Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LivemoreKind

Stop Buang Kerupuk Melempem, Ini Rahasianya Biar Bisa Renyah Lagi

 

By Admin, 2 Maret 2023 #LivemoreKind

DBS Live More Society

Lanjutkan hidup kerupuk alotmu dengan mengembalikan kegaringannya.

Bukan cuma jokes kamu aja yang bisa 'garing', kerupuk yang sudah melempem pun bisa mengeluarkan suara kriuk lagi ketika dimakan. Serius, Itulah mengapa jangan pernah lagi berpikir membuang kerupuk alotmu. Soalnya ada berbagai cara yang bisa mengembalikan kerenyahan.


DBS Live More Society

Ini berlaku juga buat makanan atau bahan makanan lainnya: jangan buru-buru dibuang ke tempat sampah. Makanan sisa atau limbah sayur dan buat masih bisa diolah atau digunakan lagi, lho. Bukan cuma karena masih bermanfaat, tapi juga karena sampah di dunia, khususnya di tanah air yang makin banyak. Menurut Food Waste Index Report 2021 yang dikeluarkan UN Environment Programme (UNEP), Indonesia diestimasikan menjadi penghasil sampah makanan paling besar di Asia Tenggara.

Sudah saatnya, kita mulai beraksi mikirin sampah makanan ini. Caranya banyak banget, mulai dari makan tanpa sisa sampai mengolah lagi makanan yang sudah kurang baik kualitasnya. Seperti kerupuk melempem ini. Mau tahu trik mengembalikan kerenyahannya? Baca terus artikel ini sampai habis!

Baca Juga: Simpan Limbah Sayur dan Buah, Bisa Diolah Jadi Kerajinan Ekonomis Yang Manis!

1. Simpan di kulkas

Ini cara yang paling gampang yang bisa kamu lakukan ketika kerupukmu melempem. Pertama, simpan kerupuk yang sudah alot ke dalam wadah tertutup. Pastikan tutupnya rapat supaya kerupuk nggak mudah menyerap udara di dalam kulkas dan membuatnya sulit garing lagi. Setelah tertutup rapat, masukkan wadah berisi kerupuk itu ke dalam kulkas.

Diamkan kerupuk di dalam kulkas paling cepat selama satu jam. Kalau sudah satu jam, keluarkan wadah, dan taraaa... kerupuk garing lagi, deh! Selain kerupuk, makanan lain seperti biskuit, keripik, atau snack kemasan yang sudah alot bisa renyah lagi kalau terjaga oleh suhu dingin di dalam kulkas.

DBS Live More Society

2. Dimasukkan ke freezer

Trik lainnya dibeberkan oleh Lifestyle Content Creator @la.vally. Ia memasukkan beberapa kerupuk putih yang sudah alot dan tidak bisa digigit ke dalam freezer selama beberapa waktu, terus pas dikeluarkan dari dalam freezer dan digigit, jadi crispy lagi.
DBS Live More Society

3. Gabungkan sama kerupuk yang masih garing

Trik ini datang dari sebuah tweet yang likes-nya sampai sebanyak 11.5K, @TalkinAndy nama akunnya. Ia membagikan rahasia bagaimana kerupuk melempem dari warung-warung yang diambil lagi oleh supplier kerupuk itu bisa kriuk lagi, cuma dengan cara dimasukkan ke wadah besar bareng kerupuk-kerupuk yang masih renyah. Kok bisa gitu, ya?

Menurut @TalkinAndy, hal itu terjadi karena difusi (perpindahan molekul air) ketika kerupuk berkonsentrasi air tinggi a.k.a melempem berada di antara kerupuk-kerupuk konsentrasi air rendah alias renyah sampai titik equilibrilium. Selama jumlah kerupuk renyah lebih banyak dalam wadah, kerupuk melempem yang dimasukkan ke dalam wadah akan renyah lagi. Cobain, yuk.

DBS Live More Society

4. Jemur di bawah sinar matahari

Kalau cara ini bisa dilakukan pas musim panas. Letakkan kerupukmu yang sudah melempem di nampan atau wadah yang terbuka secara berjejer. Jangan sampai kerupuk bertumpuk, ya. Terus, jemur kerupuk di area yang terkena sinar matahari langsung selama beberapa jam, misalnya dari siang ke sore, kemudian angkat. Pastikan kamu menjemurnya di tempat yang bersih.
DBS Live More Society

5. Panggang kerupuk

Kalau kamu merasa trik jemur kerupuk kurang higienis, coba cara ini saja. Kamu bisa memanggang kerupuk melempem di microwave atau oven selama 5 menit dan kerupukmu bisa otomatis renyah lagi.
DBS Live More Society

6. Digoreng lagi

Cara terakhir ini memang nggak sehat, sih, tapi bisa kamu pilih kalau di rumah cuma ada kompor, wajan, dan minyak goreng. Langit juga lagi mendung, jadi nggak ada sinar matahari. Siapkan saja wajan berisi minyak secukupnya, nyalakan api besar sampai minyak mengeluarkan sedikit asap, lalu kecilkan api hingga yang terkecil dan masukkan kerupuk alotmu. Cukup beberapa 30 detik saja, asalkan semua bagian di kerupukmu sudah terendam minyak panas, ya. Soalnya, gorengan yang digoreng dalam minyak panas tidak akan menyerap banyak minyak. Selanjutnya, angkat dan tiriskan. Supaya lebih tiris lagi minyaknya, kamu bisa meletakkannya di atas tisu dapur selama beberapa menit.

Kalau kamu malas mengolah kerupuk melempem biar jadi garing lagi, ceburkan aja ke kuah seblak atau dibikin seblak cocol yang lagi viral di Tiktok. Tetap enak dan jadi nggak buang-buang makanan. Bagi kaum mager itu ngebantu banget buat menghindari kebiasaan buang makanan. Kamu yang suka rebahan dan sering mager juga pasti senang, kalau pakai aplikasi digibank by DBS yang punya banyak kemudahan. Malah bikin tambah cuan karena banyak promo dan penawaran menarik di berbagai merchant. Buruan klik ini untuk tahu informasinya lebih lengkap.-

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more