Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LivemoreKind

Sulap Sisa Telur Perayaan Paskah Jadi Hidangan Lezat, Yuk Coba!

 

By Admin, 9 Maret 2023 #LivemoreKind

Jangan dibuang dulu sisa telurnya, soalnya bisa bikin perut kenyang dan senang.


Di 2023, hari raya Kristen yang merayakan kepercayaan akan kebangkitan Yesus Kristus ini akan diperingati pada 9 April. Nggak cuma diperingati dengan beribadah, tapi ada berbagai tradisi juga. Setiap negara memiliki tradisi yang berbeda, dan tradisi yang banyak dilakukan di berbagai negara adalah telur Paskah.

Dilansir dari Huffington Post, telur Paskah merupakan simbol dari kebangkitan Yesus Kristus. Di masa pra-Paskah, telur adalah salah satu makanan yang pantang untuk dimakan, khususnya dalam tradisi Gereja Katolik dan Ortodoks. Memakannya ketika hari Paskah merupakan bagian dari puncak perayaan. Nah, telur-telur Paskah biasanya akan dilukis atau diwarnai kemudian disajikan kepada anak-anak sebagai suguhan istimewa di akhir Pekan Suci.

Saking eratnya telur Paskah dengan perayaan ini, begitu banyak telur yang terjual menjelang Paskah. Menurut Insider, setiap tahunnya di Amerika Serikat ada 180 juta telur yang dibeli penduduk di sana. Begitu juga di Inggris. Menurut Finder, lebih dari 80 juta telur terjual di Inggris untuk perayaan Paskah. Nah, kalau kamu juga merayakan Paskah dan setelahnya punya banyak sisa telur rebus, jangan dibuang buru-buru, ya! Soalnya, telur-telur rebus ini bisa diolah jadi berbagai hidangan lezat. Perut kenyang, sampah di Bumi pun berkurang. Yuk, bareng-bareng kita bergerak bersama menjalankan kebiasaan nol limbah atau zero waste. Ini dia pilihan olahan makanan dari sisa telur perayaan Paskah. Selamat mencoba!

Baca Juga: Stop Buang Kerupuk Melempem, Ini Rahasianya Biar Bisa Renyah Lagi


#1 Potato Salad




Cincang telur rebus dan masukkan ke dalam Potato Salad terbaikmu. Caranya gampang banget, nikmat plus bikin sehat. Cocok, nih, buat menu sarapan sehat, terutama untuk yang lagi diet. Pertama, taruh potongan kentang yang sudah direbus ke dalam wadah. Lalu, tambahkan irisan kecil daun bawang, seledri dan bawang bombay cincang. Aduk rata, berikan 2 butir telur ayam rebus yang dicincang kasar. Kalau kamu suka, bisa tambahkan potongan kecil paprika hijau/merah.

Untuk sausnya, campur 200 ml mayonnaise, 1 sendok makan mustard, 1/2 sendok teh lada bubuk, 1 sendok teh garam, dan 1 sendok makan air perasan jeruk lemon. Aduk semuanya menjadi satu. Setelah tercampur rata, tuang saus ke dalam Potato Salad, aduk hingga menjadi satu kesatuan. Segera dimakan supaya lebih nikmat. Soalnya, kalau nggak langsung dimakan, salad ini akan berair. Kalau masih ada sisa, masukkan salad dalam wadah tertutup dan simpan dalam lemari es.


#2 Balado Telur




Nah, ini menu masakan yang khas Indonesia banget. Buat pecinta pedas, Balado Telur bakal bikin kamu makan sebakul dengan lahap. Daaan, bisa disimpan di kulkas/freezer buat bekal makan siang besok di kantor. Resep balado atau sambal lado bisa berbeda di tiap daerah, bahkan rumah. Tapi, untuk resep yang praktisnya, kamu bisa coba yang satu ini. Kamu hanya perlu menghaluskan bawang merah dan putih, cabai keriting, cabai rawit merah (opsional), dan tomat jadi satu. Setelah halus, tumis dalam minyak panas, tambahkan batang serai dan daun salam, terus masukkan telur rebusnya, deh. Agar telurnya lebih renyah dan nggak mudah hancur ketika dimasak, goreng telur rebus sampai bagian luarnya renyah dan kecoklatan sebelum diolah menjadi Balado Telur.


