Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveSmarter

Sukses ‘Pensiun’ di Usia Muda ala FIRE, Ini Caranya!

By Admin, 18 Agustus 2022 #LiveSmarter

DBS Live More Society - Sukses ‘Pensiun’ di Usia Muda ala FIRE, Ini Caranya!

Karena enggak perlu tunggu tua untuk punya kebebasan finansial dan menikmati hidup seutuhnya. -

Gerakan FIRE (financial independence, retire early) beberapa tahun belakangan ini lagi menarik perhatian banyak orang, terutama kawula muda, karena semakin banyak orang yang ingin menabung cukup uang supaya bisa pensiun dini. Biar nggak ‘kerja, kerja, kerja, terus tipes’ melulu. Tapi, tujuan utama dari gerakan FIRE sebenarnya bukan cuma pensiun di usia muda saja.

Istilah FIRE diyakini lahir dari buku terlaris tahun 1992, berjudul Your Money or Your Life, yang ditulis oleh Vicki Robin dan Joe Dominguez. Saat itu, Vicki dan Robin muncul di Oprah dan berbagi beberapa matematika sederhana kepada penonton: Jika dibutuhkan X waktu untuk menghasilkan uang Y, dan kamu membutuhkan uang Y untuk membeli barang Z, maka barang sama dengan waktu. Dengan kata lain, premis dari buku itu adalah kita harus mengevaluasi setiap pengeluaran, berapa jumlah jam kerja yang diperlukan untuk membayar semua kebutuhan kita.

Kebebasan Finansial Sedini Mungkin
DBS Live More Society
Orang-orang yang menjalankan gerakan FIRE percaya, bahwa pada dasarnya manusia nggak perlu menunggu hari tua buat meraih kebebasan finansial dan menikmati hidup sepenuhnya. Biasanya, orang yang menjalankan metode FIRE kerja keras untuk menabung dan investasi yang ekstrem, dengan tujuan bisa pensiun jauh lebih awal dibandingkan usia pensiun pada umumnya, misalnya di Indonesia usia pensiun adalah 56 tahun ke atas.

Banyak pakar yang bilang kalau FIRE erat hubungannya sama prinsip penghematan yang ekstrem, frugal living, gaya hidup minimalisme, atau cara buat menghasilkan pendapatan pasif demi mendanai pensiun dini. Bahkan, goal-nya nggak harus pensiun dini. Bisa saja fokus untuk punya kemandirian finansial. Intinya, ini semua tentang cara meraih kemampuan finansial untuk bebas memilih apa pun yang ingin kamu lakukan di usia tertentu. Apakah itu pensiun dini, hanya kerja part-time, atau menjalani hobi yang butuh banyak biaya. Semisal, traveling keliling Indonesia, jadi petani urban, ikut lomba lari maraton di berbagai negara, atau punya bisnis sosial.

Baca Juga: Hidup Hemat dan Bahagia ala Frugal Living, Ini 4 Tipsnya

Jenis-jenis FIRE
DBS Live More Society
Ada beberapa variasi FIRE yang sudah berkembang selama bertahun-tahun. Kamu cocok yang mana?

- LeanFIRE
Jenis FIRE ini adalah cara hidup yang minimalis untuk menghemat cukup uang. Hidup dengan uang seminimal mungkin dan menabung sisanya, dan di masa ‘pensiun’ kamu juga akan hidup sederhana.

- FatFIRE
Orang-orang yang mengikuti metode ini nggak akan melakukan banyak ‘pengorbanan’ dalam pengeluaran mereka saat ini atau di masa pensiun, dan karenanya perlu menghemat lebih banyak uang untuk mendanai gaya hidup di masa depan dibanding LeanFIRE. Karena itu, biasanya jenis FIRE ini akan memakan waktu lebih lama untuk mencapai goal dan kemungkinan besar memerlukan penghasilan yang lebih tinggi juga.

- BaristaFIRE
Kalau yang ini fokus pada penghematan uang supaya memungkinkan kita pensiun dari pekerjaan utama kita lebih awal. Goal-nya bukan benar-benar pensiun dan nggak kerja sama sekali, tapi menggunakan kemandirian finansial kita untuk bekerja part-time, jadi freelancer, atau mengejar karir impian yang gajinya mungkin kecil. Ini memberi kita pilihan bekerja untuk kesenangan daripada bekerja untuk hidup.

