Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society
DBS Live More Society
#LivemoreKind

10 Kantor Ini Bikin Kita Pengin Jadi Karyawannya Sampai Pensiun

 

By Admin, 28 November 2019 #LivemoreKind

DBS Live More Society

Sebesar apa pun gaji kita, tapi kalau lingkungan kerjanya tak menyenangkan, pasti luar biasa malasnya buat melangkahkan kaki masuk ke kantor. Setuju enggak? Nah, situasinya bakal berbanding terbalik kalau lingkungan kantor kita kondusif banget. Walaupun gaji pas-pasan, tapi rasanya tetap happy dan enggak ada beban.

Mungkin buat sebagian dari kita yang selama ini harus ‘dicambuk’ dulu baru siap kerja, enggak bisa membayangkan gimana rasanya mengerjakan tugas-tugas kantor dengan senang dan semangat. Tak percaya ada orang-orang yang semangat bangun pagi buat berangkat kantor. Kenyataannya, memang ada, kok, kantor yang memberikan lingkungan kerja menyenangkan sehingga bikin karyawannya semangat bekerja.

Survei Pada Lebih dari 12 Ribu Karyawan

Pertengahan tahun 2019 lalu, ada 34 perusahaan di Indonesia yang dinilai bagus di tingkat Asia dan masuk ke daftar ‘Best Companies to Work for in Asia’. Penilaian ini diberikan oleh HR Asia, sebuah media dan lembaga HRD (human resources department) yang fokus untuk regional Asia.

Sebanyak 12.772 karyawan dari total 280 perusahaan di seluruh Indonesia menjadi responden HR Asia untuk survei penilaian ‘Best Companies to Work for in Asia’ tahun ini. Survei tersebut juga dilakukan di berbagai negara di Asia lainnya, seperti Hong Kong, Cina daratan, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab.

Penghargaan tahunan ini diberikan berdasarkan penilaian tingkat employee engagement dan budaya di tempat kerja (workplace cultures) yang dilakukan melalui observasi langsung, survei, sesi wawancara dan presentasi seluruh kandidat dari 12 negara di Asia. Nah, model penilaian itu bernama Total Engagement Assessment Model (TEAM) dengan survey yang temanya meliputi ikatan emosional, niat dan motivasi, advokasi dan behaviour, dan beberapa elemen lainnya.


Pendapat Karyawan Adalah Koentji

Para pegawai yang menjadi responden penilaian ini diminta pendapat mereka apakah setuju atau tidak dengan hal-hal yang berkaitan dengan teamwork, kebijakan perusahaan, dan lingkungan kerja. Misalnya, setuju atau tidak dengan cara kepemimpinan atasan, gimana perusahaan memberikan ruang pada pegawainya untuk berkembang, hingga keterlibatan karyawan dalam pembuatan dan penerapan kebijakan perusahaan.

Berdasarkan jawaban-jawaban di seluruh survei tersebut, ada tiga area teratas yang disetujui para karyawan di Indonesia tentang pekerjaan mereka, yaitu:

  1. Saya terus mencari cara agar dapat meningkatkan kontribusi dan peran saya di perusahaan (Nilai rata-rata 4,12/5)
  2. Kami dengan senang hati membantu rekan kerja yang membutuhkan bantuan (Skor rata-rata 4,11/5)
  3. Saya percaya bahwa pekerjaan saya bermakna untuk tujuan dan target perusahaan (Nilai rata-rata 4,08/5)

Perusahaan yang memiliki skor tertinggi dalam hal-hal yang ditanyakan tersebut masuk ke daftar ‘Best Companies to Work for in Asia’. Menurut penjelasan HR Asia di situs resminya, dengan sedikit pengecualian, semua perusahaan yang menjadi pemenang mendapatkan skor lebih di tinggi di tiga area tersebut dibandingkan peserta lainnya. Ini menunjukkan bahwa perusahaan yang dikelola secara transparan, mendukung pertumbuhan (dalam hal performa) karyawan, memberikan gaji yang sesuai dengan beban kerja serta performa karyawan, dan memiliki pimpinan yang memberi contoh baik, lebih cenderung dinilai sebagai tempat kerja yang baik oleh para karyawan.

Ini Dia 10 Kantor Terbaik

Dari 34 perusahaan yang masuk ke daftar ‘Best Companies to Work for in Asia’, berikut ini adalah 10 di antaranya:

  1. PT. Bank DBS Indonesia
  2. PT Angkasa Pura I (Persero)
  3. PT Astra International
  4. AXA Indonesia
  5. PT Bank Central Asia, Tbk
  6. PT. Bank Maybank Indonesia Tbk
  7. PT BFI Finance Indonesia Tbk
  8. The Body Shop Indonesia
  9. Bukalapak
  10. Coca-Cola Amatil Indonesia

Bank DBS Indonesia terpilih menjadi salah satu dari penerima penghargaan bergengsi di Asia atas transformasi digitalnya yang bukan hanya dalam pelayanan perbankan, tetapi juga dalam internal perusahaan. Selain itu, DBS juga mendukung para pengusaha kecil dan menengah (UKM) melalui DBS Business Class, lho. Kelas ini dirancang untuk membantu kita dalam mengembangkan usaha dan jaringan bisnis kita di seluruh kawasan. Pengin ikutan? Klik di sini, yuk!

Nah, kalau kita kepingin juga dapat gaji yang sesuai dan berniat untuk mendiskusikannya dengan perusahaan, coba aja tanya gaji rekan kerja kita biar dapat bayangan seberapa banyak gaji yang seharusnya kita dapat. Cek cara anti awkward mencari tahu gaji teman untuk tolak ukur gaji kita di sini.


DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more