Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society
DBS Live More Society
#LivemoreKind

7 Rutinitas Pagi Yang Penting Buat Kesehatan Mental

By Admin, 3 Desember 2020 #LivemoreKind

DBS Live More Society

Sebelum menghadapi hari yang penuh stres, lakukan rutinitas yang bikin kita chill all day.

Kegiatan di pagi hari seringkali jadi kunci keadaan mental dan fisik kita seharian. Saat memulai pagi hari dengan suasana kusut dan letih, maka jam-jam berikutnya akan terasa makin menguras energi. Dengan mempraktekkan aktivitas pagi yang mengutamakan self love kita akan menjalani hari dengan perasaan tenang dan tahan banting menghadapi stres. Berikut 7 rutinitas pagi yang bisa kita lakukan:

  1. Abaikan gadget
    DBS Live More Society
    Hal yang umum dilakukan orang banyak di pagi hari adalah meraih hape yang biasanya ada di nakas samping tempat tidur, lalu mulai scrolling medsos atau cek email. Dipastikan efeknya kita bisa langsung alert. Apalagi kalau ada email urgent dari bos. Atau si gebetan tiba-tiba WA tengah malam. Godaan hape memang susah diabaikan. “Tapi teknologi adalah gangguan penting yang menghalangi kita melakukan  hal yang terbaik untuk diri ini,” ujar  Jeff Sanders pengarang buku The 5 AM Miracle. Coba, deh, hindari menengok layar hape saat awal bangun pagi. Biarkan hape atau TV nganggur dulu sampai sekitar 30 menit setelah kita melakukan aktivitas lain, seperti minum air putih. Kita enggak bakal tahu kejutan emosi apa yang ditawarkan notif hape saat baru memulai hari.

  2. Bersyukur
    DBS Live More Society
    Forbes pernah mewawancarai 12 orang pemimpin perempuan tentang rutinitas paginya. Salah satu CFO, Leslie Hale, berbagi bahwa hal pertama yang dilakukan saat bangun pagi adalah bersyukur dalam bentuk berdoa. Leslie mengaku senang mengekspresikan rasa syukurnya diberikan kesempatan untuk bangun di hari tersebut karena di dunia ini ada orang-orang yang tertidur malam sebelumnya dan tidak dapat bangun lagi.
    Berbagai riset membuktikan rasa syukur adalah kebiasaan yang sangat berpengaruh pada kesehatan mental. Apalagi bila dilakukan di pagi hari. Rasa syukur tersebut akan membuat diri dipenuhi rasa kasih sayang dan kebaikan pada orang lain. Salah satu studi yang diterbitkan Counselling Psychology Review menjelaskan bahwa perasaan bersyukur berdampak secara langsung terhadap kesejahteraan mental yang berarti menjadi penahan terhadap emosi negatif.

Baca Juga: 5 Cara Tetap Positif Di Tengah Pandemi

  1. Lakukan Sesuatu Yang Membuat Kita Merasa Spesial
    DBS Live More Society
    Hormon anti stres, serotonin, akan terstimulasi saat kita merasa istimewa. Aktivitasnya bisa sesimpel menambahkan buah kesukaan ke dalam yoghurt, pakai masker muka, sarapan bubur ayam kesukaan. Silakan pilih apapun yang kita sukai dan lakukan secara bervariasi supaya enggak bosan.

  2. Aktivitas Yang Menyehatkan Tubuh
    DBS Live More Society
    Tentunya bagus banget kalau kita bisa rutin olahraga di pagi hari. Tapi enggak semua orang punya waktu olahraga di pagi hari. Kabar baiknya banyak aktivitas lain selain olahraga yang menyehatkan tubuh. Seperti, minum air putih tiga gelas supaya kita mendapatkan asupan cairan setelah tidur sekitar 6-8 jam. Bikin teh peppermint kesukaan dengan madu natural. Bahkan rutinitas buang air besar pun penting dilakukan saat memulai hari karena termasuk aktivitas yang menyehatkan tubuh. Dengan melakukan kegiatan ini, efeknya bukan cuma ke fisik, tapi juga membuat kesehatan mental jadi lebih segar.

  3. Mandi dan sikat gigi
    DBS Live More Society
    Sebagian orang mulai malas mandi pagi hari sejak musim WFH. Padahal efek dari air yang menyiram tubuh kita akan menyegarkan kulit sekaligus meningkatkan mindfulness. Saat berada di bawah shower, pejamkan mata, rasakan temperatur air menyentuh kulit kita, lakukan gerakan kala mandi dengan penuh kesadaran. Namanya mindful shower. Begitu pun saat sikat gigi. Rasakan busa odol menyentuh gusi dan gigi serta menyegarkan hawa mulut. Mandi juga bisa menjadi rutinitas yang menandakan kita sudah siap tempur untuk bekerja atau memulai aktivitas.

Baca Juga: 9 Tips Saat Dilanda Burnout Akibat Work From Home

  1. Terkoneksi dengan Orang Tercinta
    DBS Live More Society
    Buat yang tinggal sendirian, setelah kita menjauhi gadget selama 30 menit di pagi hari, coba kontak orang-orang kesayangan. Seperti bff, ortu, kakak atau adik. Chat singkat aja supaya semangat memulai pagi. Bisa juga share hal-hal receh di WAG isinya teman-teman dekat. Perasaan terhubung dengan orang lain yang disayangi akan meningkatkan rasa senang yang menghindari kita dari stres berlebihan.-

  2. Nonton Sesuatu Yang Membuat Kita Happy
    DBS Live More Society
    Setelah menikmati waktu 30 menit tanpa gadget, hold dulu buka email tentang pekerjaan. Cari di youtube atau aplikasi streaming lain, content yang bikin kita happy. Mungkin nonton fancam Nam Joo-hyuk atau video kocheng yang sedang beraksi lucu. Ingat kata Loretta Graziano Breuning, PhD, pengarang buku Habits of a Happy Brain, “Endorfin kita akan makin terstimulasi saat berolahraga, stretching atau tertawa. Kelihatannya orang buang-buang waktu nonton video kucing, tapi sebenarnya mereka sedang menstimulasi endorfin.”

Sarapan merupakan makanan penting untuk memulai pagi hari. Menu sarapan yang sehat dan enak bikin kita jadi lebih happy menjalani aktivitas seharian. Kalau lagi malas masak, langsung saja pesan menu sarapan melalui GrabFood. Dapatkan diskon sampai Rp 25.000 setiap pemesanan GrabFood menggunakan Kartu Kredit dan/atau Kartu Debit digibank. Promo berlaku sampai 31 Desember 2020. A new day, a new blessing, a new hope!

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more