Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveAwesome

9 Kebiasaan Ramah Lingkungan Yang Dijamin Bikin Hemat

By Admin, 6 Juni 2021 #LiveAwesome

DBS Live More Society

Gaya hidup ramah lingkungan bukan membeli barang baru yang diberi label ‘natural’ atau ‘recycleable.’

Jangan cepat percaya bahwa gaya hidup ramah lingkungan atau sustainable living itu berarti mahal. Banyak hal yang kita lakukan untuk mencintai bumi, berdampak pada pengeluaran yang semakin berkurang. Contek 10 kebiasaan ini dan lihat manfaatnya buat dompet:

  1. Pinjam atau sewa

    Ada berapa barang di rumah yang jarang atau sudah tidak pernah lagi kita pakai? Mungkinkah kita meminjam barang-barnag tersebut daripada membelinya? Bahkan barang-barang yang dulu sering terpakai, bisa jadi sekarang sudah nyaris tak disentuh. Seperti mainan anak dan stroller. Sekarang ada jasa meminjamkan mainan anak atau stroller. Ini karena masyarakat mulai tahu bahwa tidak perlu memiliki barang-barang tersebut. Jadi lain kali kita mau membeli barang tertentu yang kemungkinan besar hanya dipakai dalam waktu tertentu, tanyakan pada diri sendiri, ‘Lebih baik meminjam/menyewa atau membeli?’


  2. Menanam bahan makanan
    DBS Live More Society

    Bisa dimulai dari yang sederhana, seperti daun bawang, daun mint atau cabe. Selain hemat, kita juga dapat mengontrol pola makan jadi lebih sehat. Kalau pun tinggal di apartemen, kita tetap bisa bercocok tanam dengan mencari tanaman-tanaman yang mudah dirawat. Terkoneksi dengan alam juga membuat kita lebih bahagia.


Baca Juga: Murah Meriah Mudah, 7 Ide Recycle Barang Bekas Untuk Wadah Bercocok Tanam


  1. Menggunakan transportasi umum daripada membeli kendaraan pribadi

    Enggak semua orang cocok memiliki kendaraan pribadi. Kalau kita jarang ke mana-mana, apalagi lagi sering-seringnya WFH, mending urungkan niat untuk beli kendaraan. Ketika kita memiliki kendaraan pribadi, makaa harus siap menyisihkan dana untuk pajak, perpanjang STNK, perawatan mesin, ganti ban dan lain sebagainya. Jumlahnya enggak sedikit dan kita harus meluangkan waktu serta energi untuk mengurusnya. Mending naik MRT atau taksi online aja.


  2. Olahraga di rumah
    DBS Live More Society

    Dengan adanya pandemi yang kita belum tahu sampai kapan, lebih baik melakukan olahraga di rumah daripada ke gym. Sekarang semakin banyak kelas olahraga online yang bisa diikuti. Harganya pun jauh lebih murah daripada nge-gym. Apalagi kalau ke gym harus keluar biaya transport atau bensin.


  3. Prakarya Do It Yourself

    Enggak semua barang rusak harus diganti dengan beli yang baru. Tempat sampah yang tutupnya rusak bisa kita akali dengan kawat. Ada bolong kecil di kemeja, bisa kita jahit. Sol sepatu yang lepas bisa kita lem. Kalau bingung caranya, buka Youtube dan cari tutorialnya.


  4. Beli Barang Bekas
    DBS Live More Society

    Rajin-rajin browsing untuk mencari barang bekas atau preloved yang berguna. Website seperti Tinkerlust memberikan pilihan pakaian preloved yang masih terawat dan terlihat keren. Ada juga Fb Group berisi expat yang berniat menjual barang-barangnya karena akan pindah negara.


  5. Bawa tumbler

    Sekarang sudah semakin umum membawa botol air minum ke mana-mana. Jadi jangan sungkan untuk menolak saat pelayan restoran menanyakan mau minum apa.


  6. Batasi Penggunaan Barang Sekali Pakai
    DBS Live More Society

    Tissue, kapas wajah, pembalut, masker kecantikan adalah contoh barang sekali pakai. Sekarang sudah banyak solusi untuk menggantikan barang-barang ini. Seperti menstrual cup, masker wajah silikon, sapu tangan. Memang awalnya mahal saat membeli, tapi kita tidak perlu membuang lalu beli yang baru.


  7. Tukar Tambah

    Ponsel lama yang kita punya memang harganya sudah jauh lebih murah. Tapi daripada menumpuk di rumah, lebih baik lakukan tukar tambah. Meskipun cuma dihargai Rp 500.000, yang penting kita tidak menumpuk sampah dan bisa berhemat membeli gadget baru.


Gaya hidup ramah lingkungan sebenarnya murah dan mudah dilakukan. Ikuti DBS Meet up tentang sustainability living yang akan dilaksanakan pada…. supaya bisa ngobrol dengan para pegiat gaya hidup ini. Daftar di sini dan jangan sampai ketinggalan. Ngomong-ngomong soal gaya hidup ramah lingkungan, membeli barang via online lebih baik daripada jalan ke mal lho. Soalnya kita bisa menghindari emisi gas yang keluar dari kendaraan yang digunakan. Pas banget ada belanja hemat hingga Rp 700.000 di Tokopedia dalam rangka merayakan 12 tahun usia ecommerce ini. Gunakan kartu kredit debit digibank untuk menikmati promo dahsyat ini, ya!

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more