Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveAwesome

Trik Mudah Belajar Meditasi Buat Pemula

By Admin, 9 Maret 2023 #LiveAwesome

DBS Live More Society

Ambil napas dalam-dalam, dan bersiaplah untuk relaks.-

Di dunia yang penuh kebisingan dan berjalan dengan cepat ini, sesuatu yang menenangkan akan kamu butuhkan di keseharianmu. Kamu perlu meluangkan waktu dari hari-hari sibukmu untuk duduk, bernapas, dan mencoba fokus pada napasmu. Yup, ini adalah meditasi, sebuah praktik sederhana yang bisa dilakukan oleh semua orang dan juga menjadi salah satu ritual yang dilakukan umat Hindu saat Hari Raya Nyepi. Di perayaan Nyepi, umat Hindu biasanya melakukan meditasi sebagai tindakan introspeksi diri dan mendekatkan diri kepada Tuhan.

Alasan Untuk Meditasi

DBS Live More Society
Tak hanya untuk beribadah dan introspeksi diri, meditasi punya segudang manfaat buat kesehatan. Meditasi adalah sebuah upaya untuk memasuki kondisi relaksasi yang dalam atau keadaan waspada nan tenang. Melakukan meditasi akan membantu kamu menjadi lebih 'aware' akan pikiranmu, serta lebih menyayangi diri sendiri dan orang lain.

Saat kamu memperhatikan napasmu, kamu belajar bagaimana kembali ke, dan tetap berada di saat ini, untuk melabuhkan dirimu di sini dan momen ini dengan sadar. Ketika kamu bermeditasi, kamu juga akan menyuntikkan manfaat jangka panjang dan berkelanjutan ke dalam hidupmu. Dan bonusnya, kamu nggak memerlukan keanggotaan yang mahal atau membeli peralatan tambahan. Hemat dan ramah lingkungan bukan?

Selain yang sudah dijelaskan di atas, ini adalah lima alasan lain untuk bermeditasi:

  • Memahami rasa sakitmu
  • Mengurangi kecemasan berlebihan
  • Terkoneksi lebih baik dengan tubuh dan dirimu sendiri
  • Meningkatkan fokus
  • Mengurangi brain chatter, yaitu monolog batin berintensitas tinggi di dalam otak yang mengganggu atau mendistraksi aktivitas di dunia nyata.

Baca Juga: 5 Tempat Healing No Kaleng-kaleng di Bali


Trik Buat Kamu Yang Mau Mulai Meditasi

DBS Live More Society
Memang ada banyak alasan positif untuk mulai meditasi dengan begitu banyak manfaatnya, tapi bagi pemula, juga ada berbagai alasan buat berhenti melakukannya. Banyak pemula yang 'bergulat' dengan pikiran yang mengganggu, sulit duduk diam dalam waktu lama, kurang motivasi, atau bingung apakah mereka melakukannya dengan benar atau tidak.

Nah, untuk membantumu mulai bermeditasi dan terus melakukannya, intip trik-trik berikut dari mindfull ini. Mulai dari mencoba aplikasi meditasi sampai mengatur mood yang sempurna.

1. Duduk di tempat tenang

DBS Live More Society

Temukan tempat duduk yang terasa tenang dan hening buatmu. Bukan berarti meditasi harus di tempat yang sepi ya, di tempat ramai pun bisa. Tapi buat pemula, tempat yang tenang dan hening bisa memudahkanmu untuk mulai meditasi.

2. Tetapkan batas waktu
Jika kamu baru memulai, ada baiknya memilih waktu yang singkat, seperti 2 atau 5 menit. Saat memulai sesuatu yang baru, melakukannya dengan pelan dan bertahap dapat membantu kamu jadi lebih pede. Kalau kamu ingin bermeditasi, pertimbangkan untuk memulai hanya dengan 1 atau 2 menit sehari. Seiring waktu, kamu bisa meningkatkan sesi yang lebih lama.

3. Perhatikan tubuhmu

DBS Live More Society

Kamu bisa duduk di alas dengan kaki di lantai, bisa duduk bersila dengan santai, atau berlutut — semua sama baiknya. Tapi, pastikan kamu duduk dalam keadaan stabil dan pada posisi yang nyaman selama meditasi. Kalau perlu, cari penyangga yang bisa kamu gunakan untuk membantumu duduk dengan nyaman. Kepala, leher, dan punggung kamu harus sejajar, nggak condong ke depan atau ke belakang, atau ke samping.

4) Rasakan napasmu

DBS Live More Society

Ikuti sensasi bernapas ketika kamu menarik dan menghembuskannya. Dengan bibir tertutup, bernapaslah melalui hidung secara alami. Idealnya, coba bernapas tanpa mengendalikan atau memaksakannya. Relaks, dan nikmati dirimu sendiri.

5) Perhatikan saat pikiranmu mengembara

DBS Live More Society

Mau nggak mau, perhatianmu akan berkelana ke 'tempat' lain. Ketika kamu memperhatikan bahwa pikiranmu lagi jalan-jalan, segera lepaskan apa pun yang kamu pikirkan. Buka kembali perhatianmu, lalu kembalikan kesadaranmu dengan lembut, hadir untuk setiap tarikan dan embusan napas.

6) Berbaik hatilah dengan dirimu sendiri
Setelah beberapa tarikan napas, pikiranmu bisa banget akan berkelana lagi. Tapi, jangan menyalahkan diri sendiri ketika hal ini terjadi. Itu wajar, kok. Yang penting adalah bagaimana kamu merespons ketika itu terjadi. Cukup akui apa pun yang kamu pikirkan, tanpa terlalu banyak menilainya, tanpa membiarkannya membawa kamu pergi lagi, dan luangkan waktu sejenak untuk kembali ke masa kini, dan lanjutkan meditasimu.

7) Tutup dengan kebaikan
Saat kamu siap, angkat pandanganmu dengan lembut, atau jika matamu tertutup, bukalah matamu. Luangkan waktu sejenak dan perhatikan suara apa pun di sekitarmu. Perhatikan apa yang tubuhmu rasakan saat itu. Perhatikan juga pikiran dan emosimu.

Meditasi bisa terasa seperti pertempuran untuk tetap fokus dan memperhatikan dirimu sendiri. Kamu bisa mempermudahnya dengan membatasi gangguannya, seperti pakaian yang nggak nyaman. Pakaian yang terlalu ketat, terlalu longgar, atau membatasimu, bisa menguras perhatianmu dan jadi mengganggu meditasi. Perhatikan juga suhunya. Kalau pakaianmu membuat kamu kepanasan atau kedinginan, pasti akan sulit untuk bermeditasi, deh. Kalau kamu mau belajar meditasi gratisan, coba ikuti live streaming meditasi Bali Usada yang diadakan tiap hari Minggu ini.

Ingat, nggak harus beli pakaian khusus yoga, ya. Pakai apa saja yang membuatmu nyaman. Sayang, kan, uangmu. Daripada buat belanja yang nggak perlu, mending ditabung atau dialokasikan ke hal-hal yang bikin kamu hidup tenang aja. Misalnya, buat asuransi jiwa. Tau sendiri, hidup penuh risiko. Biar kekhawatiranmu berkurang, coba deh miliki asuransi jiwa MiFirst Life Protector dari digibank by DBS. Preminya bisa kamu tentukan sendiri, dan uang pertanggungannya hingga Rp1 miliar. Cek info lengkapnya di sini.-

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more