Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveAwesome

5 Tempat Healing No Kaleng-kaleng di Bali

By Admin, 23 Juni 2022 #LiveAwesome

DBS Live More Society

Bukan cuma refreshing, ini trip healing betulan, yang bisa memulihkan mental health. -

Hayo, siapa yang belakangan ini sering menggunakan kata ‘healing’ setiap pergi berlibur atau staycation? Kelihatannya banyak yang tunjuk tangan, nih. Akhir-akhir ini kata ‘healing’memang sering digunakan ketika seseorang melakukan sesuatu yang membuatnya bahagia, terutama di media sosial. Bentuk senang-senangnya bisa beraktivitas di alam bebas, belanja, merawat diri di salon/spa, melakukan hobi, atau jalan-jalan keluar kota.

DBS Live More Society

Kata itu juga jadi semacam istilah dalam pergaulan yang menjadi alasan seseorang untuk bersenang-senang. Padahal, sebenarnya kata yang lebih tepat untuk mewakili kegiatan/aktivitas tersebut adalah refreshing. Bukan healing. Jadi, yang selama ini kamu lakukan untuk bersenang-senang itu lebih pas kalau disebut refreshing, yaitu suatu aktivitas yang dapat memulihkan energi dan bisa menyegarkan tubuh serta pikiran. Refreshing tidak sepenuhnya bisa memulihkan ‘masalah’ pada fisik atau mental seseorang, cuma membuat kita lebih segar saja. Sifatnya pun hanya sementara.

Arti Healing Yang Sebenarnya
DBS Live More Society
Healing punya makna yang lebih dalam dari sekadar berlibur atau bersenang-senang. APA (American Psychological Association) menjelaskan pada situs resminya, bahwa healing adalah proses untuk meringankan atau memulihkan penyakit mental/fisik melalui kekuatan pikiran. Biasanya healing menggunakan metode seperti visualisasi, sugesti, dan manipulasi aliran energi secara sadar sebagai upaya dalam pemulihan emosi.

Victoria Maxwell, pembicara kesehatan mental terkemuka di AS, menulis di Psychologytoday.com, bahwa healing perlu didefinisikan secara luas. Healing tidak selalu berarti berkurangnya gejala dan durasi waktu perawatan di rumah sakit, atau kembali ke kondisi tubuh sebelum sakit. “Ini (dalam definisi saya) adalah pemulihan makna hidup, tujuan hidup, persepsi diri, dan kualitas hidup, meskipun berjuang dengan penyakit,” tulisnya.

Healing erat kaitannya dengan self-healing. Menurut Tchiki Davis, M.A., Ph.D., seorang penulis dan pakar well-being, self-healing adalah proses pemulihan dari kesehatan yang buruk, biasanya kesehatan emosional yang buruk, tetapi penyembuhan diri juga dapat mencakup masalah kesehatan fisik yang menyertainya. Tchiki menegaskan, kalau kesehatan emosional dan fisik sering berjalan bersamaan. Dengan mempelajari cara menyembuhkan diri sendiri (self-healing) akan membawa kita kembali ke keadaan well-being atau kesejahteraan. Prosesnya tidak sebentar, ada berbagai tahapan. Tentu ini butuh waktu dan usaha ekstra.

Self-healing dari sisi mental/emosional dibutuhkan oleh seseorang yang ingin memulihkan diri dari luka batin, seperti trauma masa lalu, luka di masa kecil, kesedihan tak berujung dan kecemasan berlebihan, yang mengantarkan pada depresi. Untuk memulihkannya, kita perlu sekali mengenali penyebab luka batin sebagai langkah awal. Cara lainnya dari Tchiki adalah mengonsumsi nutrisi yang baik untuk tubuh dan melakukan olahraga teratur. Selain itu, Tchiki juga menyarankan kita healing dengan meditasi.

Baca Juga: 5 Manfaat Sustainable Living Buat Mental Health

Healing Dengan Meditasi
DBS Live More Society
Kalau kita meditasi, dan dapat pertanyaan: “Buat apa?” --- Tepat banget kalau dijawab untuk healing. Apa pun meditasinya, praktik agama maupun sekuler (bersifat duniawi), punya kesamaan, yaitu penyempitan fokus yang ‘menutup’ dunia luar dan biasanya ketenangan tubuh, kata Charles L. Raison, MD, clinical director pada Mind-Body Program di Emory University School of Medicine, Atlanta.

Media kesehatan terkemuka di AS, WebMD, menuliskan pada situs resminya, ada bukti ilmiah yang menunjukkan cara kerja meditasi. Pada orang yang meditasi, terdapat peningkatan aktivitas di area yang mengontrol metabolisme dan detak jantung pada hasil pemindaian otak yang disebut MRI. Studi lain pada biksu Buddha menunjukkan juga kalau meditasi menghasilkan perubahan jangka panjang dalam aktivitas otak di area yang terlibat dalam atensi, memori kerja, pembelajaran, dan persepsi dalam keadaan sadar.