Cara Meraih Kebebasan Finansial
Cara untuk menerapkan FIRE bisa berbeda-beda bagi tiap individu. Goal yang ingin dicapai pun mungkin berbeda. Tapi, ada cara-cara yang punya dampak besar buat mencapai FIRE, seperti di bawah ini.

1. Membuat rencana
DBS Live More Society
Sebelum melakukannya, wajib banget kamu mempertimbangkan apa goal kamu. Selanjutnya, putuskan kapan goal kamu akan bisa tercapai, terus kamu bisa mulai merencanakan bagaimana cara kamu mencapainya. Misalnya, membuat catatan pemasukan serta pengeluaran kamu saat ini, dan apakah akan berubah di masa depan? Standar hidup apa yang kamu inginkan di masa ‘pensiun’ dan berapa biayanya? Apakah perlu cari penghasilan lain untuk meraih kebebasan finansial kelak?

2. Mengurangi pengeluaran sebisa mungkin
DBS Live More Society
Corinna Phillips, entrepreneur dan financial freedom coach, mengatakan pada Nerd Wallet, kalau konsep utama dari gerakan kemandirian finansial adalah mengurangi pengeluaran sebanyak mungkin. Ini bukan hanya tentang hidup hemat, tapi juga melihat setiap aspek kehidupan finansial kamu untuk mengubah gaya hidup.

Corinna memberi contoh, seperti mengurangi jajan kopi dengan membuatnya sendiri di rumah, menghilangkan langganan layanan streaming yang jarang digunakan, dan lainnya. “Ini memiliki dua keuntungan. Pertama, kamu memiliki lebih banyak uang untuk ditabung menuju FIRE, dan kedua, jumlah uang yang kamu perlu kumpulkan untuk menjadi mandiri secara finansial berkurang karena pengeluaran gaya hidup kamu akan jadi lebih rendah,” kata Corinna.

3. Menghindari hutang
DBS Live More Society
Sebisa mungkin beli sesuatu dengan cash. Tanamkan dalam diri, kalau nggak mampu beli secara cash, mungkin memang belum waktunya kamu memiliki benda tersebut. Kamu juga bisa menyimpan dana darurat untuk membantu kamu kalau lagi ada kesulitan keuangan.

4. Meningkatkan penghasilan
DBS Live More Society
Bisa dengan mencari side job, atau minta kenaikan gaji maupun kenaikan jabatan yang bisa meningkatkan penghasilan kamu. Menemukan cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan dapat membantu kamu mencapai FIRE lebih cepat, selama kamu nggak masuk ke dalam perangkap 'inflasi gaya hidup' yaitu ketika pengeluaran kamu meningkat bersamaan dengan penghasilanmu. Sebaliknya, jika kamu menyimpan uang ekstra yang kamu peroleh ini, dan tentu saja ini bisa membantu kamu mencapai goal lebih cepat!

5. Investasikan tabungan
DBS Live More Society
Investasi adalah cara untuk menghasilkan pendapatan pasif dalam jangka waktu yang panjang. Tony Byrne, Managing Director Wealth and Tax Management, mengatakan, pendapatan pasif harus menjadi target bagi semua orang yang menginginkan kemandirian finansial. “Penghasilan pasif harus menjadi fokus kamu karena tidak menghabiskan waktu kamu yang merupakan sumber dayamu yang paling berharga dan terbatas,” jelasnya.

Kalau pengin tahu cara menginvestasikan uang kamu, cobalah berkonsultasi dengan penasihat keuangan yang bisa mendiskusikan pilihan investasi kamu, sekaligus menjelaskan risiko dan potensinya. Jangan lupa juga cari lembaga keuangan yang aman, seperti digibank by DBS yang sudah terdaftar di OJK. Selain aman, pilihan produk investasinya pun beragam. Mudah pula. Diam-diam, uang kamu bertambah! Buruan cek pilihan investasi digibank di sini.-

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more