Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LivemoreKind

Ternyata Sampah Bisa Jadi Bisnis Juga, Ini 6 Triknya!

 

By Admin, 2 Desember 2021 #LivemoreKind

DBS Live More Society

Bukan cuma dapat mendaur ulang limbah, tapi bisnis ini juga oke banget bikin saldo rekening bertambah. Yuk, dicoba.

Pada sebuah konferensi pers di tahun 2020, Wakil Menteri LHK, Alue Dohong menyatakan, bahwa jumlah timbulan sampah nasional pada 2020 mencapai 67,8 juta ton. Bahkan di Jakarta, alat pengolahan sampah pada beberapa tempat sudah tidak mampu menangani limbah di Jakarta yang setiap harinya bertambah 80.000 ton. Banyak banget ya!

Catatan dari World Bank juga menyatakan banyaknya sampah global. Setidaknya ada 2,01 miliar ton sampah padat yang dibuang setiap tahunnya di seluruh dunia. Sayangnya, 33 persen dari jumlah sampah yang dibuang itu, tidak dikelola dengan baik sehingga mencemari lingkungan. Nah, kalau kita terus cuek dan tak berusaha untuk mencoba daur ulang limbah, diperkirakan pada 2050 jumlah sampah global akan mencapai 3,40 miliar ton. Sudah pasti ini akan memunculkan berbagai macam masalah lingkungan dan kesehatan.

Kabar baiknya, daur ulang limbah tidak hanya ramah lingkungan dan menyelematkan planet kesayangan kita ini, namun juga dapat menjadi ide bisnis yang ciamik. CNN Indonesia pada akun Youtube-nya menyatakan, bahwa omset bisnis daur ulang sampah bisa mencapai 80 juta per bulan. Penduduk bumi menghasilkan begitu banyak sampah, dan seiring bertambahnya populasi, bertambah pula tumpukan sampah yang perlu diangkut, dibuang, atau didaur ulang. Ini artinya, bila direncanakan dengan tepat, bisnis pengelolaan limbah bisa sangat menguntungkan, baik bagi diri sendiri maupun untuk lingkungan. Yuk, baca terus untuk mengetahui 6 trik membangun bisnis untuk mengatasi permasalahan sampah.

Baca Juga: 9 Kebiasaan Ramah Lingkungan Yang Dijamin Bikin Hemat

1. Pilih dulu jenis pengelolaan limbahnya
DBS Live More Society
Seperti perencanaan bisnis lainnya, kita memerlukan bekal ilmu yang tepat saat memulai usaha. Kita perlu masuk ke industri pengelolaan sampah untuk menghindari salah kaprah. Soalnya, buat kebanyakan orang, pengelolaan sampah itu hanya sekadar mengumpulkan sampah dan mengirimkannya menggunakan truk. Padahal, ada banyak jenis pengelolaan sampah. Kita perlu memilih jenis pengelolaan sampah yang paling menguntungkan dan tepat agar usaha kita bisa berkembang. Kita bisa memilih bisnis pengelolaan limbah makanan sisa, atau sampah elektronik, limbah plastik atau produk komersial hingga pengelolaan sampah hijau (green waste).

2. Menyiapkan semua perlengkapan bisnis
DBS Live More Society
Ini adalah langkah awal yang terpenting dan tersulit. Soalnya, pada tahapan ini, kita membutuhkan begitu banyak pencarian informasi untuk melengkapi segala kebutuhan bisnis, dan tentunya ini akan berhubungan dengan pembelanjaan. Misalnya, kita harus mencari lokasi untuk bisnis, kita harus mulai memikirkan karyawan (berapa banyak jumlah karyawan yang diperlukan pada tahap awal). Selanjutnya, kita juga harus memikirkan semua peralatan dan mesin yang diperlukan, plus kendaraan transportasi. Semua ini perlu tersedia bahkan sebelum kita memulai bisnis.

3. Buat rencana pemasaran untuk menjangkau sampah pelanggan
DBS Live More Society
Rencana pemasaran dan cara menjangkaunya sangat penting untuk kesuksesan yang berkelanjutan dalam industri pembuangan limbah. Pertama, kita perlu membuat rencana pemasaran. Berikut cara membuatnya:

  • Identifikasi pelanggan ideal kita. Ketahui apa layanan kita dan siapa yang membutuhkan bantuan dari bisnis kita. Kemudian, buat garis besar penawaran dan pikirkan di mana menemukan orang yang akan membelinya.
  • Jangkau dengan penawaran yang tepat pada waktu yang tepat.
  • Evaluasi kemajuan usaha kita dan sesuaikan kembali rencana pemasaran kita jika diperlukan.
  • Jika suatu rencana tidak berjalan dengan baik, jangan takut untuk membuangnya dan terus bergerak maju dengan rencana baru.

4. Tak hanya cari cuan, tapi juga mengedukasi orang lain
DBS Live More Society
Kemungkinannya, kebanyakan penduduk Indonesia belum tahu banyak soal daur ulang dan pengelolaan limbah. Bisa mendapat peluang untuk mendidik komunitas dapat membantu kita mengembangkan bisnis dan meningkatkan pendapatan perusahaan. Coba, deh, membangun koneksi dengan pers lokal tentang membuat cerita yang menampilkan beberapa tips mengolah limbah plastik atau masker yang banyak digunakan pada masa pandemi ini. Atau, berikan informasi tentang cara mengelola minyak jelantah.

Manfaatkan setiap kesempatan yang kita miliki untuk berbicara dengan publik tentang bisnis kita. Kita juga bisa banget mengadakan workshop daur ulang untuk umum, atau membuat acara khusus dimana kita menerima limbah tertentu dan membayarnya dengan harga menarik.

5. Tetap fleksibel setiap saat
DBS Live More Society
Fleksibilitas memungkinkan kita memanfaatkan peluang yang muncul di industri. Karenanya, kita perlu selalu mengawasi perkembangan terbaru dalam regulasi dan tren bisnis. Fleksibilitas juga akan memposisikan bisnis kita terjebak ‘perangkap’ utama dalam industri ini. Contohnya adalah, ketika biaya bahan bakar naik, maka usaha kita bisa kesulitan beroperasi karena tidak fleksibel atau kurang perencanaan. Kalau kita fleksibel, kita bisa mengubah sedikit perencanaan bisnis agar bisa terus berkelanjutan.

6. Pastikan ada modal dasar yang cukup sebelum memulai bisnis
DBS Live More Society
Bisnis pengelolaan sampah sangat membutuhkan modal, apalagi untuk di tahap awal. Selain itu, kita kemungkinan akan bekerja dengan lembaga pemerintahan dan lembaga besar yang beberapa di antaranya mungkin akan membutuhkan waktu lama untuk membayar bisnis yang telah kita lakukan. Nah, untuk menghindari bisnis kita gagal, pastikan kita memiliki modal dasar yang dapat membuat bisnis terus berjalan dalam beberapa bulan meski ada pembayaran dari klien yang belum dibereskan.

Buat yang masih ragu untuk menjalankan bisnis pada industri ini, coba deh ketahui lebih dalam soal permasalahan sampah di tanah air kita. Fakta yang kita temukan pasti mendorong kita untuk berusaha mencari solusinya, meski dari hal kecil dan dimulai dari diri sendiri. Bingung mau cari informasi mengatasi sampah dari sumber yang kredibel? Cek detailnya di sini, ya!-

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more