Meditasi juga mampu mengembangkan kebiasaan dan perasaan positif lainnya yang bermanfaat untuk tubuh, seperti suasana hati dan pikiran yang positif, pola tidur yang sehat, dan bahkan meningkatkan toleransi pada rasa sakit. Itulah beberapa alasan mengapa meditasi dapat menjadi healing yang ampuh dalam memperbaiki mental health. Pingin mencoba? Langsung aja pergi healing ke Bali dan meditasi di sana.

5 Rekomendasi Trip Healing di Bali
Ini dia rekomendasi 5 tempat healing yang bisa kamu coba.

#1 Pasraman Bali Eling Spirit
DBS Live More Society
Di sini kita bisa bertransformasi menjadi lebih baik dan sehat dan menemukan jati diri. Kepingin membangun kesadaran, kesehatan dan keseimbangan hidup secara holistik melalui yoga, meditasi, juga Dharma? Bisa banget. Tinggal pilih program yang kita butuhkan. Ada beberapa pilihan program di Pasraman Bali Eling Spirit, di antaranya adalah yoga, meditasi, sound healing, coaching, tapa brata, dan terapi penyelarasan kognitif.
Website: balielingspirit.org
Instagram: @bali.elingspirit

#2 Bali Usada
DBS Live More Society
Kepiawaian Pak Merta Ada, pendiri Bali Usada, sebagai seorang pakar meditasi kesehatan sudah terkenal hingga ke luar negeri. Bali Usada mendorong peserta meditasi untuk menjadi individu yang proaktif dalam membuat kemajuan positif pada proses self-healing. Plus, untuk meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan diri sendiri. Pilihannya programnya pun beragam. Kalau mendengar testimoni para peserta program-program Bali Usada, kita bakal dibikin takjub. Bahkan jadi rujukan pasien-pasien dari berbagai klinik terkemuka dunia.
Website: baliusada.com
Instagram: @baliusada

#3 Bagus Jati
DBS Live More Society
Terletak di taman lereng bukit seluas 5 hektar di antara hutan berwarna zamrud di utara Ubud, dengan udara pegunungan yang sejuk dan menenangkan, Bagus Jati bisa jadi pilihan tempat healing yang pas buat kamu. Beragam pilihan retret dengan berbagai fasilitas dan program well-being, seperti yoga, meditasi, rejuvenating spa, detox, hingga nature and Balinese culture program. Instruktur meditasi Bagus Jati siap memandu kita melakukan teknik visualisasi relaksasi sederhana untuk lebih memahami teknik pelepasan stres dan bagaimana menenangkan pikiran.
Website: bagusjati.com
Instagram: @bagusjatiretreat

#4 The Yoga Barn
DBS Live More Society
Ubud terkenal sebagai daerah di Bali yang memiliki banyak kelas yoga untuk berbagai tingkatan, kelas privat dan kelas meditasi. The Yoga Barn adalah salah satu tempat untuk healing yang terkenal. Para pemula maupun praktisi yoga dari seluruh dunia kerap berkumpul di tempat ini. Kamu bisa memesan kelas harian atau paket yoga retret di sini. Tinggal disesuaikan sama budget dan kebutuhan saja. Pilihannya pun banyak dan menarik. Mulai dari yoga, meditasi, Vinyasa, Hatha, Yin Yoga, Tibetan Bowls Meditation, hingga Crystal Bowls Meditation.
Website: theyogabarn.com
Instagram: @theyogabarn

#5 Blooming Lotus Yoga
DBS Live More Society
Pelajari seni meditasi hening untuk memperjelas tujuan hidup, memulihkan mental, mengontrol pikiran, mengembangkan kedamaian batin dan membuka potensi tertinggi kamu di Blooming Lotus Yoga. Mereka juga menawarkan retret yoga untuk siswa pemula dan menengah, serta retret meditasi untuk menemukan dimensi yoga yang lebih dalam lagi.
Website: blooming-lotus-yoga.com
Instagram: @bloominglotusyoga

Supaya bisa memulihkan kesehatan mental di 5 tempat healing yang berlokasi di Bali ini, buruan, deh, mulai mengumpulkan uangnya alias menabung. Mumpung ada digibank by DBS yang punya produk tabungan menarik, plus bisa meningkatkan pengalaman perbankan kita. Cek penjelasan lengkapnya di sini, kalau enggak percaya. Mulai sekarang juga, yuk jadi pembuat perubahan dengan berhenti menggunakan kata ‘healing’ yang tidak tepat penggunaannya.-

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more