Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society
DBS Live More Society
#LiveSmarter

7 Tips Memanfaatkan Freezer Untuk Mengurangi Sampah Makanan?

By Admin, 9 Juni 2020 #LiveSmarter

DBS Live More Society - 7 Tips Memanfaatkan Freezer Untuk Mengurangi Sampah Makanan?

Kita memang tidak punya mesin waktu, tapi kita punya freezer yang dapat ‘mengabadikan’ makanan.

Karena pengin hidup sehat, kita banyak membeli sayuran dan buah-buahan. Lantas kita lupa bahwa kedua bahan makanan ini mudah membusuk, bahkan ketika sudah dimasukkan dalam laci tempat sayur-sayuran di kulkas. Di sinilah freezer bisa menjadi teman baik kita untuk menjadi mesin waktu yang menjaga kesegaran makanan. Berikut berbagai bahan makanan yang bisa kita taruh di freezer agar tidak gampang kadaluarsa:

    -
  1. Roti
    DBS Live More Society
    Lupakan tanggal kadaluarsa di label pembungkus roti. Segera masukkan roti ke dalam freezer. Tentunya pastikan pembungkusnya menempel erat, ya. Jika disimpan dalam freezer, kita bisa menjaga ketahanan roti sampai tiga bulan. Kalau mau digunakan, masukkan dalam toaster atau panaskan di wajan. Untuk jenis roti putih memang kadang saling menempel saat dikeluarkan dari freezer. Tapi kalau sudah dipanaskan di wajan biasanya akan lebih mudah dipisahkan.

  2. Buah-buahan
    DBS Live More Society
    Freezer adalah teman baik kita kalau suka membuat smoothies. Untuk buah-buahan yang berukuran kecil seperti strawberry atau blueberry, langsung masukkan ke freezer. Sementara yang ukurannya besar, kita potong terlebih dahulu, masukkan dalam food container atau plastic, lalu simpan dalam freezer.

  3. Tomat
    DBS Live More Society
    Pastikan tomat yang disimpan dalam freezer akan dimanfaatkan untuk menjadi saus. Kandungan air dalam tomat akan semakin bertambah bila dikeluarkan dari freezer. Jadi tidak akan enak bila digunakan dalam bentuk utuh. Seperti ditaruh dalam sayur.

  4. Sayur-sayuran
    DBS Live More Society
    - Supermarket memang menyediakan beberapa jenis sayuran frozen. Seperti jagung dan green beans. Dengan harga lebih murah, kita bisa membekukan sayur-sayuran ini di rumah. Potong-potong sayuran lalu bungkus rapat dengan baking sheet, food container atau toples. Ini terutama berlaku untuk cabai, jagung

  5. Sisa makanan
    DBS Live More Society
    Masukkan sisa potongan sayur dalam plastik kedap udara di freezer. Kita bisa memanfaatkannya untuk membuat sayur campur-campur dalam bentuk sup atau ditumis dengan sambal. Tulang ayam dan daging yang dibekukan dapat dimanfaatkan untuk membuat kaldu yang natural.

  6. Sisa kopi
    DBS Live More Society
    Setelah menyeduh kopi, jangan langsung buang sisa kopi. Simpan dalam plastic di freezer. Kita bisa membuatnya menjadi scrub. Caranya campurkan dua sendok makan minyak kelapa dengan setengah gelas bubuk kopi. Campur hingga kopi menyatu dengan minyak. Voila, sekarang kita punya scrub natural yang aman untuk kulit.

  7. Berkreasi dengan ice tray
    DBS Live More Society
    Foto: dok.tasteofhome.com
    Baki tempat es enggak cuma bisa dimanfaatkan untuk membuat es dari air putih saja. Kita bisa membuat es batu yang terbuat dari susu, coffee latte atau teh. Enggak perlu takut bahan minuman ini bakal jadi basi!

Mengurangi sampah makanan tidak cuma berguna bagi bumi, tapi juga untuk kondisi keuangan. Enggak perlu setiap minggu sekali beli roti yang fresh atau menghabiskan cabai sebelum layu. Kita juga tidak perlu cemas membeli buah-buahan yang kaya vitamin C karena akan terjaga lama bila ditaruh di freezer. Apalagi sekarang kalau bertransaksi dengan kartu kredit digibank di semua cabang All Fresh, kita bisa mendapatkan satu buah container merek Lock & Lock. Syaratnya minimal transaksi sebesar Rp 750.000 dan berlaku kelipatan, maksimal 2 kali transaksi atau sebesar Rp 1.500.000 per nasabah per hari. Cari tahu syarat mendaftar kartu kredit digibank di sini.

DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more