Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveAwesome

Cari Cuan Sambil Liburan, Yuk Bisa Yuk!

By Admin, 18 Agustus 2022 #LiveAwesome

DBS Live More Society

Lebih sering liburan bukan cuma impian, kalau kita bisa cari cuan sembari jalan-jalan.-

Sebelum kamu pergi traveling, kamu mungkin menghabiskan cukup banyak waktu untuk mempersiapkan petualanganmu dengan menabung sejumlah uang. Kadang budget-nya ngepas banget sampai harus benar-benar berhemat ketika liburan. Padahal, sebenarnya kita bisa menghasilkan uang sambil jalan-jalan, lho.

Kalau kata pepatah, ‘Banyak jalan menuju Roma’, begitu juga kalau kita mau dapat pemasukan selama liburan, banyak caranya! Dengan begini, kamu pasti jadi lebih sedikit mengkhawatirkan budget liburan, deh. Jadi, bisa melakukan semua hal yang sudah kamu ingin lakukan selama liburan, dan bahkan mungkin lebih banyak dan lebih lama dari yang kamu rencanakan. Jadi, kalau yang ingin kamu lakukan adalah keliling dunia dan menghasilkan uang saat melakukannya, baca terus artikel ini sampai habis. Ini dia  cara menghasilkan cuan saat liburan!

Baca Juga: Liburan Nggak Harus Jauh, Ini 5 Destinasi Weekend Gateaway Dekat Jakarta

#1 Jualan produk khas setempat di media sosial
DBS Live More Society
Kalau kamu si doyan belanja, cara ini cocok banget untukmu. Di setiap kota atau negara, tentu ada pasar yang menjual produk seni dan kerajinan lokal buatan tangan, dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan yang dijual di toko atau mall. Nah, kamu bisa memotret produk-produk tersebut, lalu menawarkannya di akun media sosialmu dengan harga yang lebih tinggi, atau disesuaikan dengan biaya penambahan bagasi/barang bawaan kamu. Cara mencari uang saat liburan ini biasanya disebut open jastip (jasa titip). Contoh produknya bisa apa saja, terutama sesuatu yang unik atau menarik. Seperti batik tulis dari kota-kota di pulau Jawa, kain songket asal Palembang, klompen dari Belanda, merchandise Harry Potter dari Warner Bros UK, produk lokal yang ramah lingkungan, dan sebagainya.

Produknya bisa juga berupa makanan khas daerah yang kamu kunjungi. Tapi, cek dulu ketahanan makanan, apakah mudah basi atau tidak, sebelum kamu menawarkannya. Pastikan juga kamu memeriksa keaslian produknya, ya. Kalau perlu, tanya penduduk setempat di mana kamu bisa mendapatkan produk berkualitas dengan harga terbaik. Jangan lupa, simpan barang pesanan teman atau Followers-mu sebaik mungkin supaya barang tetap dalam kondisi terbaiknya ketika diterima oleh pembeli.

#2 Vlogging
DBS Live More Society
Ini dia cara yang banyak dilakukan para petualang dan kebanyakan orang saat ini. Bisa dibilang media sosial memang sudah menguasai dunia. Youtube, Instagram, dan kawan-kawan, sekarang bisa jadi ladang penghasilan. Rekam hari-hari liburan kamu dan hasilkan uang di Youtube dengan memonetisasi dan mendaftarkan akun kamu di Google AdSense. Ini bukan cuma jadi cara mendapatkan cuan, tapi juga bisa jadi kenang-kenangan untuk mengingat perjalanan kamu dan berbagi pengalamanmu dengan banyak uang.

Ada beberapa syarat untuk memonetasi akun Youtube, yaitu memiliki minimal 1.000 subscriber, memiliki 4.000 jam tayang dalam satu tahun terakhir, akun sudah diverifikasi oleh Google, dan tidak melakukan spamming. Uang yang bisa kamu dapatkan dari Youtube bisa dihitung dari cost per mille (CPM) dan cost per click (CPC). CPM adalah pendapatan uang yang akan didapat setiap 1000 penayangan iklan yang muncul di video Youtube kamu. Nominal CPM yang akan diterima YouTuber yaitu Rp7.000 per tayangan iklan. Sementara itu, CPC akan diperoleh dari jumlah orang yang meng-klik tayangan iklan yang muncul dalam video tersebut. Nominal CPC untuk satu kali klik antara Rp5.000 – Rp12.000.

