waktu untuk mulai fokus ngerjain tugas

    Lo bisa gunakan jam alarm, atau alarm ponsel. Tentukan berapa lama waktu untuk fokus pada sesuatu yang akan dikerjakan. Sesuaikan waktu fokus berdasarkan ritme sendiri.

  • Enjoy dan rileks saat istirahat

    Nah, setelah menyelesaikan waktu fokus untuk kerjaan, bisa istirahat sambil browsing Instagram, atau sesekali buka WhatsApp. Kalo capek banget, lo bisa berjalan-jalan sebentar dan melemaskan otot selama dua sampai lima menit.

  • Ulangi teknik tadi hingga empat kali

    Gunakan siklus belajar-istirahat selama empat kali, lalu ambil waktu istirahat selama 15-30 menit, asalkan tidak lebih dari waktu fokus.

Nah, tadi adalah tips dan trik teknik Pomodoro agar lo bisa menyelesaikan pekerjaan lebih efisien dan efektif. Fokus nggak cuma dibutuhin pas lagi kerja aja, tapi lo juga harus fokus dalam berinvestasi agar masa depan finansial jadi lebih aman. Kalo urusan investasi, pilih investasi reksadana secara mudah klik di sini!-

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more