#3 Protein Pizza



Buat penggemar pizza, ini bisa jadi opsi makan pizza yang sehat. Beli dough pizza instan, dan berikan topping menyehatkan di atasnya, seperti telur rebus. Tambahkan juga kale yang bakal memberikan extra crispy dan vitamin di pizza-mu. Masih kurang proteinnya? Langsung aja potong tipis sosis atau beef bacon (atau sisa protein apa saja yang ada di kulkasmu), lalu taburkan di atas pizza, dan tambahkan parutan keju di bagian paling atas. Panggang, deh. Beuuuh, nikmat banget!


#4 Classic Choco Chip



Kalau di rumahmu, telur Paskah yang tersisa adalah telur cokelat (bukan telur rebus), ini artinya kamu bisa menyulap mereka jadi camilan manis nan istimewa. Setiap gigitnya mengandung kebahagiaan yang hangat, bikinnya cepat, mudah, dan nggak pernah gagal! Ini resepnya.

Bahan-bahan:

  • 125 gram mentega, lelehkan
  • 1⁄2 cangkir gula merah
  • 1⁄2 cangkir gula kastor
  • 1 butir telur ayam kampung
  • 1½ cangkir tepung terigu
  • 1 sdt baking powder
  • 1⁄2 sdt soda bikarbonat (bicarbonate of soda)
  • 100 gram cokelat masak pekat
  • 100 gram sisa telur cokelat, cincang kasar
  • 100 gram cokelat masak putih (opsional)

Cara membuat:
1. Panaskan lebih dulu oven ke 180°C. Siapkan empat buat loyang oven dengan kertas roti.
2. Masukkan mentega dan gula ke dalam mangkuk besar dan aduk dengan sendok kayu hingga tercampur. Aduk telur sampai tercampur. Ayak tepung, tambahkan baking powder dan soda bikarbonat. Aduk sampai tercampur rata.
3. Cincang kasar semua cokelat menjadi potongan berukuran 1 cm dan gabungkan dalam mangkuk bersih berukuran sedang. Masukkan sebanyak 2/3 potongan cokelat itu ke dalam adonan. Sisihkan sisanya.
4. Gulung adonan menjadi bola-bola seukuran sendok makan. Susun di atas nampan yang sudah disiapkan dengan jarak sekitar 5 cm. Gunakan garpu untuk meratakan bola menjadi cakram setebal 1 cm.
5. Tambahkan potongan cokelat yang tersisa di atas adonan, seperti sebagai topping. Tekan dengan lembut supaya bisa menempel di adonan.
6. Panggang dua baki sekaligus, selama 12–15 menit atau hingga keras dan sedikit kuning keemasan di tepinya. Untuk menyajikan hangat, dinginkan di atas nampan setidaknya selama 15 menit.


#5 Egg Sandwich



Pejuang bekal mana suaranyaaa? Ada ide bekal sarapan/makan siang yang sat set anti-ribet, nih! Telur rebus sisa perayaan Paskah di rumahmu diiris-iris memanjang aja. Terus, kamu bisa menyelipkannya ke dalam rotimu, dan jadi sandwich, deh. kalau di kulkas ada bahan-bahan lainnya, boleh banget dimasukkan ke dalam sandwich ini. Misalnya, irisan tomat, daging iris, sisa ayam fillet panggang/goreng, selada, keju, mayonnaise, dan saus tomat atau sambal sesuai pilihan. Ngebayanginnya aja sudah ngiler, ya.


#6 Opor Telur




Balik lagi, nih, ke selera nusantara. Hidangan yang nggak pernah salah, mau dimakan bareng nasi, lontong, atau ketupat, semuanya enak. Begini cara membuatnya...

Bahan:

  • 7 butir telur
  • 80 ml santan kelapa
  • 1 liter air

Bumbu Halus:

  • 7 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 biji kemiri
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 ruas kunyit

Bumbu Pelengkap:

  • 1 batang serai, geprek
  • 3 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 ruas lengkuas, geprek
  • 1/2 ruas jari jahe, geprek
  • Garam dan lada secukupnya

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus dan bumbu pelengkap hingga harum (kecuali gula dan garam), beri air sekitar 150 ml.
  2. Masukkan telur rebus, tambahkan gula dan garam.
  3. Masak hingga mendidih.
  4. Masukkan santan, aduk-aduk dan masak hingga mendidih. Selesai, deh.


Buat kamu yang kepingin nyoba resep-resep di atas, tapi bahan dan bumbunya kurang lengkap, buruan beli di pasar atau supermarket terdekat. Sebelum pergi belanja, kamu wajib tahu dulu kalau kamu belanja pakai digibank by DBS Bank, kamu bakal dapat banyak promo menarik di berbagai merchant. Misalnya, di Farmers Family, Luwes Supermarket, dan Pasarina by Ranch Market. Langsung aja cek informasi lengkapnya di sini!

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more