Sebagai inspirasi, kamu bisa membuat travel vlogging yang fokus pada konten mengunjungi hidden gem, menjelajahi tempat baru yang unik, dan bahkan sekalian memberikan tips plus trik untuk membantu sesama traveller. Tapiii, enggak perlu merekam semuanya, sampai bikin kamu lupa bersenang-senang di perjalanan, ya.

#3 Jasa foto
DBS Live More Society
Bagi kamu yang punya keahlian fotografi, trik ini dijamin bisa menambah cuan selama berlibur. Cukup klik, ambil foto yang luar biasa, terus jual secara online di berbagai website photo stock, deh. Misalnya, di gettyimages.com, iStockphoto.com, dan shutterstock.com. Setiap kali seseorang membeli fotomu, kamu akan mendapatkan notif ‘ding-ding-ding’ dari aplikasi mobile banking kamu. Biar fotomu banyak dibeli, pastikan kamu memiliki kamera hi-def, mampu mengambil foto berkualitas baik, dan bisa menangkap angle menarik nan unik.

Selain jual di photo stock, kamu juga bisa menjadi fotografer dadakan di acara yang kamu kunjungi. Misalnya, kamu datang ke pesta rakyat di suatu daerah, di tempat wisata, atau lagi berada ruang terbuka yang ramai dikunjungi penduduk setempat. Lalu, foto keseruan di area tersebut, terus tawarkan hasil fotomu ke orang-orang yang kamu potret. Kecanggihan teknologi saat ini, semakin memudahkan cara transfer foto dari kamera ke smartphone. Jadi, gampang kalau mau mengirimkan hasil fotomu ke pembeli.

Atau, kamu bisa juga meniru cara fotografer yang mencari uang sebagai foto pesepeda. Sehabis memotret, biasanya mereka mengedit beberapa foto dengan watermark, lalu mempostingnya di akun Instagram pribadi mereka. Biasanya, tujuannya untuk menginformasikan kepada pesepeda kalau ada yang ingin memesan foto yang mereka jepret. Untuk cara ini, mungkin lebih cocok dilakukan oleh kamu yang sudah punya banyak Followers di media sosial.

#4 Bikin group tour
DBS Live More Society
Untuk kamu yang sering bertualang, dan sudah memahami seluk-beluk suatu destinasi liburan, coba bikin group tour, deh. Apalagi kalau kamu jago manajemen orang dan waktu, cocok banget cari cuan pakai cara ini. Kamu bisa membuat wisata rombongan atau group tour untuk sesama pelancong dan turis, dan kamu menjadi leader mereka. Bisa dimulai dari bikin group tour bareng orang-orang terdekat kamu, lalu kalau skill kamu semakin meningkat, bisa mengelola kelompok yang lebih besar lagi, deh. Itinerary yang ciamik dan efisien adalah salah satu kunci penting dari mengelola group tour.

Punya koneksi dengan hostel lokal atau guesthouse bisa membantu kamu untuk menjalin hubungan bisnis sama mereka. Selain itu, mereka juga bisa merekomendasikan kamu ke pengunjung penginapan mereka. Setiap beberapa bulan, ketika kamu sudah cukup menabung, kamu bisa liburan ke daerah lain, mengenali daerah tersebut dan penduduknya, terus kamu bisa bikin group tour di tempat baru itu.

Kalau kamu sudah makin jago bikin wisata rombongan, nggak menutup kemungkinan kegiatan iseng-iseng kamu ini tumbuh jadi bisnis besar di masa datang. Untuk mendukung hobi liburan kamu, digibank by DBS memberikan tawaran menarik menjelang Hari Kemerdekaan RI. Promonya di berbagai merchant lagi. Mulai dari Blibli, Shopee, Garuda Indonesia, Tokopedia, sampai Tiket.com. Langsung saja cek independence day dealsini.-

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more