Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society
DBS Live More Society
#LivemoreKind

Jangan Dibuang! Biji Alpukat Berkhasiat Buat Sehat Loh

By Admin, 9 Juli 2021 #LivemoreKind

DBS Live More Society

Bukan cuma dagingnya saja yang kaya akan manfaat, biji alpukat pun ternyata berkhasiat bikin tubuh makin sehat. Yuk simak beragam cara mengolahnya.. Biji alpukat contohnya.

Ketika kita membelah alpukat, pasti kita mencungkil bijinya dan langsung membuangnya ke tempat sampah, karena sudah tak sabar ingin menikmati daging alpukat yang nikmat. Sempurna untuk dibuat jus dingin atau salad dan isian sandwich. Tetapi bagaimana kalau kita diberi tahu bahwa ternyata bijinya itu tidak hanya dapat dimakan, tetapi juga bagian buah yang paling bergizi? Selama ini, kita ternyata telah buang-buang makanan yang sehat.

Alpukat adalah salah sumber kesehatan kesukaan banyak orang yang mengandung berbagai vitamin dan antioksidan untuk memberikan kebaikan pada kulit, darah, jaringan, dan organ kita. Lebih dari itu, biji alpukat memiliki berbagai manfaat. Ini dia 5 kebaikan dari biji alpukat!

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    DBS Live More Society
    Bijinya mengandung 70 persen antioksidan alpukat, termasuk polifenol. Polifenol adalah senyawa alami pada tumbuhan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Di dalam tubuh, polifenol berperan sebagai antioksidan. Berbagai penelitian menyatakan bahwa polifenol bermanfaat dalam mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  2. Mengurangi tekanan darah
    DBS Live More Society
    Di Nigeria, ekstrak biji alpukat digunakan untuk mengelola tekanan darah tinggi. Menurut sebuah artikel kesehatan yang ditulis oleh Sharon O'Brien, ahli gizi terdaftar di Irlandia, penelitian pada hewan menunjukkan, bahwa ekstrak biji alpukat dapat membantu mengendurkan pembuluh darah, yang membantu mengurangi tekanan darah, faktor risiko utama penyakit jantung.

  3. Membuat kulit bebas kerut
    DBS Live More Society
    Mengolah biji alpukat untuk dikonsumsi bukan hanya menjalankan perilaku makan tanpa sisa, tapi juga bikin kulit bebas kerut. Wow! Kandungan minyak di dalam biji alpukat dapat meningkatkan jumlah kolagen di kulit kita, membuatnya awet muda dan bebas kerut, serta membuat rambut kita jadi terlihat bersinar.

Baca Juga: Food Loss vs Food Waste, Apa Perbedaannya?

  1. Melawan peradangan dalam tubuh
    DBS Live More Society
    National University of Singapore melakukan penelitian pada tahun 2003 untuk mengamati kandungan antioksidan dalam biji alpukat, mangga dan buah tropis lainnya. Ditemukan bahwa biji buah mengandung nilai antioksidan 70% lebih banyak daripada buah itu sendiri yang jika dimakan dapat membantu mencegah stres oksidatif pada tingkat sel dalam tubuh. Antioksidan mampu mengurangi penuaan sel, melawan peradangan dan memperbaiki kondisi seluruh tubuh.

  2. Mengurangi kadar gula darah
    DBS Live More Society
    Menurut Sharon O'Brien, sebuah penelitian pada hewan menunjukkan, bahwa biji alpukat sama efektifnya dengan obat anti-diabetes. Biji alpukat adalah tambahan yang sempurna untuk smoothie atau makanan apa pun karena sumber serat yang kaya membantu menyeimbangkan asupan gula, menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Lalu, bagaimana cara mengonsumsinya? Para ahli tidak merekomendasikan untuk memakan biji alpukat yang mentah. Sharon menyarankan untuk memanggang biji alpukat dalam oven pada suhu tinggi selama beberapa jam. Beberapa orang memanggang bijinya dalam oven selama 2 jam pada suhu sekitar 120°C. Setelah biji dipanggang dan jadi kering, biji tersebut dapat dicincang dan dimasukkan ke dalam blender atau food processor sampai menjadi bubuk.

Bubuk ini kemudian dapat ditambahkan ke smoothie atau digunakan dalam teh, saus, sup, atau ditaburkan di atas salad. Karena biji alpukat sangat pahit, yang terbaik adalah memasangkannya dengan rasa kuat yang akan mengalahkan rasa pahitnya.-

Kalaupun rasa pahitnya tetap terasa, promo Code OVO dari DBS mungkin bisa membuat hari kita jadi lebih manis. Dengan program pembukaan tabungan Digibank by DBS melalui Aplikasi digibank by DBS kita bisa mendapatkan OVO Points. Asyiknya lagi, poin ini dikirimkan langsung ke nomor handphone yang didaftarkan di Digibank. Simak informasi detailnya di sini.

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more